Latest News

8 Step yang Harus Dimiliki Dalam Meraih Kesuksesan



Sukses merupakan sebuah tujuan yang diinginkan oleh setiap orang. Walaupun begitu definisi sukses memang tidak selalu sama antara satu orang dengan orang yang lainnya. Ia selalu memiliki pemaknaan yang berbeda. Hanya saja ia selalu memiliki tipe yang sama, yakni rasa puas tak terkira yang tidak dapat digambarkan keadaannya.

 

Namun dalam Upaya mencapai kesuksesan tersebut, akan selalu ada step yang harus didakinya. Menggapainya bukan tanpa usaha, ia tak semudah Harvey Moeis yang memberikan jet pribadi berharga ratusan Milyar pada buah hatinya. Ada beberapa variable yang harus dimilikinya.

 

Beberapa hal yang harus dimiliki diantaranya adalah


1.    Trus belajar

Belajar laksana Cahaya yang harus dimiliki dalam menyusuri gelapnya tujuan dalam menggapai kesuksesan. Belajar dapat dilakukan dengan banyak membaca, mendengarkan sharing pengalaman, hingga menguji coba apa yang telah di ajarkan.


2.    Pikiran Positif

Pikiran positif adalah satu kesatuan yang harus dimiliki dalam menggapai sebuah kesuksesan. Tak peduli sebanyak apapun yang kamu pelajari, jika tak memiliki elemen pikiran positif, maka akan sia-sia usahamu untuk memulai step selanjutnya.


Berdasarkan penelitian, pikiran positif merupakan pendorong paling kuat manusia untuk mencapai sesuatu. Ia juga mengundang daya kreatif yang tinggi, sehingga peluang sekecil apapun mampu di eksekusi dengan baik.


3.     Disiplin

Dalam sebuah teori yang dicetuskan oleh Malcolm Gladwell dalam buku outliers, “Seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu yang diinginkan setelah ia melakukann dan mempelajarinya dalam waktu 10.000 jam”

Dalam teori tersebut mengatakan bahwa kedisiplinan untuk terus melakukan sesuatu secara kontinu akan membuatnya ahli di bidang tersebut. Artinya kedisiplinan untuk melakukan Upaya-upaya tertentu dalam rangka meraih kesuksesan adalah hal yang sangat wajib dimiliki!


4.     Tujuan Yang Jelas

Edward Locke dan Gary Latham (1990) dalam penelitian yang berjudul Theory of Goal Setting and Task Performance menjelaskan adanya keterkaitan antara tujuan dan juga kinerja seseorang terhadap tugas. Dengan memiliki tujuan yang spesifik dan penuh tantangan akan meningkatkan kinerja daripada tujuan yang mudah.


Guna membangun tujuan yang jelas, kita dapat menuliskannya agar nantinya kita dapat mengukur kinerja dan tujuan. Selain itu, dengan kita menuliskan, akan membuat kita lebih mudah dalam mengetahui permasalahan untuk dicarikan solusinya


Menetapkan tujuan yang jelas adalah langkah step selanjutnya yang harus dilakukan. Menetapkan yang jelas dapat berkaitan dengan waktu, target, hingga ingin menjadi apa nantinya setelah meraihnya.

 

5.     Koneksi

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang pastinya akan selalu memiliki dorongan kuat untuk terhubung antara satu dengan yang lainnya. Koneksi dalam rangka meraih kesuksesan sangat penting, karena anda bukanlah superman yang bisa melakukan segalanya sendirian.


Dengan membangun relasi dan koneksi dapat membantu anda dalam menjangkau ruang-ruang yang tidak dapat anda jangkau dalam mencapai kesuksesan.

 

6.     Daya Tahan


Tidak ada kesuksesan yang instan, terkecuali kamu punya orang dalam. Bahkan yang punya orang dalam pun masih harus ada daya upaya untuk melengkapi atribut-atribut agar mudah untuk dipromosikan.


Daya tahan atau endurance layaknya sebuah mesin yang harus selalu dirawat, karena jika daya tahan untuk melewati betapa terjalnya tangga kesuksesan itu tidak dimiliki, akan sia-sialah semua yang telah dimiliki dan membuat anda harus mengulang semuanya dari awal lagi.

 

7.     Berani Ambil Resiko


Setelah enam elemen dimiliki, Langkah terakhir untuk mengeksekusinya adalah dengan berani mengambil resiko. Dengan mengambil resiko, kita akan tau taraf keberhasilan apa yang bisa kita dapatkan dan memperbaiki apa saja yang harus diperbaiki dalam meraihnya.

 

8.     Doa


Setelah semua usaha telah dilakukan, tentu saja Langkah yang sangat penting adalah berdoa. Karena dengan doa akan membuat pikiran menjadi tenang, keyakinan meneguh, dan semesta mendukung.

 

Selamat mencoba


Baca selengkapnya dalam Buku Sharing Mu Personal Branding Mu



No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.