Latest News

Expressive Writing, Solusi Menurunkan Kecemasan dan Menghilangkan Stress

Expressive writing merupakan suatu metode sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stress dan juga menurunkan kecemasan. Banyak orang merasa, ketika mengalami stress, atau bahkan depresi, mereka bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Banyak yang sadar, teknik relaksasi mungkin efektif untuk menurunkan kecemasan dan juga menghilangkan stress, namun kadang sulit untuk dilakukan. Nah, bagi anda yang sering merasa cemas, stress, maupun merasa depresi, ada satu metode sederhana yang bisa anda gunakan untuk membantu menurunkan kecemasan dan menghilangkan stress. 

Expressive Writing, Menurunkan Kecemasan dan Menghilangkan Stress dengan Menulis
Menulis merupakan suatu kegiatan yang sudah ada sejak jaman purbakala, dengan berbagai tujuan. Kali ini, menulis juga bisa menjadi metode yang tepat untuk menurunkan kecemasan dan menghilangkan stress. Bagi anda yang mungkin sedang merasa kesal, marah, sedih, kecewa, atau bahkan gembira, maka menulis ekspresif bisa menjadi metode yang anda gunakan untuk meregulasi emosi anda. 

Belum ada semacam aturan yang baku mengenai expressive writing. Namun demikian, pada dasarnya adalah anda akan diminta untuk menulis apapun yang anda rasakan, anda pikirkan, dan anda inginkan terhadap situasi tertentu. 

Misalnya, anda sedang merasa kecewa karena ditinggal oleh pacar anda. Fokus pada situasi dimana anda ditinggal pacar anda, lalu tuliskan apa yang anda rasakan, anda pikirkan dan anda inginkan ketika anda berada dalam situasi tersebut. 

Menulis diary, cerita kehidupan (biografi) juga merupakan suatu bentuk expressive writing. Anda bisa menuliskan kisah hidup anda dari awal hingga saat ini, bahkan hingga masa depan (harapan dan keinginan) anda. Dengan menggunakan metode expressive writing, selain mengasah kreativitas anda, juga akan membantu anda dalam meregulasi emosi, dan “menyalurkan” perasaan anda ke dalam bentuk tulisan. 

Setelah anda berhasil menuliskan masalah anda, anda bisa memilih untuk membakarnya dan membuat semua masalah anda sudah terbakar bersama dengan tulisan anda, menyimpannya untuk mengingatkan anda akan situasi yang pernah anda alami, dan menjadi pembelajaran di masa yang akan datang, atau anda juga boleh menceritakannya kembali dengan orang lain. 

Metode yang Simple dan Menyenangkan
Teruntuk anda yang senang menulis dan menceritakan diri anda dalam bentuk tulisan, maka metode expressive writing akan menjadi salah satu media atau metode yang sangat menyenangkan dan akan membuat anda menjadi jauh lebih rileks, tenang, dan sangat berguna untuk kehidupan anda. Sama seperti metode “seni” lainnya, seperti misalnya art therapy atau psikodrama, expressive writing dapat menggabungkan unsur kreativitas di dalam diri anda sebagai hal yang dapat membantu anda memecahkan masalah, menurunkan kecemasan, dan juga menghilangkan stress. 

Itulah sedikit gambaran mengenai metode expressive writing. Selamat mencoba bagi anda yang inin mencoba untuk menurunkan kecemasan dan menghilangkan stress dengan cara menulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.