Latest News

Parapsikologi


Parapsikologi merupakan sebuah fenomena dari kemampuan yang ada pada seseorang dimana didalamnya dapat dipelajari secara ilmiah. Segala macam parapsikologi serta seluk beluknya dapat dibuktikan dengan adanya studi ilmiah. Meskipun parapsikologi ini lebih sering dikaitkan dengan hal – hal yang tidak biasa, karena seakan tidak adanya batasan antara ruang dan waktu. Untuk itulah segala hal yang dibuat dari pemikiran ataupun materi akan dibuat semakin memudar. Dengan segala keunikan inilah yang menyebabkan tidak semua orang mempunyai kemampuan dalam dunia parapsikologi. Kemampuan terkait parapsikologi ini terjadi karena seseorang mempunyai kemampuan ESP atau Extra Sensory Perception. Untuk mempelajari perihal parapsikologi lebih dalam, berikut beberapa kategorinya :

1. Transfer Informasi Melalui Pikiran (Telepati)

Komunikasi fisik merupakan jenis komunikasi yang paling sering digunakan oleh manusia, baik komunikasi dengan ucapan lisan maupun bahasa tubuh sebagai isyarat, namun pada ruang lingkup parapsikologi terdapat fenomena telepati atau transfer informasi. Tentunya istilah telepati sudah tidak asing lagi bagi kita bukan?

Banyaknya produksi film yang menanyangkan adegan telepati dimana setiap tokoh dapat berkomunikasi tanpa mengucapkan sepatah katapun melalui lisannya. Namun pada kenyataannya, telepati atau pemindahan informasi dari satu pikiran manusia menuju pikiran manusia lainnya hanya sebatas pada sekelebat gambaran – gambaran singkat yang masih perlu untuk dicerna terlebih dahulu.

2. Presepsi Kondisi Mental Masa Depan ( Preognisi )

Presepsi terhadap kondisi mental masa depan atau suatu peristiwa yang memang belum pernah terjadi sebelumnya, dalam ruang lingkup parapsikologi dapat disebut sebagai prekognisi. Hal ini akan menyebabkan seseorang seperti mengetahui rahasia masa depan meskipun sama sekali tidak didukung dengan adanya data atau rangkaian fakta yang bisa menjadi perkiraan dari perwujudan masa depan.

Namun perlu digaris bawahi bahwa pengetahuan seseorang yang mempunyai kemampuan untuk melakukan preognisi ini hanya terbatas perihal perasaan dari suatu peristiwa yang menyedihkan atau menyenangkan, bukan berupa gambaran jelas masa depan manusia kelak. Jadi kemampuan ini meliputi pengetahuan terhadap kondisi mental yang akan dialami dimasa mendatang. Sebagai contoh yang cukup popular mengenai preognisi ini yakni firasat dimana seseorang sudah bisa merasakan akan ada hal yang terjadi nantinya.

3. Psikokinesis

Yakni kemampuan seseorang untuk dapat mempengaruhi segala hal yang berkaitan dengan ruang, waktu, bahkan energi yang terdapat didalam tubuh manusia hanya melalui pikiran. Jadi singkatnya, seseorang yang mempunyai kemampuan dalam bidang psikokinesis ini mampu mempengaruhi suatu objek yang berwujud untuk dimanipulasi tanpa menyetuhnya sama sekali namun hanya menggunakan pikiran saja.

Meskipun pada umumnya kemampuan psikokinesis ini merupakan suatu hal yang direncanakan terlebih dahulu namun terdapat juga beberapa kejadian psikokinesis yang tidak sengaja dimunculkan oleh seseorang. Pada beberapa kasus, seseorang yang mempunyai kemampuan psikokinestik merasakan ketakutan secara berlebihan maka tubuhnya akan mengeluarkan daya yang bisa menyebabkan kaca terpecah.

4. Hidup Kembali Setelah Meninggal?

Pada beberapa wilayah tentunya kita sering mendegar kisah – kisah orang yang bisa hidup kembali padahal secara medis telah dikatakan meninggal karena organ tubuh tidak lagi berfungsi. Seseorang yang mengalami pengalaman hidup kembali menjelang ia benar – benar meninggal biasanya akan mempunyai kemampuan yang sebelumnya tidak dimiliki. Dipercaya bahwa panca indra orang yang hampir meninggal akan mengalami peningkatan.

