Latest News

Apa Saja Jenis Keilmuan Psikologi?


Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa berdasarkan tingkah laku dan proses mental. Oleh karena itu tentunya keilmuan psikologi sangat luas, seluas lautan di bumi ini. Berikut adalah beberapa jenis keilmuan psikologi yang berhasi dikumpulkan oleh tim lautanpsikologi.com
  1. Psikologi Sosial

    Psikologi sosial adalah suatu kajian tentang sifat, fungsi, fenomena perilaku sosial, dan pengalaman mental dari individu dalam sebuah konteks sosial.

  2. Psikologi Klinis dan Konseling

    Psikologi klinis dan konseling adalah salah satu bidang psikologi terapan yang berperan sebagai salah satu disiplin kesehatan mental dengan menggunakan prinsip-prinsip psikologi untuk memahami, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai masalah atau penyakit psikologi.

  3. Psikologi Konstitusional

    Psikologi konstitusional adalah sebagai studi tentang hubugan antara struktur morfologis dan fungsi fisiologis tubuh serta hubungan antara fungsi-fungsi psikologi sosial. Bidang ini masih kontroversial.

  4. Psikofarmakologi

    Psikofarmakologi merupakan pengetahuan tentang obat untuk mengobati gangguan psikiatris.

  5. Psikologi Okupasional

    Psikologi okupasional merupakan suatu terminologi yang merangkum suatu bidang kajian psikologi industri, psikologi organisasi, psikologi vokasional, dan psikologi sumber daya manusia.

  6. Psikologi Politik

    Psikologi politik adalah bidang interdisipliner yang tujuan substansif dasarnya adalah untuk menyingkap saling keterkaitan antara proses psikologi dan politik.

  7. Psikologi Sekolah dan Pendidikan

    Psikologi sekolah dan pendidikan mempelajari tentang perilaku peserta didik di sekolah yang substansinya merupakan gabungan psikologi perkembangan anak, psikologi pendidikan, dan psikologi klinis.

  8. Psikologi Perkembangan

    Psikologi perkembangan menekankan pada perkembangan manusia dan berbagai faktor yang membentuk perilakunya sejak lahir hingga berumur lanjut.

  9. Psikologi Kepribadian

    Psikkologi kepribadian adalah ilmu perilaku tentang gaya hidup individu atau cara karakteristik seseorang dalam bereaksi terhada masalah-masalah dan tujuan hidup.

  10. Psikologi Lintas Budaya

    Psikologi lintas budaya adalah kajian empiris mengenai anggota berbagai kelompok budaya yang telah memiliki perbedaan pengalaman yang dapat membawa ke arah perbedaan perilaku.

  11. Psikologi Rekayasa

    Psikologi rekayasa berkaitan erat dengan psikologi industri. Salah satu studinya adalah tentang dimensi waktu dan kerja manual.

  12. Psikologi Lingkungan

    Psikologi lingkungan berkaitan dengan efek komulatif dari respons-respons individu terhadap rangsangan lingkungan individu dalam hidupnya.

  13. Psikologi Konsumen

    Psikologi konsumen mulai dengan psikologi periklanan dan penjualan, objeknya adalah komunikasi yang efektif antara pihak produsen, distributor, dan konsumen.

  14. Psikologi Industri dan Organisasi

    Psikologi industri dan organisasi adalah penerapan dari prinsip-prinsip psikologi industri dan pertambangan.
Sumber gambar: www.psychologytomorrowmagazine.com

2 komentar:

  1. Ternyata ada banyak jenis psikologi.... @_@

    BalasHapus
  2. Pengaruh globalisasi telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat, serta perkembangan perekonomian yang pesat, khususnya di sektor pembangunan sumber daya manusia, sehingga ditinjau dari aspek Psikologi tentunya sangat membutuhkan kajian yang intensif. Untuk mengetahui informasi seputar psikologi bisa mengakses http://fpsi.gunadarma.ac.id/psikologi/

    BalasHapus

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.