Latest News

Waspada, Penyebab Gangguan Psikologis Pada Remaja


Aneka remaja

Masa remaja merupakan fase dimana setiap individu melalui beragam pembelajaran hidup. Pada masa ini, para pakar psikolog menyebut bahwa masa remaja adalah masa paling labil yang akan dialami oleh setiap individu. Hal inilah yang menyebabkan mudahnya para remaja terjerumus pada pergaulan yang kurang sehat. Bahkan sudah sering ditemui beragam kenakalan remaja yang meresahkan masyarakat luas. 

Percaya atau tidak, kenakalan remaja ini bukanlah suatu kewajaran semata, namun merupakan tanda – tanda adanya gangguan yang dilihat dari sudut pandang psikologi dalam diri remaja tersebut. Kondisi psikologis yang tidak stabil akan membuat remaja melakukan hal – hal yang melanggar norma bahkan nilai – nilai sosial yang berlaku. Untuk mengatasi dampak dari gangguan psikologis dalam diri remaja, sebaiknya kita mengetahui penyebabnya berikut ini :

          Faktor Internal

faktor internal yakni segala kondisi yang mempengaruhi pola pikir serta pembentukan sikap yang berasal dari dalam. Pada umumnya pengaruh yang berasal dari dalam akan terpengaruh oleh peran serta orang tua, kerabat dekat bahkan saudara kandung. Dalam suatu keluarga, tentunya akan mempunyai cara atau metode pendidikan tersendiri. Berikut penjabaran dari penngaruh faktor internal dalam perkembangan psikologis remaja :

a.       Peran Serta dan Pola Asuh Orang Tua

Remaja pada umumnya akan bersikap sebagaimana cara orang tua nya dalam bersikap. Anak yang tumbuh pada keluarga yang kurang mendapat perhatian dari orang tuanya akan melakukan hal – hal yang melanggar norma bahkan melakukan aksi kenakalan remaja untuk menarik perhatian kedua orang tuanya. Secara psikis, perilaku negatif anak akan cepat sekali mendatangkan respon dari orang tua. 

b.      Perilaku Kerabat Dekat
Sebaik apapun orang tua dalam mengasuh anaknya namun apabila dalam keluarganya masih bercampur baur dengan kerabat dekat yang mempunyai pandangan lain dalam mendidik anak, maka sudah bisa dipastikan bahwa anak ini akan tumbuh menjadi remaja yang membangkang. Hal ini karena seorang remaja tumbuh dalam perbedaan pendapat mengenai benar dan salah yang selalu berbeda dari setiap orag terdekatnya. 

c.       Kekuasaan Saudara Tertua
Remaja yang terlahir menjadi anak pertama tentunya mempunyai kuasa yang lebih kuat dibandingkan anak yang lahir setelahnya. Apabila sebagai orang tua kita menemui permasalahan ini maka jangan biarkan anak tertua untuk memperlakukan saudara kecilnya dengan semena- mena. Selain si anak pertama tumbuh menjadi anak yang congkak, tentunya si adik ini akan tumbuh dalam kekangan yang menyebabkan dimasa mendatang ia akan bersikap sama kepada teman – temannya.

2.      Faktor Eksternal

Hal – hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang seorang remaja tidak hanya berasal dari ruang lingkup keluarga semata, namun sangat besar kemungkinan bisa datang dari lingkungan dimana ia tinggal. Terutama remaja pria yang cenderung tidak mampu menolak ajakan bersifat tantangan meskipun ia sendiri menyadari bahwa hal tersebut tidak baik. Untuk itu, untuk mengantisipasi adanya gangguan psikologis pada remaja, sebaiknya sebagai orang tua harus jeli dalam melihat kondisi lingkungan dimana si anak tinggal dan beradaptasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.