Latest News

Cara Membaca Tanda-tanda Orang Yang Berbohong



Kebohongan adalah sebuah serangkaian cara yang dilakukan untuk memperoleh suatu keinginan. Biasanya kebohongan selalu ditandai dengan gejala-gejala fisik yang dilakukan secara tidak sadar. Gejala ini dapat di ketahui oleh siapapun. Namun yang menjadi pertanyaan adalah, gejala seperti apakah yang menandakan orang tersebut berbohong atau tidak. Berikut ini adalah gejala-gejala yang dapat kita pelajari dari tanda-tanda orang berbohong.

Tatapan Mata
Orang yang berbohong biasanya akan mencoba untuk menyembunyikan kebohongannya dari segala arah. Salah satu hal yang akan ia sembunyikan adalah sorot mata dan tatapan mata. Ia akan selalu berusaha agar tatapannya tidak bertemu pandang dengan orang yang sedang ia bohongi. Pun ia mau menatap, biasanya ia akan mengalihkan sejenak pandangannya di titik titik pembicaraan yang menjadi kebohongannya.

Reflek Tangan
Reflek tangan orang yang berbohong pun dapat kita lihat dari cara ia berbicara dan membicarakan kebohongannya. Secara alamiah tangan akan reflek memegang hidung saat ia memang merasakan sensasi gatal, gugup, dan tidak percaya diri. Nah ini dia hal yang dapat dianalisis dan menjadi gambaran, saat ia berbohong. Saat orang berbohong secara alamiah orang yang berbohong itu sendiri tidak yakin atas apa yang ia katakana. Hal inilah yang memancing rasa tidak percaya diri sang pembohong. Oleh sebab itu, saat orang sedang membicarakan kebohongan tangannya akan refleks menyentuh hidung sebagai bentuk rasa tidak percaya diri atas apa yang telah ia ucapkan.

Gesture Tubuh
Gesture tubuh orang yang berbohong juga dapat kita identifikasi keberadaannya. Salah satu ciri gesture orang yang tengah membohongi kita adalah, pada saat ia sedang berkomunikasi dengan kita ia tidak mencondongkan arah badannya secara bertatapan, melainkan ia menyerongkan sedikit badanya. Hal ini bertujuan agar ia merasa aman untuk menyembunyikan beberapa tanda-tanda kebohongan yang ada pada dirinya.

Tidak Konsisten Dalam Menjawab
Akibat omongan yang ia katakana bukanlah hal baku yang terjadi atau secara nyata terjadi, akhirnya para pembohong mengarang-ngarang sebuah cerita. Sedangkan karangan yang ia buat, terkadang hanya bersifat imajinatif yang selalu dapat berubah-ubah. Sehingga akibat cerita yang di buat imajinatif tersebut, saat kita mengkonfirmasi pada detail-detail tertentu ia menjawab tidak sesuai dengan konteks awal seperti yang ia ceritakan. Akan selalu berubah-ubah jawaban yang di berikannya.

Track Record Kebohongan
Tanda-tanda orang yang berbohong terakhir adalah dapat dilihat dari track record kebohongan yang ia lakukan. Saat orang tersebut sudah banyak sekali melakukan kebohongan biasanya ia akan menutupi lagi kebohongan yang ia buat.

Tidak Menepati Janji
Salah satu ciri orang yang gemar berbohong adalah, tidak menepati janji. Janji ini bisa jadi dalam bentuk pertemuan untuk bertemu di momen tertentu di jam tertentu dan waktu tertenu. Orang yang sudah terbiasa tidak menepati janji biasanya memiliki watak yang cendrung berbohong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.