Latest News

Terkuak Rahasia Kekuatan Manusia Lewat Psikologi Positif

Psikologi positif merupakan salah satu bidang ilmu psikologi yang memandang bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki potensi, dan kekuatan positif yang mampu untuk dikembangkan. Jadi, berbeda dengan beberapa bidang ilmu psikologi yang mengedepankan masalah dan gangguan psikologis, psikologi positif justru menganggap bahwa apapun yang terjadi pada seseorang, terdapat suatu potensi dan kekuatan positif yang bisa digali. Salah satu tokoh Psikologi Positif, yaitu Peterseon dan Selligman, dalam buku mereka Character Strength and Virtue (2004) mengatakan bahwa ada beberapa macam kekuatan yang ada pada diri manusia. Nah, berikut ini adalah beberapa kekuatan yang ada di dalam diri manusia, yang menurut ilmu psikologi positif ada dan bisa menjadi potensi yang ada di dalam diri manusia :

  1. Wisdom and Knowledge
Merupakan kekuatan pertama, yang berkaitan dengan pengetahuan umum, knowledge dan juga kebijaksanaan. Beberapa bentuk atau contoh dari kekuatan karakteristik ini antara lain adalah kreativitas, rasa ingin tahu yang besar, open minded, keinginan untuk belajar, dan juga kemampuan untuk melihat dari berbagai macam perspective dan kebijaksanaan dalam menghadapi suatu hal.

2. Courage
Courage atau keberanian merupakan kekuatan berikutnya yang ada dan berpotensi untuk dikembangkan di dalam diri seseorang. Courage melambangkan keinginan untuk menyelesaikan suatu tujuan, dan memastikan bahwa dirinya terlibat dalam mencapai tujuan tersebut. beberapa contoh dari kekuatan ini antara lain adalah keberanian, persisten/komitmen/dan keajegan dalam menyelesaikan suatu hal, integritas, dan juga kekuatan untuk menghadapi segala hal.

3. Humanity
Humanity merupakan kekuatan dalam diri manusia yang berhubungan dengan kemampuan interpersonal, berhubungan dengan sesama manusia, dan mampu untuk menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan orang lain. Cinta, ketulusan hati, social intelligence, emotional intelligence merupakan beberapa bentuk dari kekuatan humanity yang dimiliki oleh seseorang.

4. Justice
Kekuatan justice berhubungan dengan rasa tanggung jawab keadilan dan juga kepemimpinan seseorang di dalam lingkungan sosial dan masyarakat. Kekuatan justice ini berkaitan erat dengan kehidupan komunitas atau lingkungan yang sehat, dan saling mendukung. Seorang ketua RT yang adil, pastilah memiliki kekuatan ini di dalam dirinya, sehingga mampu membentuk lingkungan RT yang kondusif, aman dan tenteram.

5. Temperance
Temperance berkaitan erat dengan rasa marah, namun bukan dengan mengungkapkan kemarahan tersebut, namun dengan melindungi apapun itu dari hal-hal yang sifatnya berlebihan. Memaafkan, regulasi diri, merupakan bentuk dari kekuatan temperance. Intinya adalah, anda memiliki kekuatan untuk menjaga dan melindungi siapapun itu dari bentuk-bentuk amarah atau emosi negatif, terutama yang muncul dari dalam diri anda sendiri.

6. Transcendence
Merupakan kekuatan seseorang yang mampu untuk mengkoneksikan dirinya dengan dunia luar yang lebih luas. Salah satunya adalah spiritualitas, koneksi antara manusia dengan sang pencipta dan dunia spiritual. Rasa bersyukur, menghargai dan apresiasi terhadap seni, rasa humor juga merupakan bentuk kekuatan yang masuk ke dalam transcendence.

Nah, itu adalah 6 macam kekuatan manusia dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi positif. Jadi, apakah anda sudah bisa melihat, kekuatan-kekuatan apa yang ada di dalam diri anda? 6 kekuatan tersebut adalah potensi besar yang ada di dalam diri anda, dan pastinya akan sangat bermanfaat apabila anda kembangkan dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.