23 Prospek Kerja Lulusan Psikologi Di Masa Depan Yang Harus Diketahui - Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar

Latest News

23 Prospek Kerja Lulusan Psikologi Di Masa Depan Yang Harus Diketahui

Bagi anda mahasiswa psikologi tentu saja mengetahui prospek kerja lulusan psikologi di masa depan adalah hal yang sangat di butuhkan. Tak hanya itu saja, bagi mereka yang hendak masuk ke jurusan psikologi tentunya, mencari prospek kerja yang bisa mereka masuki adalah hal yang menjadi pertimbangan.

Oleh karena itu maka anda harus menyimak sampai tuntas ulasan berikut ini. Ulasan ini akan memberikan gambaran anda bagaimana menjanjikannya kuliah di jurusan psikologi.

1. HRD (human resources development)

Hal yang pertama dan yang paling utama dalam dunia industri, maka anda akan menemukan posisi HRD sangat mencari mereka yang lulusan psikologi. Job Desk dari posisi HRD sendiri yang menuntut untuk mengakomodir sumber daya manusia baik itu sumber daya yang masuk, keluar, promosi jabatan, hingga mengelola dan meningkatkan kapasitas di dalam perusahaan membutuhkan seseorang yang memahami psikologi.

Oleh karenanya bagi anda yang sangat menginginkan untuk masuk ke dunia HRD maka anda sebaiknya masuk ke jurusan psikologi. Dan bagi anda mahasiswa psikologi yang saat ini tengah menjalankan studinya, kami sarankan untuk memperdalam mata kuliah di bidang psikologi industri. Dan buku yang dapat anda pelajari adalah psikologi kepribadian, psikologi industri, dan hal yang berkaitan dengannya.

2. Psikolog

Kuliah di jurusan psikologi, otomatis tak sedikit yang memimpikan untuk bisa menjadi seorang psikolog. Tampilan yang seolah-olah mampu membaca kepribadian seseorang semakin mempesona manakala ia dengan tenangnya memberikan penjelasan hal-hal terkait masa depan dan kepribadian.

Tak hanya itu saja, profesi sebagai seorang psikolog yang saat ini tengah naik daun dan terkenal hingga orbit di televisi semakin membuat mereka terkesima. Walaupun menjadi seorang psikolog tak selamanya mudah, karena anda dituntut untuk dapat memberikan solusi bahkan ditengah kondisi anda yang saat itu tengah mengalami bebrbagai masalah hidup anda. 

Namun di luar daripada itu, ada sebuah kebahagiaan manakala kita dapat membantu mengatasi problem yang sedang di alami oleh orang lain terkait kondisi psikologisnya.

3. Motivator

Seorang motivator adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dan jurusan psikologi akan menjadi jembatan anda untuk mengetahui karakteristik setiap manusia dan bagaimana cara beradaptasi dengan setiap orang, sehingga mempermudah anda untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Bahasa komunikasi yang biasanya dimiliki oleh setiap mahasiswa psikologi menjadi nilai plus yang tak dimiliki mahasiswa di jurusan lain.

4. Dosen

Setiap jurusan apapun memiliki peluang untuk menjadi seorang dosen di bidangnya  masing-masing. Termasuk juga dengan ilmu psikologi. Dengan mempelajari ilmu psikologi maka anda memiliki peluang untuk menempuh profesi sebagai seorang dosen. Namun jika ingin menjadi seorang dosen anda diharuskan untuk melanjutkan pendidikan dari strata satu ke strata dua.

Jika anda mengambil strata dua di bidang keprofesian maka akan lebih baik lagi. Selain anda akan mendapatkan income di profesi sebagai seorang dosen, anda juga dapat mengambil income lewat mata pencaharian sebagai seorang psikolog.

5. Guru Konseling

Jika memang anda tak ingin menjadi seorang dosen, anda masih bisa berkarir di dunai pendidikan. Salah satu posisi yang bisa di ambil adalah guru konseling. 

Guru konseling adalah profesi yang biasanya ada disetiap sekolah untuk mengurusi siswa yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi. Baik permasalahan di dalam pelajaran, masa depan, hingga kecocokan jurusan yang akan diambil murid dalam mengambil penjurusan.

