Latest News

Cara Mudah Menumbuhkan Motivasi Dalam Diri


Motivasi adalah suatu alasan yang bisa menggerakkan setiap individu untuk meraih apa yang diharapkan. Setiap individu tentunya membutuhkan sebuah motivasi hidup yang sesuai dengan kebutuhannya masing – masing. Tanpa adanya sebuah motivasi, seseorang akan merasakan emosi negatif seperti tidak percaya diri dalam mengembangkan potensi bahkan merasa pesimis setiap kali mengupayakan apa yang diinginkan. tentunya sebuah motivasi bisa datang dari mana saja, tidak terkecuali dari dalam diri kita sendiri. Berikut ini cara mudah yang bisa diterapkan supaya anda bisa menumbuhkan motivasi dalam diri :

1. Tentukan Tujuan Hidup

Setiap individu tentunya mempunyai kebutuhan atau keinginan yang berbeda dan tentunya juga mempunyai cara yang berbeda untuk mewujudkannya. Menetapkan tujuan adalah langkah awal untuk membuat kita fokus pada usaha yang bisa mengantarkan kita pada kesuksesan. Dengan adanya tujuan, tentunya kita akan lebih bersemangat dalam meraih tujuan yang jelas serta terukur. Jadi tunggu apa lagi, tentukan tujuan hidup anda sekarang juga dan mulai melangkah menuju pintu kesuksesan menurut versi anda masing – masing.

2. Pelajaran dari Masa Lalu

Bagi setiap orang yang sedang melakukan sebuah usaha tentunya tidak selalu menemui jalan yang mulus bukan? Pastinya sesekali anda harus merasakan pahitnya sebuah kegagalan. Hal ini pada umumnya akan berdampak pada masa mendatang dimana anda akan selalu diliputi kekhawatiran pada kegagalan sebelumnya. Cara mudah mengatasi kekhawatiran tersebut yakni dengan memusatkan perhatian atau fokus pada usaha terbaik dan tujuan besar anda maka perlahan tapi pasti rasa khawatir berlebih tersebut akan semakin memudar dengan sendirinya.

3. Berburu Kisah Sukses yang Menginspirasi

Dengan membaca atau mendengar kisah – kisah sukses dari seorang tokoh yang berhasil mencapai kesuksesan tentunya akan semakin mendorong kita untuk semakin mantap dalam mengupayakan kesuksesan diri kita sendiri. Terlebih apabila kisah seorang tokoh tersebut mempunyai kemiripan dengan kisah hidup anda, tentunya hati anda akan semakin terketuk untuk melangkah lebih maju. Kisah – kisah tokoh yang berhasil mencapai kesuksesan ini tidak sekedar membantu menumbuhkan motivasi dalam diri anda namun tentunya banyak sekali ilmu yang bisa dipelajari didalamnya. Dari sebuah kisah anda dapat memperkirakan mana usaha terbaik dan belajar dari kegagalan yang pernah dialami seorang tokoh sehingga anda tidak perlu mengulang kesalahan yang sama.

4. Rangkul Mereka yang Mendukung Usaha Anda

Pada dasarnya manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang tidak bisa sepenuhnya hidup sendiri tanpa campur tangan manusia lainnya. Selalu berada dilingkungan orang – orang yang mendukung usaha anda akan semakin menguatkan tekad anda untuk meraih kesuksesan. Terlebih apabila dalam usaha yang anda bangun mempunyai seorang mentor yang bisa diajak untuk bertukar pendapat dan memberikan masukan yang baik untuk anda. Secara otomatis orang – orang yang mendukung anda juga membuat anda semakin termotivasi.

Semoga Bermanfaat …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.