Latest News

Waspada! Merokok Saat Hamil Bisa Menyebabkan Keturunan Skizofrenia


Merokok selama kehamilan diketahui meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan bagi anak, termasuk cacat lahir dan kematian bayi. Baru-baru ini, peneliti menyebabkan bahwa merokok saat hamil itu juga dapat mempengaruhi kesehatan mental anak, hingga meningkatkan risiko skizofrenia.

Cegah Diri Merokok Dan Jauhi Asap Rokok Selama Kehamilan

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), pada tahun 2011, sekitar 10 persen wanita di Amerika Serikat dilaporkan merokok dalam trimester akhir kehamilan.

Ibu hamil yang merokok lebih mungkin untuk memiliki keguguran dan masalah plasenta, dan bayi yang lahir dari ibu yang merokok selama kehamilan memiliki risiko lebih besar untuk lahir prematur, berat badan lahir rendah, cacat lahir, seperti bibir sumbing atau celah langit-langit, dan sindrom kematian mendadak (SIDS).

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa penggunaan tembakau dalam kehamilan juga dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan mental anak. Salah satu penelitian yang diterbitkan pada 2013, misalnya, mengidentifikasi hubungan antara merokok selama kehamilan dan peningkatan risiko gangguan bipolar pada keturunan.

Penelitian Yang Dilakukan

Ketua peneliti, Doktor Alan Brown dari Universitas Kedokteran Umum Mailman di Pusat Kesehatan Universitas Kolombia menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang merokok saat hamil lebih mungkin untuk terkena skizofrenia.

Para peneliti yang baru-baru ini menerbitkan temuan mereka di Jurnal Psikiatri Amerika menyebutkan bahwa risiko skizofrenia 38 persen lebih tinggi untuk keturunan ibu merokok

Untuk mencapai kesimpulan mereka, para peneliti menganalisis data kependudukan nasional dari semua kelahiran hidup yang terjadi di Finlandia antara 1983-1998, dan mereka menemukan 977 kasus skizofrenia dalam keturunan perokok.
Kasus skizofrenia tersebut cocok dengan jenis kelamin, tanggal lahir, dan tempat tinggal untuk anak-anak tanpa skizofrenia.

Para ibu dari anak-anak pada kedua kelompok memberikan sampel darah pada trimester pertama dan awal trimester kedua kehamilan untuk menganalisa untuk kehadiran cotinine – penunjuk adanya nikotin, yang digunakan untuk menentukan paparan asap tembakau.

Para peneliti menemukan bahwa dibandingkan dengan anak yang lahir dari ibu yang memiliki paparan nikotin rendah selama kehamilan, mereka yang lahir dari ibu dengan paparan nikotin berat selama kehamilan adalah memiliki resiko skizofrenia sebanyak 38 persen.

Yang Dapat Dilakukan

Dr Alan menyebutkan, penelitian tersbeut memberikan bukti yang paling jelas bahwa merokok selama hamil terkait dengan skizofrenia. Jika direplikasi, temuan ini menunjukkan bahwa mencegah merokok selama kehamilan dapat menurunkan kejadian skizofrenia.

Yang perlu dilakukan berikutnya menurut Dr Alan adalah mendidik masyarakat tentang kesehatan potensial risiko bahwa merokok selama kehamilan memiliki pengaruh jangka panjang untuk kesehatan anak. Termasuk diantaranya gangguan kejiwaan seperti bipolar dan autisme yang perlu diteliti lebih lanjut.

Sumber gambar: www.momjunction.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.