Latest News

Beberapa Perilaku yang Membuat Anda mengantuk di Siang Hari


Perilaku yang Membuat Anda Mengantuk di Siang Hari - Anda pastinya pernah merasakan perasaan ngantuk di siang hari, ketika Anda sedang melakukan aktivitas rutin. Padahal, di waktu tidur, Anda pun telah melakukannya secara maksimal atau cukup.

Namun, masih saja mengalami perasaan ngantuk di siang harinya ketika sedang berada di sekolah, kantor, ataupun sedang dalam melakukan aktivitas lainnya pada siang hari.

Kegiatan di atas tersebut akan sangat terganggu jika Anda mengantuk. Dan inilah yang menjadi alasan mengapa Anda merasakan perasaan ngantuk di siang hari tersebut. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Dr. Neil Stanley yang juga sebagai salah satu independent sleep expert, mengemukakan beberapa penyebab yang menyebabkan Anda sering mengantuk di siang hari.

Tak Sarapan dalam Porsi yang Seimbang dan Banyak di Pagi Hari

Kemungkinan saat itu Anda sedang tidak makan dalam beberapa jumlah porsi yang besar di pagi harinya. Dan hasilnya, pada saat waktu menunjukkan pukul dua siang hingga enam sore, biasanya orang-orang akan mengalami penurunan dalam hal kinerja. Neil pun mengatakan bahwa, secara alami tentu orang-orang akan mengalami perasaan mengantuk pada sore hari.

Untuk menghindari Anda mengantuk di saat Anda sedang melakukan aktivitas siang hari, sebaiknya Anda sarapan di pagi hari dalam porsi yang besar, dan disertai dengan asupan nutrisi seimbang. Ubah pola sarapan Anda yang hanya cukup mengkonsumsi roti dan susu saja di pagi hari. Karena saat pagi hari adalah sebagai cadangan untuk menjalani rutinitas berjam-jam lamanya sebelum Anda makan siang.

Terlalu Lama Berada di dalam Suatu Ruangan

Kasur yang nyaman menyebabkan Anda tak berenergi, sama halnya dengan apabila Anda sedang seharian penuh berada dalam sebuah ruangan. Terlebih lagi ruangan tersebut berada dalam kondisi pencahayaan yang redup, sehingga Anda pun lesu hingga tak berenergi. Untuk itulah, maka Anda pun harus bergerak dan juga menikmati suasana di luar ruangan tersebut sehingga Anda akan mendapatkan energi yang positif dari vitamn D.

Jam dan Waktu Tidur yang Salah

Kadangkala waktu tidur yang salah sangat berpengaruh terhadap aktivitas Anda, seperti pada halnya Anda bergadang. Anda akan terjaga dari malam hari dan merasakan mengantuk di siang harinya. Untuk itu maka Anda mungkin sebisanya untuk tidur lebih awal dan tidak begadang di malam hari.

Kelelahan yang Anda Rasakan

Anda dapat saja terkecoh dengan hal yang ada di pikiran Anda sendiri. Anda pun dapat mengukur rasa lelah yang sedang Anda rasakan ketika bangun tidur. Ini merupakan salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika bangun tidur untuk menilai seberapa lelahkah keadaan yang Anda rasakan.

Ada yang Salah di dalam Tubuh Anda

Jika Anda telah melaksanakan tidur cukup waktu selama delapan jam, namun masih saja merasakan kantuk yang lebih, kemungkinan ada yang salah pada tubuh Anda. Sebaiknya Anda memeriksakan tubuh Anda ke dokter.

Sumber gambar: www.liupis.com

2 komentar:

  1. Tapi saya bukan kucing kali kang :D benar tuh kang kadang terlalu lama dalam satu ruangan bisa membuat kita merasakan kantuk yang teramat sangat

    BalasHapus
  2. biasanya klo abis traveling suka banget ngantuk ngga jelas. karena perbedaan waktu dan karena kelelahan

    BalasHapus

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.