Latest News

Pecahkan Masalah dengan Lima Cara Mudah Ini


Kebanyakan orang pada umumnya merasa sangat terbebani ketika dirundung beragam permasalahan hidup. Padahal masalah itu sendiri datang dengan tujuan membentuk setiap individu menjadi lebih baik lagi. Namun hal ini hanya berlaku bagi setiap individu yang mampu menyingkapi permasalahan dengan lima langkah ini :

1. Cari Tahu Penyebab Masalah

Meskipun setiap orang yang hidup dan mempunyai kehidupan sosial tidak bisa lepas dari lilitan masalah, namun kebanyakan dari kita hanya sibuk meratapi masalah yang kadung muncul dibandingkan berusaha mengetahui penyebab dari datangnya masalah itu sendiri. Pada bagian ini tentunya kita harus belajar kembali mengenai sebab dan akibat. Jadi bisa saja masalah yang sedang dihadapai saat ini merupakan sebuah akibat dari segala sebab yang dengan atau tanpa sadar kita lakukan.

2. Cari Solusi atau Penyelesaian

Proses pencarian solusi atau penyelesaian ini tentunya tidak sekedar membutuhkan tenaga fisik semata. Baik fisik maupun segala hal terkait kejiwaan akan saling terkait dan berkerja sama untuk menemukan solusi yang tepat. Rancang dengan teliti setiap rancangan penyelesaian masalah dengan teliti maka secepatnya anda akan menemukan benah merah yang menjadi penyebab dari datangnya masalah.

3. Fokus dan Abaikan Emosi Negatif

Seberapa kecil masalah yang datang mengampiri tentunya akan menimbulkan dampak kepada setiap individu. Baik dampak tersebut dinilai baik maupun buruk, semuanya tergantung dari usaha pemecahan masalah bukan sekedar memupuk emosi negatif semata. Justru, emosi negatif ini bukannya membantu anda menemukan solusi atau penyelesaian justru akan membuat otak kehilangan potensinya dalam memecahkan masalah.

4. Tenanglah, Proses Pendewasaan Telah dimulai

Dengan adanya masalah, maka akan membuat setiap individu melewati proses pendewasaannya masing – masing dengan gaya penyelesaian yang tentunya tidak sama persis antara satu orang dengan orang lainnya. Panik maupun cemas tentu saja boleh, tapi semua alasan negatif tidak boleh membuatmu hanya terfokus pada ratapan tanpa penyelesaian. Jadi sangat layak jika mulai dari sekarang anda menganggap bahwa masalah adalah tiket pendewasaan yang harus anda ambil dengan lapang dada. Jika ditinjau dari segi kejiwaan, seseorang yang terbiasa menghadapi kesulitan maka ia sangat berpotensi mempunyai daya tahan lebih baik dibandingkan kehidupan yang selalu terkesan dimudahkan. Karena pada dasarnya, setiap manusia mempunyai upaya pertahanan diri serta upaya mengerahkan segala kemampuan ketika ia merasa benar – benar terhimpit.

5. Sederhanakan Masalah

Sebenarnya masalah adalah jatah pasti yang akan diberikan oleh Tuhan untuk mengajarkan bahwa pendewasaan merupakan pelajaran berharga yang bagaimanapun harus diambil tuntas. Meskipun begitu, untuk menyelesaikan masalah secara tuntas, anda tidak perlu berekspresi berlebihan sehingga membuat masalah yang kecil membesar seketika. Jadi seberapa besar ataupun kecil masalah anda sebenarnya hanya ditentukan oleh persepsi anda sendiri. Semakin sukses proses pendewasaan maka akan semakin meningkat pula potensi seseorang.

Semoga Bermanfaat …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.