6. Pelatih

Tak hanya di bidang pendidikan dan industri, bahkan seorang mahasiswa yang telah lulus di bidang psikologi dapat meneruskan karirnya di bidang kepelatihan olahraga.

Jika anda tertarik di bidang olahraga, maka anda dapat mengambil mata kuliah pengembangan diri, yang mana mempelajari bagaimana cara mengendalikan seseorang. Pelajari pula buku-buku motivasi serta penelitian terkait dengan psikologi dan dunia olahraga.

7. Recrutment

Posisi recrutment adalah posisi yang biasanya berada di bagian sub divisi HRD. Posisi Recrutment bertugas untuk merekrut karyawan. Tentu saja posisi ini sangat membutuhkan mereka yang memiliki background pendidikan psikologi.

8. Analis pasar

Siapa bilang analisis pasar selalu membutuhkan jurusan ekonomi saja. Di dalam sistem ekonomi pasar sering kita menemukan yang namanya trend kesukaan seorang individu. Dan kesukaan dan perilaku yang ditunjukan oleh individu membutuhkan refrensi study psikologi.

Maka berbanggalah jika anda memiliki background psikologi, karena anda adalah orang terdepan yang dapat memahami kebutuhan orang lain. Minimal karakteristik seoseorang dapat anda pahami sehingga memudahkan anda untuk menggali informasi mengenai apa saja yang dibutuhkan dan diinginkannya.

9. K3

K3 adalah sebuah unit yang ada di perusahaan yang gunanya untuk mengawal kesehatan dan keamanan dalam bekerja. Kemampuan komunikasi sangat dibutuhkan agar setiap instruksi yang menjadi patokan dapat di pahami oleh para karyawan.

Oleh karenanya perlu skill memahami karakter setiap individu. Karakter setiap individu sangat berpengaruh dengan cara bagaimana mereka memahami setiap instruksi yang kita sampaikan.

10. Artis

Profesi artis saat ini sangat banyak diisi oleh mereka yang ternyata memiliki background di bidang psikologi. Kita mengenal seorang psikolog poppy amalia yang saat ini sering muncul di televisi. Atau bahkan Dedy corbuzer yang sangat kondang, ternyata memliki background psikologi. 

Dan menariknya setiap apa yang diucapkan akan ada menayngkuntkan ilmu psikologi yang dimiliki dengan fenomena yang terjadi saat ini.

11. Ahli Hypnotis

Memiliki kemampuan psikologi, maka biasanya tak akan jauh pula dengan yang namanya hypnotis. Oleh karenanya banyak mereka yang setelah lulus di jurusan psikologi membuka pelatihan hypnotis.

12. Penasehat

Yang tak kalah pentingnya dengan profesi menjanjikan di masa yang akan datang adalah menjadi seorang penasehat. Baik itu penasehat pemerintahan, maupun penasehat keluarga, maka ilmu psikologi sangat dibutuhkan sumbangsihnya.

13. Konselor

Seorang konselor memilik peran yang tak kalah penting dengan seorang psikolog. Biasanya seorang konselor bekerja di sebuah LSM yang mana berfungsi untuk membantu sesama. Merkea akan mendengarkan setiap konsultasi dari mereka yang datang pada mereka.

14. Penulis

Lulusan jurusan psikologi tak perlu khawatir apabila lowongan yang sedang anda incar saat ini belum buka. Hal tersebut karena anda masih bisa menjadi seorang penulis yang hebat. Banyak hal dari seorang manusia yang dapat anda eksplore dalam sebuah tulisan dengan mengaplikasikan ilmu psikologi yang telah anda pelajari.

Jangan salah, karena menjadi penulis adalah profesi yang sangat menjanjikan. Terlebih anda akan mendapatkan royalti yang besarannya tak disangka-sangka tergantung dengan penjualan buku yang anda tulis.

15. Youtuber

Di era kemajuan informasi dan teknologi saat ini pemanfaatan media sosial sangat penting. Terlebih lagi dengan pendapatan yang akan anda dapatkan. Jadikan ilmu anda bermanfaat dan sebarkan lewat kanal youtube, maka bukan tak mungkin suatu saat nanti anda akan menjadi seorang psikolog youtube.

