Latest News

Kenakalan Remaja Berimbas Kepada Siapa ?




Kenakalan remaja mempunyai beragam dampak negatif yang sangat bisa dirasakan baik secara individu maupun lingkungan sekitar. Apapun alasan dari terjadinya kenakalan remaja ini tentunya akan meninggalkan dampak tidak baik yang bisa merugikan secara fisik maupun mental. Berikut ini pihak yang dirugikan dengan adanya kenakalan remaja : 

1.      Dampak Buruk Kenakalan Remaja Bagi Diri Sendiri

Kenakalan remaja pada umumnya sangat rentan terjadi pada seorang individu yang kurang memperoleh perhatian dari kedua orang tuanya. Faktor lain yang berbesar menyebabkan adanya kenakalan remaja yakni pengaruh lingkungan sekitar. Masa remaja merupakan masa transisi dari anak – anak menuju dewasa sehingga mayoritas individu akan mengalami beberapa permasalahan hidup yang menyebabkan timbulnya gaya hidup yang tidak benar. Kenakalan remaja ini akan membuat seorang individu mempunyai tingkat emosional yang tidak stabil serta mempunyai penyimpangan pada kepribadian yang seharusnya.

Oleh karena itu, sebainya seorang anak sudah dibiasakan untuk bergaul dengan orang – orang yang mempunyai kepribadian baik. Karena tanpa kita sadari betul, pengaruh lingkugan dapat sangat cepat membuat seorang remaja berubah. Hal ini karena masa remaja merupakan masa yang masih rentan dan mudah goyah pada pilihannya masing – masing.

2.      Dampak Buruk Kenakalan Remaja Bagi Orang Tua
Remaja yang kurang mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari orang tuanya akan memicu terjadinya kenakalan pada remaja. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian orang tua, kebanyakan para remaja justru melanggar aturan yang berlaku dengan perlakuan yang menyimpang. Namun bagi beberapa orang tua justru menjadikan kenakalan remaja sebagai sebuah kesalahan tunggal yang berasal dari seorang anak. 

Jelas telah kita ketahui bahwa semua perbuatan yang disebut sebagai kenakalan remaja merupakan tindakan yang melanggar norma masyarakat maupun hukum. Hal ini tentunya akan membuat nama baik keluarga menjadi tercoreng. Dalam hal ini sebaiknya orang tua tidak serta merta menghakimi seorang anak, namun lebih bijaksana lagi apabila sebagai orang tua, kita juga mencari penyebab atas setiap perbuatan yang anak lakukan. Cara terbaik bagi orang tua dalam mengawasi tingkah laku anak yakni dengan membangun komunikasi yang lebih inten. 

3.      Dampak Buruk Kenakalan Remaja Bagi Lingkugan Sekitar

Seorang remaja yang terbiasa hidup dengan gaya yang tidak baik tentunya juga kecil kemungkinan baginya untuk mempunyai kepribadian yang baik. Bahkan seseorang anak yang terbiasa melanggar aturan disuatu tempat ketika nantinya dipindahkan pada tempat lain juga tidak menjadin ia dapat menjadi baik secara signifikan. Tentunya butuh proses yang lama untuk memperbaiki sebuah kebiasaan daripada membentuk kebiasaan baru. Seorang remaja bahkan bisa saja menciptakan keresahan bagi lingkungan sekitar dengan melakukan tindakan yang menyalahi aturan sesuai norma yang berlaku. 

Kenakalan remaja ini tidak hanya berdampak secara individu, namun pihak orang tua bahkan lembaga pendidikan yang mengawasinya juga pada umumnya ikut disalahkan. Selain itu, perbuatan melanggar norma yang dilakukan oleh seorang remaja akan membuat stigma negatif dari beberapa pihak. Tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menumbuhkan kembali kebaikan pada diri remaja tersebut.
Semoga Bermanfaat …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.