Latest News

Tips Menyusun CV yang Baik dan Menarik Bagi Anda yang Ingin Melamar Pekerjaan



Bagi anda yang ingin melamar pekerjaan, maka pastilah anda membutuhkan tips menyusun CV yang baik dan juga menarik. Hal ini perlu anda perhatikan, karena CV ibarat senjata utama anda dalam melamar pekerjaan, selain ijazah yang anda miliki, atau keterampilan lainnya. CV atau curriculum vitae biasanya berisi daftar riwayat hidup anda sebagai pelamar kerja. Singkatnya, CV adalah rangkuman diri anda, yang akan dilihat dan dinilai oleh pihak HRD. Tidak mau kan kalau rangkuman diri anda dinilai buruk di mata HRD? Berikut ini adalah beberapa tips menyusun CV yang baik dan menarik yang bisa anda lakukan :

1.       Tuliskan Identitas Lengkap
Hal penting yang harus anda tuliskan di dalam CV anda adalah identitas. Nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, agama, foto, bahkan hobi dan juga visi misi anda wajib tercantum di dalam CV anda. Hal ini berguna supaya nantinya pihak HRD bisa menilai profil anda secara garis besar dengan lebih mudah dan jelas. 

2.       Tuliskan Kelebihan dan Kelemahan Anda
Kelebihan dan kelemahan juga sangat dibutuhkan untuk tercantum di dalam CV anda. Prestasi yang pernah anda raih, kegagalan dan cara anda mengatasinya sangat cocok untuk memperkuat karakter anda di dalam sebuah CV. Hal ini akan menunjukkan bagaimana anda mengatasi masalah, kekuatan terbesar anda, kelemahan anda, dan dapat menjadi pertimbangan awal, apakah anda bisa bekerja dengan baik atau tidak di dalam perusahaan tersebut. 

3.       Tuliskan Pengalaman dan Kompetensi Anda
Pengalaman kerja tentu saja dapat anda cantumkan juga, berikut dengan kompetensi yang anda miliki. Hal ini dapat membantu penilai melihat kira-kira hal apa saja yang sudah anda peroleh selama anda bekerja di perusahaan terdahulu, dan kira-kira anda kompeten atau tidak di dalam pekerjaan baru anda. Apabila tidak memiliki pengalaman kerja, anda harus banyak-banyak menjelaskan kompetensi yang anda miliki, dan alasan yang kuat bahwa anda akan mampu memberikan kontribusi di dalam perusahaan yang akan anda lamar. 

4.       Gunakan Font yang Mudah Dibaca
Selain konten atau isinya, daya tarik visual juga dibutuhkan dalam menyusun sebuah CV. Gunakan font yang jelas dan mudah dibaca. Hindari font yang sifatnya dekoratif seperti misalnya font ‘handwriting’. Cukup gunakan font standar, atau font yang berbentuk huruf blok, jangan terlalu tebal, besar, apalagi menggunakan warna yang sangat kontras. 

5.       Berikan Sentuhan Desain yang Menarik, Agar CV Anda Tidak Polos
Tidak hanya dari segi font, layout dari CV anda juga penting. Penempatan konten, seperti misalnya identitas diletakkan di bagian atas, kemudian penggunaan warna-warna flat juga sangat mempengaruhi baik atau tidaknya CV anda. Yang pasti, usahakan agar CV anda tidak polos. 

Nah, itu adalah 5 tips menyusun CV yang menarik. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.