16. Psikologram

Psikologram adalah sebuah istilah yang saya gunakan untuk memberikan label para psikolog yang saat ini mulai memberikan kultum 59 detik di instagram. Baik melalui postingan foto bertulis, maupun video yang dibuat dan di posting di feed maupun story.

17. Psikolog content

Lagi-lagi psikolog content saya istilahkan dengan mengacu pada mereka yang aktif di dunia blog, website yang mana memberikan kontet terkait psikologi. Termasuk apa yang saya lakukan saat ini di media-media arus utama psikologi seperti lautanpsikologi, dan psikoma.com. 

Walaupun melalui iklan tak seberapa besar, namun profesi ini akan berimplikasi pada sebuah kebermanfaatan bagi para pembaca lebih luas, atau jika mengacu pada keekonomian maka anda akan bisa menggunakannya sebagai sebuah media kerja sama berbayar. 

18. Enemuraotr

Enemurator merupakan petugas lapangan yang biasanya membantu tim monitoring dan juga evaluasi di dalam sebuah kegiatan pengumpulan data. Data yang di himpul oleh para enemurator merupakan data yang mencakup semua komponen program. Enemurasi digunakan dengan menggunakan metode observasi maupun wawancara ataupun survey. Dan para enmurator di tuntut untuk memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik. Dan mereka yang memiliki background psikologi biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain.

19. Assesor

Kemampuan untuk menilai seseorang berkaitan dengan minat bakat, kemampuan, hingga kecendrungan pada akhirnya membuat anda yang memiliki ilmu psikologi menjadi ahli di dalamnya. Dan jangan ditanya, mereka yang bekerja sebagai seorang assesor memiliki standar pendapatan yang tinggi lantaran berkaitan dengan integritas dalam hasil asessment nantinya.

20. Penyidik

Di dalam kepolisian, seorang penyidik dituntut untuk dapat memeriksa setiap kejadian berdasarkan bukti yang ada untuk selanjutnya melakukan klasifikasi hukum yang dijeratkan pada seseorang. Oleh karenanya para penydik juga sebaiknya memiliki kemampuan analisa yang kuat serta kepribadian dari seseorang.

21. Online Marketing

Di dunia bisnis online, memiliki orang yang jago di online marketing adalah hal yang serupa anugrah. Karena mereka yang memiliki kemampuan online marketing yang baik akan dapat meningkatkan pendapatan dari sebuah perusahaan ataupun usaha. Dan kemampuan online merketing yang baik biasanya juga membutuhkan sebuah analisa perilaku dari seseorang.

22. Trainer

Seorang trainer merupakan orang yang memberikan trining dengan kemampuan yang dimiliki yang tujuannya untuk memberikan sebuah insight maupun transfer pengetahuan pada para peserta trining. Seorang triner harus memiliki kemampuan untuk memberikan motivasi serta semangat pada para pesertanya.

23. Pengusaha

Siapa bilang seorang psikolog tak bisa membuka usaha sebagai prospek kerja masa depan. Dengan anda memiliki usaha tak hanya anda yang merasakan dampaknya, namun juga orang lain pun akan terbantu dengan anda. Anda bisa membuka usaha unit layanan jasa, misalnya jasa untuk merekrut karyawan, jasa untuk tes bakat dan minat, hingga pengadaan SDM yang berkualitas bagi instansi maupun perusahaan swasta.

Nah dari ke 23 prospek jurusan psikologi seperti di atas maka tak akan menyesal menjadi bagian dari psikologi. Semoga hal ini dapat memberikan pengetahuan bagi anda sekaligus semangat untuk menggapai cita-cita di masa yang akan datang. Dan yang lebih penting adalah selalu berusahalah memberikan dampak positif bagi orang di sekitar anda. salam, lautanpsikologi

Tanggapan dan komentar dapat langsung melalu komentar. Insya'allah pertanyaan maupun tanggapan yang masuk akan kami respon balasan


2 comments:

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.