5. Roh yang Lahir dengan Wujud Berbeda (Reinkarnasi)

Dalam kepercayaan agama tertentu dipercaya bahwa seseorang yang telah meninggal roh nya akan dilahirkan kembali ke dunia dengan wujud yang berbeda. Dimana wujud yang akan didapat ketika lahir kembali ke dunia sesuai dengan perbuatan yang dilakukan dari kehidupan sebelumnya.

6. Apparitional

Yakni suatu kondisi yang mucul dimana membuat seseorang mengalami pengalaman menemukan hantu pada tempat terjadinya kematian bahkan tempat yang sebelumnya sering dikunjungi oleh sosok hantu yang dilihatnya. Bahkan pada beberapa kasus menyebutkan bahwa barang – barang yang sebelumnya digunakan oleh orang yang telah meninggal juga berpotensi menyebabkan adanya pengalaman apparitional.

Semoga Bermanfaat …

Sumber gambar: www.supernaturalworldview.com

56 komentar:

  1. Aku percaya kalau kemampuan gitu bs diusahakan. Alam bawah sadar biasanya ngaruh bgt

    BalasHapus
  2. Koreksi: didalamnya = di dalamnya,preognisi = Prekognisi

    BalasHapus
  3. Psikologi telepati dan psikokinesis jika bisa membuatnya berjalan itu akan sangat berbahaya....

    BalasHapus
  4. Dan cenderung berhalusinasi pada sebagian orang yang "merasa punya kemampuan" telepati, bukan tidak jarang mereka berakhir dengan "gila"

    BalasHapus
  5. Dan cenderung berhalusinasi pada sebagian orang yang "merasa punya kemampuan" telepati, bukan tidak jarang mereka berakhir dengan "gila"

    BalasHapus
  6. Ternyata hal2 yg disebut parapsikologi itu ada penjelasan ilmiahnya ya... Termasuk yg reinkarnasi.

    BalasHapus
  7. Saya pernah membaca novel dengan tema yang nyangkut dengan parapsikologi. Judulnya Lost in Teleporter. Keren, ketika ilmu yang tidak familiar di masyarakat awam seperti ini dibahas dalam bentuk cerita fiktif.

    BalasHapus
  8. aku pingin mendalami, tapi kok merasa "ngga kuat" ya

    BalasHapus
  9. Yang bagian terakhir apparitional, menemukan hantu di tempat kejadian kematian atau dari barang-barang yang digunakan oleh orang yang meninggal. Hmm, bisa jadi halusinasi yah kalau melihat barang yang sering dibalas orang yang telah meninggal atau teringat yah. Tapi, kalau melihat hantu di tempat terjadi nya kematian itu berarti dia bisa melihat makhluk halus.serem juga yah

    BalasHapus
  10. Tulisannya berat, yaaa. Hahaha. Aku harus berkali-kali, berulang-ulang membaca untuk mendapati dan (berusaha) memahami ๐Ÿ˜‚
    Aku kurang suka psikologi sih, lebih ke menyerahkan semua pada Illahi.

    BalasHapus
  11. Yang nomor 4 membuat saya menjadi penasaran. panca indra orang yg hampir meninggal itu akan meningkat. Kira2 contohnya seperti apa ya mas?

    BalasHapus
  12. Zaini, request dong.
    Tulisan yg ini dperbesar sedikit ya, aku pakai kacamata jadi harus zoom out utk baca tulisanmu :( makasih yak. hihi.

    setauku, kalau terlalu mendalami hal seperti ini bisa mengakibatkan kejiwaan yang fatal lho. tapi ya kalau masih std std aja nggak.

    BalasHapus
  13. Aku baru denger istilah parapsikologi. Tapi kalo yang lainnya udah pernah denger sih.
    Kalau hidup kembali setelah meninggal, beberapa kasus yang aku pernah denger (juga nonton) biasanya jadi bisa liat mahluk halus. Itu berkainatan sama apparitional ya akhirnya?
    Semoga ga memiliki kemampuan itu. Ga kebayang bakal parno nya kaya apa.

    BalasHapus
  14. Saya jadi ingat dengan film serial "HERO". Film supranatural yang mengasyikan untuk tonton dan dianalisa. :D

    BalasHapus
  15. Apa perbedaan antara psikologi dengan supernatural?

