Latest News

Gangguan Kepribadian Berikut Ini Adalah Gangguan Psikologis Yang Paling “Bermanfaat”



Gangguan psikologi adalah sebuah gangguan yang dialami oleh setiap orang karena beragam penyebab. Dalam psikologi kita mengenal sebuah gangguan dengan sebutan abnormal. Atau tidak sesuai dengan normal, atau norma.

Namun taukah anda ternyata gangguan psikologi juga memiliki sisi “bermanfaat” loh. Bermanfaat ini dalam artian tertentu saja. Yah gangguan tersebut adalah gangguan Obsesive Complusive Personality Disorder.

Gangguan kepribadian Obsessive Complusive personality disorder itu sendiri adalah sebuah ganguan kepribadian dimana penderitanya akan merasakan rasa yang sangat perfeksionis dan juga super kaku di dalam hidupnya. Diagnosa dari Obsessive Complusive Personality Disorder ini sendiri di dalam DSM, memiliki kriteria-kriteria tertentu. Beberapa kriteria tertentu itu diantaranya adalah;

1. Preokupasi dalam sebuah hal yang amat rinci, diantaranya adalah daftar – daftar, susunan, urutan, dan juga beberapa aktivitas sehari-hari.

2. Menunjukkan sebuah perfeksionisme yang amat tinggi, akan tetapi perfeksionisme ini justru dapat menjadi hambatan dalam melakukan tugas.

Salah satu contohnya yang paling nyata adalah pada saat para penderita obsessive compulsive personality disorder di saat ia harus menyelesaikan tugas. Maka para penderitanya akan sangat detail, dan harus sempurna dalam menyelesaikan tugas yang sedang diselesaikannya. Akhirnya sang penderita cendrung kesulitan dalam melakukan beberapa hal yang lainnya, karena tugas yang satu belumlah diselesaikan.

3. Stia terhadap pekerjaan dan juga orientasi produktivitas yang amat berlebihan, dimana hal ini tak disebabkan kepada kebutuhan perekonomian dirinya

Jika karyawan lembur, maka penderita yang menjadi karyawan bukan hanya dikarenakan pada sebuah tangggung jawab semata, akan tetapi juga karena sebuah obsesi yang ingin terlihat super sempurna di mata orang lain. Ia tak begitu memperdulikan faktor-faktor ekonomi, dan juga tak memeprdulikan waktu ataupun suasana sekitar. Yang terpenting baginya adalah mengerjakan pekerjaan sesempurna mungkin untuk dilihat dirinya sendiri dan orang lain.

4. Sangat berhati-hati
Para penderita gangguan kepribadian ini akan sangat hati-hati dalam melakukan segala sesuatu. Hal ini mungkin terlihat baik bagi orang lain, namun sebenarnya hal ini sangat mengganggu bagi diri para penderitanya. Meskipun begitu para penderitanya tak mampu berbuat apa-apa, karena hal ini sudah menjadi bagian daripada dirinya.

5. Tak Mau Membuang benda yang Tak Bernilai
Akibat keobsesifannya maka para penderitanya akan sangat terobsesi pada beberapa hal-ha apaun, termasuk pada barang-barang yang dimilikinya namun sudah using dan tidak memiliki nilai lagi. Hal ini membuat para penderitanya cendrung banyak menyimpan barang-barang. Untuk para penderita yang telah berkeluarga tentu hal ini akan sangat merepotkan. Terlebih lagi jika rumah yang dimilikinya tidaklah besar.

Itulah beberapa hal yang dapat kita gali tentang gangguan kepribadian yang sangat “menguntungkan” namun sejatinya tidak menguntungkan sama sekali bagi para penderitanya. Bagi anda yang tengah menderita hal ini, ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk menyembuhkan gangguan ini. Salah satunya adalah penggunaan teknik therapy CBT. Namun akan lebih baik lagi, jika para penderitanya langsung mendatangi professional psikolog atau psikiater terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.