Latest News

Pentingnya Komitmen dalam Menjalin Hubungan Cinta Dengan Pasangan

Dalam menjalin hubungan cinta dengan pasangan, pastinya ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan oleh masing-masing pasangan bukan? Mulai dari hal-hal yang simple dan kecil, hingga hal yang berat dan harus dipertimbangkan dengan matang harus bisa di-handle dengan baik. Namun, siapa sangka ternyata dalam menjalin hubungan cinta yang baik, ada satu faktor yang sangat penting. Faktor tersebut adalah faktor komitmen.

Ya, komitmen merupakan suatu sikap dimana seseorang sudah mantap dan benar-benar serius dalam menjalani hubungan cinta. Komitmen merupakan 1 dari 3 komponen cinta yang diungkapkan oleh seorang tokoh bernama Robert J Sternberg. Sternberg mengatakan bahwa komitmen sangat penting dalam membangun rasa cinta antar pasangan, dan juga dalam menjaga hubungan cinta agar tetap berjalan dengan baik. Apabila anda membaca artikel mengenai bentuk cinta yang dibuat berdasarkan teori dari Sternberg, maka anda akan mendapati 8 macam bentuk cinta. 

Khusus untuk komitmen dalam psikologi, terdapat 4 bentuk cinta yang mana di dalamnya terdapat komitmen, yaitu :

1.       Empty Love
Merupakan bentuk cinta yang hanya mengandalkan komitmen saja, tanpa memunculkan komponen intimacy dan juga passion di dalamnya. Empty love banyak terjadi pada mereka yang mengalami perjodohan secara paksa, atau mungkin menikah karena adanya keterikatan seperti misalnya kawin kontrak.

2.       Compassionate Love
Merupakan bentuk cinta yang mengandalkan keintiman dan juga komitmen. komunikasi yang intens dan sering, selalu pergi bersama, merupakan ciri-ciri dari bentuk cinta yang satu ini. Namun, meskipun sering pergi bersama, di antara pasangan tersebut tidak ada passion atau hasrat yang kuat.

3.       Fatuous Love
Merupakan bentuk cinta yang memiliki komponen komitmen dan passion. Cinta pada pasangan ini didasari hasrat dan rasa suka yang sangat kuat, dan tentu saja disertai komitmen yang juga kuat. Bisa terjadi pada pasangan yang LDR, pasangan yang super sibuk dengan pekerjaannya, atau pada pasangan yang memang jarang bertemu, namun memiliki passion yang kuat satu sama lain.

4.       Consummate Love
Merupakan bentuk cinta yang sempurna, dimana ketiga komponen cinta, yaitu komitmen, passion, dan juga intimacy terbangun dengan baik, dan terjaga dengan baik pula. Banyak yang mengatakan, consummate love adalah bentuk cinta yang paling sempurna dan saling melengkapi.

Sternberg mengatakan, 4 bentuk cinta yang memiliki komponen komitmen di dalamnya dalah suatu bentuk cinta yang baik. Komitmen yang sudah terbangun akan sangat mungkin memunculkan komponen lain. jadi, jangan cepat-cepat menyimpulkan kalau mereka yang mengalami situasi empty love tidak akan merasakan bahagia. Komitmen yang sudah terbentuk dengan kuat, lambat laun akan berkembang dan menghadirkan passion dan intimacy juga, dengan proses tertentu pastinya.

Hal ini menegaskan bahwa komitmen sangatlah penting untuk dikembangkan dan dijaga dalam sebuah hubungan cinta. Sekuat apapun passion (hasrat) anda dengan pasangan anda, sebanyak apapun waktu anda yang habis berduaan dengan pasangan anda, semuanya bisa menjadi tidak ada artinya apabila anda tidak memiliki komitmen yang kuat dengan pasangan anda.

Namun, ketika anda sudah berhasil menjaga dan mengembangkan komitmen dengan pasangan anda, hal ini akan menjadi awal yang baru bagi kehidupan percintaan anda, karena Sternberg mengatakan komitmen merupakan sebuah landasan yang kuat, dan menjadi representasi dari apa yang kita kenal dengan nama pernikahan.

Cinta adalah hal yang indah, dan keindahan tersebut akan semakin terasa indah jika terjalin komitmen di antara keduanya. Dan puncak dari segala komitmen dalam menjalin hubungan percintaan adalah pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.