    BalasHapus
  16. Kalau kemasukan dalam ilmu psikologi.disebut apa? Soalnya di.bagian psikiatri masuk dalam ggn jiwa

    BalasHapus
  17. Pernah tahu tentang orang yang hidup kembali setelah meninggal. Eh, ya, sama dengan mati suri,gak ya?
    Trus kemampuan apa yang biasanya meningkat?

    BalasHapus
  18. aku malah tertarik untuk mengetahui penjelasan ilmiah dari semua jenis parapsikologi ini. beberapa udah sering denger sih, tapi ada juga yang baru denger saat baca postingan ini :)

    BalasHapus
  19. Lalu Telekinesis itu masuk bagian yg mana zain? Itu kan salah satu kajian yg menarik, telekinesis kayak di film2

    BalasHapus
  20. ternyata semuanya berhubungan dengan ilmu psikologi yaaah, baru tahu, nice info

    BalasHapus
  21. Wah, jadi kayak ability superhero gitu ya.
    Professor x dan jean grey bisa telekinesis itu kan

    BalasHapus
  22. Wah, jadi kayak ability superhero gitu ya.
    Professor x dan jean grey bisa telekinesis itu kan

    BalasHapus
  23. Eh, kalo psikokenesis itu seperti manipulasi energi juga termasuk ya? Ah jadi inget Wanda Maximoff. Itu termasuk yang mana ya?

    BalasHapus
  24. telepati itu benorna bisa dipelajari gitu mas? sepertinya dunia bisa saja tanpa alat telekomunikasi. nggga perlu telepon genggam lagi

    BalasHapus
  25. Astaga, jadi telepati, cenayang, reinkarnasi, indigo ini pun ada dalam keilmuan yaa ??

    Saya pikir itu adalah kemampuan khusus untuk beberapa orang saja.

    BalasHapus
  26. 6 jenis Parapsikologi ini pernah aku temui. Bukan aku sendiri, tetapi orang2 yang pernah kutemui. Bahkan yg paling ekstrim, orang yang terus saja kembali dari kematian selama bertahun-tahun. Susah dipercaya, ya. Tapi itu nyata

    BalasHapus
  27. Dunia psikologi itu bisa dikatakan sebagai dunianya batin ya mbak, komunikasinya bisa pake telepati hehe

    BalasHapus
  28. Dari tulisan ini sesungguhnya penasaran sama renkanasi bisa dilihat dr segi ilmiah.

    Kalo telepati sih saya percaya kedekatan berpengaruh dengan hal ini.

    Dan preognisi itu jika mungkin semacam firasat perasaan pasti wanita sering mengalami ya :D

    BalasHapus
  29. Di kampung saya ada yang entah belajar atau memang punya kemampuan semacam itu tapi perilakunya malah seperti orang 'gila'. Kenapa ya?

    BalasHapus
  30. Entah kenapa aku selalu ketakutan kalo baca-baca tulisan psikologi, Kak. hehehehhe

    BalasHapus
  31. Dulu, sewaktu jaman Amigos (tau ga ya? telenovela anak-anak smp. hehehe), aku pengen banget punya kekuatan psikokinesis seperti pemeran utamanya (Anna). Jadi, bisa menggerakkan benda hanya dengan kekuatan pikiran. Kan enak ya, kalau lagi mager. Hehe

    BW dan komen-komenan pakai psikokinesis boleh juga sih. Nanti keyboardnya ngetik sendiri. Xixi

    BalasHapus
  32. Ko jadi inget film X Men ya setelah baca hee

    BalasHapus
  33. Serem juga yaa

    Aku dulu pernah punya kesempatan beberapa kali dg yg dipaparkan di atas, ga enak Bgt lho.. Tiba" hal yg semestinya misteri / masa depan bisa kita ketahui duluan.


    Hal" yg kita ingin bisa terjadi, mau itu sadar / tidak.

    Apalagi kemampuan mempengaruhi alam sekitar, rumit tapi ini sering terjadi.

    If you believe you can, you can do it.

    Why we have to bother others when we knew everything seems not bad as what we see.

    Makasih yaa info nya kk, aku jadi makin tambah belajar ni.

