Latest News

10 Cara Jitu Agar Lulus Kuliah Dengan Cepat dan Tepat Waktu



Menjadi mahasiswa abadi tentu bukanlah pilihan yang menyenangkan. Apalagi di saat detik-detik akhir masa studi perkuliahan yang mencapai limit 7 tahun. Jika seperti itu, maka sudah dapat di pastikan hari-hari anda akan di hantui rasa penyesalan terhap diri sendiri, hingga menyalahkan keadaan yang membuat anda terlambat lulus kuliah.

Jika sperti itu, maka sebaiknya anda untuk mencegahnya terlebih dahulu sebelum terlambat di kemudian hari. Berikut ini akan di rangkum sebuah trik 10 Cara Jitu Agar Lulus Kuliah Dengan Cepat dan Tepat Waktu.

1. Disiplin
Hal yang harus dicamkan baik-baik oleh mahasiswa di manapun anda berada, faktor utama agar anda dapat lulus cepat dan tepat waktu adalah mendisiplinkan diri anda. kerjakan hal-hal penting dahulu dalam perkuliahan yang anda jalani, setelahnya anda baru dapat melakukan kegiatan-kegiatan pendukung kuliah. Dalam mengerjakan tugas, dan belajar adalah hal-hal yang sepatutnya anda lakukan dan disiplinkan dalam diri sendiri. Terutama disiplin terkait bimbingan skripsi dan mengrjakan skripsi.

2. Tetapkan tujuan
Dalam hidup, seseorang yang tidak memiliki tujuan akan terlunta-lunta tak menentu. Begitu pula dengan para mahasiswa yang saat menjalani perkuliahan tidak memiliki tujuan. Diajak teman untuk ikut kegiatan ini, ikut. Diajak teman lain untuk mengikuti organisasi ikut. Dan lain sebagainya. Sebenarnya ikut kegiatan ini itu tidaklah masalah, yang terpenting anda mengerti tujuan anda ikut di semua kegiatan tersebut.

Tetapkanlah sebuah tujuan kapan anda harus lulus, sebagai pelecut semangatmu. Dengan menetapkan tujuan maka, anda akan tau apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengarungi perkuliahan dan waktu yang harus anda tempuh dalam menjalaninya.

3. Rajin Membaca
Dunia literasi memang diperlukan dalam bidang apapun dan profesi apapun. Karena dengan membaca kita akan mengetahui banyak wawasan dan ilmu. Terlebih untuk anda para mahasiswa. Anda adalah agen pembaharuan yang seharusnya juga harus rajin untuk memperbaharui kemampuan dan kapasitas ilmu beserta wawasannya. Dengan mengetahui banyak wawasan di sekitar kita, maka ide-ide untuk mengrjakan tugas akhirn atau skripsi akan bermunculan dan memudahkan anda untuk mencari teori yang dimaksud.

4. Fokus
Fokuslah terhadap hal yang anda tekuni dahulu. Jika pada saatnya anda dituntut untuk cepat lulus maka kurangilah aktivitas yang tidak ada kaitannya dengan pengerjaan skripsi anda. Misalkan saja anda mengikuti banyak organisasi di kampus, sebaiknya anda menguranginya dan berfokus untuk mengerjakan skripsi anda.

5. Hindari Terlalu Banyak Absen
Absensi dalam perkuliahan dapat menentukan kapan anda lulus atau tidak. Hal ini disebabkan sebagian dari universitas menerapkan jumlah maksimal anda dapat absen mengikuti perkuliahan. Jika batas tersebut telah sampai dan melewati biasanya anda akan mendapatkan sangsi salah satunya tidak dapat mengikuti ujian akhir semester. Dan otomatis jika anda tidak mengikuti ujian akhir semsester nilai anda akan buruk dan diharuskan untuk mengulang tahun depan. Semakin anda sering mengulang mata kuliah, maka akan mundur pula jadwal kelulusan anda.

6. Hindari Untuk Mengabaikan Tugas
Janga sering mengabaikan tugas perkuliahan. Jangan pula untuk menyepelekan tugas kuliah karena terkadang beberapa hasil dari tugas-tugas tersebut adalah penunjang nilai akhir anda. Jika nilai anda tidak memuaskan akibat banyak melalaikan tugas, ancaman untuk mengulang pun didepan mata anda.

7. Ingatlah Orang Tuamu
Jika anda tengah berleha-leha dan bermalas-malasan menyelesaikan kuliah, cobalah melakukan introspeksi diri dan mengingat orang tuamu. Betapa letih ia membiayai kuliah mu. Ingatlah tetes keringan yang diperjuangkan dirinya hanya untuk membuatmu memiliki bekal ilmu dan gelar sebagai penunjang masa depanmu kelak.

8. Perbanyak Relasi
Cobalah untuk memperbanyak relasi di lingkungan kampus anda. Misalkan saja dengan dosen, asisten dosen, atau senior. Sehingga pada saat nanti anda menghadapi kesulitan dalam pengerjaan tugas, anda dapat meminta bantuan terhadap mereka. Minimal anda akan diberi tau cara menyelesaikan dengan baik dan benar.

9. Rajin Mencari Info
Jangan remehkan info ini. Karena akibat yang akan di timbulkannya sangatlah besar. Bayangkan saja jika anda meninggalkan infor perubahan waktu jam kuliah atau bahkan waktu ujian, hal ini akan membuat runyam studi anda.

10. Hindari Menunda Skripsi
Hal inilah yang kerap menghambat para mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Sebaiknya jangan remehkan hal ini. Selagi anda mampu dan memiliki wakt, maka segeralah untuk mengrjakan skripsi anda. Karena jika anda menundanya setahun saja, maka semangat anda untuk memulai dan mengerjakan kembali akan turun atau bahkan hilang sama sekali.

Itulah beberpaa hal yang dapat membuat anda lulus kuliah tepat waktu dan cepat, asalkan anda dapat menerapkan beberapa hal-hal di atas dengan baik dan benar. Semoga kita mampu terhindar dari momok DO yang menakutkan wahai mahasiswa akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.