Latest News

Ini Dia Jenis-Jenis Psikotes yang Wajib Anda Ketahui


Menyelesaikan pendidikan dengan baik bukanlah sebuah kesuksesan sepenuhnya karena setelah selesainya fase pendidikan formal tersebut Anda akan dihadapkan pada tantangan baru yaitu pekerjaan. Dimana pada fase ini Anda harus mampu mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan passion Anda. Namun sayangnya hingga saat ini cukup banyak para fresh graduate yang sama sekali tidak memiliki pandangan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Banyak diantara mereka dan bahkan mungkin Anda tidak memikirkan sulitnya mencari pekerjaan di era saat ini.

Selain proses mencari kerja yang sulit, ada satu hal lagi yang sering menjadi kendala bagi Anda yang sedang ingin merintis karir. Kendala tersebut adalah kegagalan saat melakukan tes masuk di sebuah perusahaan. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa ketika Anda melamar suatu pekerjaan dan Anda lolos seleksi dokumen, maka selanjutnya Anda akan menghadapi tes yang dibagi menjadi beberapa fase. Dari beberapa tes tersebut yang pasti ada adalah tes psikologi.

Nah sebagai informasi, berikut ini adalah ulasan tentang beberapa psikotes yang biasa digunakan dalam proses perekrutan karyawan. Anda perlu tahu jenis-jenis psikotes ini sebagai pengetahuan tambahan agar Anda tidak blank sama sekali ketika menjalani psikotes ini.

1. Tes Intelegence Question atau Tes IQ

Tes yang satu ini biasanya Anda akan dihadapkan pada soal-soal yang berhubungan dengan angka dan bahasa. Tes IQ biasanya dibuat standar sehingga semua orang dapat mengerjakannya.

2. Tes Kepribadian

Tes kepribadian memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana seseorang menghadapi konflik, kerja sama dengan tim hingga pengambilan keputusan ketika menghadapi suatu masalah. Dalam tes ini pihak perusahaan berusaha untuk mengetahui seberapa profesionalnya Anda. intinya adalah perusahaan ingin melihat seberapa baik kepribadian Anda untuk perusahaan mereka. Beberapa tes kepribadian yang biasa dilakukan adalah DAM and BAUM, Wartegg Test hingga Tes Pauli

3. Tes Kemampuan

Untuk tes ini biasanya peserta akan menghadapi tes berupa angka, permainan kata, grafik dan bentuk-bentuk 3D. biasanya tes ini dilakukan dalam waktu singkat, jadi Anda harus menyelesaikannya dengan cepat. Tes ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan Anda sebagai calon karyawan.

4. Tes Kreativitas

Khusus dalam tes ini Anda akan diminta untuk menulis atau menggambarkan sesuatu. Selain itu terkadang Anda juga diminta untuk melajutkan sebuah gambar dari beberapa hint yang sudah ada. Dalam tes ini Anda harus bisa melanjutkan gambar tersebut dengan gambaran yang baik.

Untuk menghadapi tes-tes psikologi ini Anda tidak perlu khawatir karena dalam psikotes tidak ada jawaban benar dan salah. Hanya saja tes ini berguna bagi perusahaan untuk melihat seberapa baik dan layaknya Anda untuk menjadi bagian dari perusahaan mereka. Semoga sukses dengan karir Anda..

2 komentar:

  1. Hoh kalo cari kerja pake tes gituan dulu yak...? Kirain wawancara doang. Ternyata ada tesnya juga toh. Pantes, sering liat banyak buku tes-tes itu dijual..

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikotest
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Psikotest yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Psikotest

    BalasHapus

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.