    Thx

    Kandida

    BalasHapus
  34. Jadi banyak belajar tentng psikologi nih. Mksih

    BalasHapus
  35. Roh yang Lahir dengan Wujud Berbeda (Reinkarnasi). Ternyata di psikologi juga ada. Hehe
    Btw terimakasih mas zain. Blognya bisa jadi sumber ini. Pas bantuin saudara ngerjain tugas.

    BalasHapus
  36. Kak, coba kasih contoh dong. Agak susah ini menangkap penjelasannya... ๐Ÿ˜ข

    BalasHapus
  37. waa ada pelajaran baru nih parapsikologi, apa ini bagian juga dari psikologi?

    BalasHapus
  38. Ada hubungannya gak yaa....reinkarnasi dengan de javu?
    Kadang sesuatu yang belum pernah kita lakukan atau alami sebelumnya terasa sangat nyata.

    *misteri

    BalasHapus
  39. Wihhh ngeri bahasannya haha...btw kamu nguasain ilmu itu? Wih keren

    BalasHapus
  40. telepati susah untuk dipelajari tuh kak. dan orang tertentu saja yang bisa melakukan telepati

    BalasHapus
  41. ilmu psikologi selalu bikin saya penasaran, oh iya gimana ya caranya seseorang bisa sadar kalau orang tersebut ternyata memiliki salah satu kemampuan dari kategori parapsikologi tersebut?

    BalasHapus
  42. Ilmu perdukunan atau percenayangan lebih gampangnya. hehehe...

    BalasHapus
  43. Baru tau ada istilah parapsikologi dan ilmu ini harus mempelajari ilmiahnya dan ada beberapa poin yang paling terpana di poin ke tiga bisamengeluarkan daya

    BalasHapus
  44. Terima kasih atas informasinya Tetang dunia psikologi, bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  45. Parapsikologi ini masih jadi konstroversi dari bidang Psikologi ya. Entah masuk ranah Psikologi atau bukan. Penelitian2nya tersendiri.

    Btw, tambahin setting komen donk, biar bisa pilih URL/Name :). Thanks

    BalasHapus
  46. Parapsikologi ini masih jadi konstroversi dari bidang Psikologi ya. Entah masuk ranah Psikologi atau bukan. Penelitian2nya tersendiri.

    Btw, tambahin setting komen donk, biar bisa pilih URL/Name :). Thanks

    BalasHapus
  47. Dari keseluruhan, aku paling tertarik sama yang nomor 1, soalnya emang kadang, secara gak langsung, aku sama sahabatku, udah saling ngerti satu sama lain tanpa hrs banyak bicara, hanya melihat satu sama lain, langsung tau apa yg dipikirkan, dr saya ke sahabat saya, dr dia ke saya juga. Itu termasuk golongan telepati kah? Soalnya, kita berdua kadang mengartikannya begitu sebagai candaan, "lo udah taukan apa yg gue pikirin?" dan saya atau dia pasti jawab "iya tau".. hmmm, kalau kasusnya gitu.

    BalasHapus
  48. Baru tau hal-hal yang diulis di atas juga masuk ke dalam dunia psikologi dan juga baru tau tentang parapsikologi.

    BalasHapus
  49. Pengetahuan baru tentang Psikologi. Terimakasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  50. Oh, telepati dan meninggal namun hidup lagi itu masuk nya parapsikolog.
    Itu sudah ilmiah kah kalau org yg meninggal, tapi hidup kembali bisa memiliki kemampuan tertentu?

    BalasHapus
  51. Jadi telepati, cenayang, reinkarnasi, indigo ini juga dibahas di ilmu psikologi ya? Kirain cuma "ilmu" tertentu aja yang punya

    BalasHapus
  52. Awalnya aku kira akan bahas tentang psikologi yg umum diketahui masyarakat. Ternyata psikologi pun ada yg mengarah ke "kekuatan supernatural" ya .

    Dan aku sesekali pernah mendengar cerita saudara yang bisa melihat / merasakan beberapa kejadian di masa depan pada moment tertentu.

    BalasHapus
  53. kalo punya intuisi kuat itu apakah bs dibilang punya indeta ke-6 ga sihh?

    biasanya kl org yg koma lalu hidup lg katanya tubuhnya udah berbeda tdk senormal wkt dulu dia hidup biasa. bener ga sih mba?

    BalasHapus

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.