Latest News

5 Hal Yang Akan Membuat Anda Terlihat Bodoh Di Depan Forum Diskusi, Segera Hindari



Berada di sebuah forum diskusi terkadang membuat kita gugup, dan cemas atas apa yang kita lakukan. Sebagian dari orang yang berada di forum diskusi bahkan tak sedikit pun berkutik dan mengeluarkan suara karena ketakutannya terlihat bodoh.
Banyak sekali orang di forum diskusi melakukan beberapa hal, namun tak juga disadari. Padahal apa yang mereka lakukan tersebut, justru membuat mereka terlihat bodoh di hadapan orang lain. Saking terlihat bodohnya mereka juga seringkali ditertawakan dan di bicarakan secara diam-diam oleh peserta diskusi yang lainnya.
Untuk menghindari terlihat bodoh di hadapan orang lain dalam sebuah forum diskusi maka cobalah lakukan 5 hal berikut ini.

1. Pelajari Materi Sebelum Memulai Diskusi
Seringkali orang yang datang di forum diskusi tidak mepersiapkan apapun, selain daripada badannya. Namun terkadang meninggalkan hal yang sangat penting dalam sebuah diskusi, yaitu pemikiran dan kelengkapan pengetahuan. Dengan mempelajari materi sebelum memulai diskusi, minimal anda mengetahui gambaran daripada apa yang hendak didiskusikannya nanti. Pun anda jika ditunjuk mengutarakan pendapat anda akan lebih terarah dalam menyampaikan sebuah gagasan.

2. Tidak Berbicara Jika Tidak Diminta
Hal ini juga hal yang perlu untuk diperhatikan. Kadangkala, demi terlihat hebat dan cerdas di sebuah forum diskusi banyak sekali peserta yang “sok” untuk selalu mengutarakan gagasan dan pendapat. Padahal apa yang disampaikannya tak tepat dalam substansi diskusi. Orang yang terlalu banyak bicara dalam forum diskusi juga terlihat arogan. Oleh sebab itu, cobalah untuk menahan diri sejenak, sampi anda memang diminta, atau memang perlu untuk mengutarakan pendapat anda.

3. Tergesa-Gesa Mengambil Kesimpulan
Tergesa-gesa dalam mengambil sebuah kesimpulan daripada pendapat orang lain juga tidak baik, dan hal yang konyol bin bodoh. Cermatilah terlebih dahulu apa yang disampaikan orang lain sebelum anda memberikan masukan dan pendapat untuk menaggapi apa yang disampaikan oleh orang lain. Dengan tiak terlalu cepat atau tergesa-gesa dalam mengambi kesimpulan juga akan menghindarkan diri anda daripada konflik.

4. Mendominasi
Mendominasi juga kerap kita temukan dalam forum-forum diskusi, bagaimana seseorang dengan karakter seperti ini. Terkadang orang yang mendominasi sebuah diskusi tidak semuanya baik dan terlihat cerdas ataupun kritis. Bahkan justru orang yang senang untuk mendominasi diskusi akan terlihat bodoh di hadapan orang lain. Ia hanya ingin terlihat hebat namun apa yang dikatakannya tidak memiliki substansi mutu dalam sebuah trobosan ataupun solusi dalam diskusi.

5. Mengcopy/ Mengikuti Perkataan Orang Yang Sedang Berbicara
Mengcopy atau mengikuti perkataan orang yang sedang berbicara ini juga hal yang sering terjadi. Dimana orang yang ditunjuk memberikan pendapat, namun ia tidak mau, sedangkan pada saat orang lain berbicara, seolah-olah ia mengetahuinya dan mengikuti apa yang diomongkan orang lain secara bersamaan. Ingat bahwa melakukan hal seperti itu selain tidak baik karena mengganggu, hal tersebut juga membuat anda nampak bodoh yang sok pintar di hadapan orang lain.
Itulah kelima hal yang sebaiknya dihindari jika anda tidak ingin terlihat bodoh di depan forum diskusi. Lakukanlah hal-hal yang sewajarnya saja dan dalam mempersiapkan diskusi, belajar dan menelaah masalah adalah penting. Karerna inti dari sebuah forum diskusi adalah untuk menemukan sebuah solusi, bukan untuk tampil gagah-gagahan ataupun hebat-hebatan di depan orang lain. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu untuk anda semua. Jangan lupa di share dan recomendasinya.

No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.