Latest News

Di Boikot Pengiklan Besar, Para Youtuber Terancam Bangkrut?

Kabar tidak mengenakkan kali ini hadir dari platform Youtube. Setelah munculnya video beberapa brand besar yang beriklan disana muncul di beberapa video kaum yang di duga ekstrimis di media youtube tersebut. Hal ini pun akhirnya memunculkan sebuah keresahan bagi para pengiklan atau brand besar dan mencabut kerjasama atau program dari perusahaan milik Youtube tersebut.

Dilansir dari maxmanroe dari data yang dilakukan oleh perusahaan analis keuangan Nomura Instinet menghitung perkiraan kerugian potensial sebesar 750 Juta dolar. Angka ini tentu bukanlah sebuah angka yang kecil.

Dari potensi kerugian yang terjadi tersebut, akhirnya juga berimbas pada pendapatan para Youtuber dan juga content creator yang menggunakan Youtube sebagai sumber mencari nafkah. Sekedar informasi bahwa salah satu Youtuber paling terkenal di media youtube Pewdiepie memberitahukan bahwa penghasilannya dari adsense menurun selama beberapa minggu. Dan penurunannya pun sangat tajam (Maxmanroe).

Pewediepie bahkan hanya mendapatkan 100 dollar dari video yang ia buat dengan penonton lebih dari 3 juta. Tentu hal ini sangatlah kecil jika melihat banyaknya penonton. Lalu apakabar, para Youtuber dan content creator yang memiliki kurang dari 3 juta?

Mengingat banyak para content creator dan juga Youtuber yang memproduksi beberapa video di akun youtube nya menggunakan jasa-jasa para professional yang tentu saja ada cost di dalamnya. Jika hal ini terus berlanjut, sama saja lebih besar pasak daripada tiang.

Hal Yang Harus Dilakukan

Menilik daripada ancaman kebangkrutan para Youtuber tersebut, sejatinya hal ini bukanlah hal yang mengkhawatirkan bagi mereka yang meiliki jiwa pantang menyerah dan daya juang tinggi dalam mencipta kreativitas. Walaupun ia harus menerima kerugian untuk beberapa waktu, namun jika ia konsisten untuk berkreasi dengan mengedepankan dampak dan manfaat tentu mereka akan menemukan celah menghadapinya.

Namun bagi mereka yang tidak memiliki daya juang yang baik, maka hal ini akan menjadi sebuah masalah. Yang ada hanyalah mengeluh, dan terus menerus mengeluarkan statement nyinyir sana-sini demi mencari perhatian.

Potensi dan kebangkrutan yang berpotensi pada sebuah perusahaan memang sejatinya adalah hal yang lumrah. Hal ini adalah seleksi alam di belantara bisnis yang telah mapan. Termasuk youtube sebagai platform yang telah mapan dan juga merupakan anak usaha besar daripada Google. Masih banyak peluang yang bisa di manfaatkan.

Salah satunya adalah mencari media-media yang memberikan penghargaan melalui aktivitas produksi kreativitas kalian.

Salah satu media yang dapat di coba menulis atau membuat karya kalian di platform agregasi berita saat ini. Anda dapat memulai melakukannya lewat UC News salah satu anak perusahaan Alibaba.

Caranya juga cukup mudah, lakukan pendaftaran via wm.ucweb.com lalu isi biodata lengkap kalian. Setelah itu anda dapat menggunakan kode undangan e424cb. Setelah itu ikuti petunjuk yang ada.

Perlu kesabaran dan ketelatenan, terlebih lagi menunggu akun anda di verifikasi oleh pihak UC. Setelah akun anda di setujui mulailah membuat beberapa kontent, baik itu video, ataupun tulisan berupa berita, opini, komik, cerpen dan lain sebagainya.

Sebagai bahan informasi tambahan, conten yang anda buat sebaiknya di cek selalu, karena terkadang muncul miss-persepsi antara penulis dengan para editor yang bekerja di UC dikarenakan beberapa editor adalah langsung dari negeri Tiongkok. Terkadang apa yang kita anggap biasa dan tidak mengandung unsur sensitive di maknai sensitive oleh para editor.

Penulis sendiri mengalami hal serupa, dimana beberapa artikel di tolak karena ketidaksamaan dalam hal pemahaman persepsi dan makna sensitifitas, pornografi, dan kekerasan. Apalagi konten yang sebenarnya adalah original namun di anggap plagiat, hehe lumayan menguras emosi dan tenaga. Hal itu wajar, tinggal ketelatenan anda yang bergerak. Tetap semangat untuk selalu memberikan dampak atas kreasi anda kawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.