Latest News

Hal Berikut Ini Menjadikanmu Mensyukuri Adanya Masa Lalu


Sejenak kita akan membicarakan mengenai sebuah kejadian yang telah terjadi dimasa lalu yang akan tetap terkenang hingga saat ini. Terlepas dari semua kejadian yang telah berlalu tersebut berupa pengalaman positif maupun negatif, otak akan tetap menyimpannya menjadi memori yang siap diputar berulang kali. Jika bicara mengenai kenangan yang menggembirakan tentunya setiap kali kita teringat akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Bahkan bisa saja seseorang merasakan kembali kesedihan maupun kesenangan yang pernah dialami ketika secara sengaja maupun tidak sebuah kenangan terlitas dalam ingatan. Berikut ini kita akan bicara mengenai beberapa alasan mengapa kita wajib mensyukuri adanya masa lalu :

1.      Masa Lalu yang Mendewasakanmu

Percaya atau tidak bahkan disadari maupun tidak, sebuah masa lalu adalah bentuk nyata dari proses pendewasaan yang akan dilewati oleh setiap orang. Dengan adanya masa lalu, seseorang  tentunya mengalami beberapa pengalaman yang menjadikan pola pikirnya semakin matang. Bahkan jika kita bisa menyadari adanya sebuah masa lalu, maka sepahit apapun kejadian dimasa lalu justru akan menjadi manusia dewasa secara fisik maupun mental.

2.      Tolak Ukur Kesuksesan Manusia

Faktanya untuk bisa dikatakan sukses, setiap individu akan melihat bahkan membandingkan kondisi dirinya dimasa lalu dengan kondisinya saat ini. Dengan begitu tentunya sangat jelas bagi kita untuk mengukur sudah seberapa jauh langkah kita dalam menggapai kesuksesan. Tentunya salah satu syarat seseorang bisa dikatakan sukses atau berhasil yakni dengan adanya pembandingan kemajuan dari masa ke masa.

3.      Dengan Adanya Masa Lalu, Kamu Tidak Akan Jatuh Dilubang yang Sama

Dengan adanya sebuah kejadian dimasa lalu merupakan cara Tuhan dalam memberikan pelajaran hidup yang paling berarti, yakni tidak lain adalah sebuah pengalaman. Bisa saja seseorang dimasa lalunya mudah sekali melakukan sebuah kesalahan, namun pastinya dimasa mendatang seseorang tersebut tidak akan mengulangi kesalahan yang sama. Beragam strategi penyelesaian masalah yang telah didapatkan dari pengalaman masa lalu adalah pembelajaran yang kebenarannya tidak bisa terbantahkan.

4.      Masa Lalu Sebagai Ajang Perbaikan Diri

Segala hal atau kejadian yang telah terjadi dimasa lalu tentunya akan selalu teringat dalam memori otak manusia. Tentunya tidak semua kejadian dapat terekam bahkan terhapuskan secara keseluruhan dari pikiran. Beberapa contoh kejadian yang akan selalu melekat dalam otak manusia yakni suatu hal yang mengaitkan emosi seperti rasa bahagia maupun kesedihan yang mendalam. Masa lalu yang kurang menyenangkan bahkan kita anggap sebagai sebuah masa kelam yang diliputi kegagalan justru bisa menjadi ajang perbaikan diri apabila kita dengan lapang dada mau menerima dan menjadikannya sebagai bahan instrospeksi diri.

 Jadi jangan pernah sekalipun untuk berusaha mangikir dari kenangan masa lalu, sepahit apapun bahkan seberapapun kejadian dimasa lalu itu tidak kita inginkan namun hingga saat ini pada dasarnya kita bisa hidup normal berkat segala pembelajaran dari pengalaman yang telah kita dapatkan dimasa lalu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.