Latest News

Inilah Metode Paling Jitu Untuk Menghafal Pelajaran



Dalam proses belajar, hal yang kebanyakan dirasa sulit adalah menghafal pelajaran. Dan kebanyakan pelajaran-pelajaran sosial menggunakan metode hafalan sebagai solusi pemecahan masalahnya. Sejarah misalnya, adalah salah satu dari sekian banyak pelajaran yang dimana kita dituntut untuk menghafal. Memang tidak hanya sosial saja, kadang pelajaran sains atau bahasa juga memerlukan metode menghafal. Maka dari itu menghafal pelajaran sangat dibutuhkan dalam dunia pembelajaran.

Menjadi sebuah ketakutan ketika seorang pelajar dihadapkan dengan pelajaran yang menuntut hafalan kuat, sedangkan pelajar itu sendiri memiliki ingatan yang rata-rata. Maka dari itu beginilah cara cepat untuk menghafal pelajaran.

1.      Membaca Kembali
Cara cepat untuk bisa menghafal pelajaran adalah dengan membaca kembali apa yang sudah kita baca. Masudnya disini adalah untuk memperkuat ingatan kita yang sudah lalu. Apabila sudah mendekati hari ujian, maka cobalah untuk membaca kembali materi yang akan diujikan.

2.      Memahami Pelajaran Tersebut
Hal yang paling penting dalam proses pembelajaran bukanlah hafalan atau ingatan, melainkan yang penting adalah bagaimana memahami pelajaran tersebut. Dengan memahami materi yang akan dipelajari, secara tidak langsung bisa membuat kita mengingat atau menghafal kembali materi pembelajaran tersebut. Katika sudah memahami materi pembelajaran tersebut, maka tidak sulit untuk kita mengingat materi tersebut ketika diberikan pertanyaan mengenai materi tersebut.

3.      Mencatat Point Penting
Untuk bisa menghafal materi pelajaran dengan cepat salah satu caranya adalah dengan menyediakan catatan kecil. Usahakan catatan kecil ini berisi poitn point penting materi tersebut, atau bisa juga diakali dengan membuat rangkumannya kembali sehingga bisa sekalian dibaca kembali dan menulisnya. Kedua hal ini akan membantu mempercepat proses hafalan mengenai materi tersebut. Jadi yang perlu dihafalkan bukan semuanya, melainkan hal-hal pokok atau poin-point pentingnya saja.

4.      Atur Waktu Belajar yang Tepat
Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika menghafal materi pembelajaran adalah dengan mengatur watu belajar sebaik mungkin. Usahakan untuk waktu menghafalnya adalah ketika otak masih fresh dan belum ada gangguan dari luar. Misalkan saja, belajar ketika sebelum tidur atau ketika baru bangun tentunya seteah cuci muka.

5.      Ciptakan Suasana yang Nyaman Untuk Belajar
Menciptakan suasana yang nyaan untuk menghafal juga dimasukan dalam point penting dalam cara cepat menghafal pelajaran. Karena sadar atau tidak, suasana juga sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi ketika hendak menghafal materi pelajaran yang sudah disiapkan. Susana seperti apa yang membuat kita lebih nyaman, begitulah seharusnya kita menciptakan suasana yang nyaman untuk belajr sehingga mudah untuk menghafal maupun memahami materi pelajaran tersebut.

6.      Meningkatkan Konsentrasi
Kunci utama dari hafalan adalah konsentrasi dan daya ingat yang kuat. Dengan kata lain, menghafal materi pelajaran tidak akan bisa lepas oleh yang namanya konsentrasi. Jadi langkah utamanya dalah meningkatkan konsentrasi, banyak cara untuk bisa meningkatkan konsentrasi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sedikit meditasi atau sebutan lainnya adalah mencari ketanangan.

Demikian sedikit artikel mengenai bagaimana cara cepat menghafal pelajaran, semoga bisa membantu pembaca untuk menghafal materi pelajaran. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.