Latest News

Masalah Psikologis Umum Anak Sekolah


Sama seperti orang dewasa, anak-anak dapat menderita masalah psikologis. Masalah ini dapat dianggap sebagai gangguan perilaku, mental, emosional atau gangguan belajar. Perawatan untuk setiap jenis gangguan dan kesehatan mental dapat menentukan apakah anak memang memiliki masalah tertentu. Beberapa masalah psikologis dapat hilang seiring waktu, sementara yang lain bertahan sampai dewasa. Perhatikan anak-anak Anda apakah memiliki gejala-gejalanya.

Depresi dan Bipolar Disorder

Depresi dapat dimulai pada masa kanak-kanak, terutama jika anak memiliki kerabat biologis dekat yang menderita depresi. Depresi sering ditandai dengan kurangnya minat dalam kegiatan, kesedihan dan merasa tidak dihargai atau merasa tidak punya harga diri. Depresi dan gangguan bipolar dapat menjadi penyebab anak melakukan usaha bunuh diri.

Autisme

Autisme adalah gangguan di mana anak tidak dapat berkomunikasi pada tingkat yang sama seperti teman-temannya dan hanya bisa menunjukkan sedikit minat untuk melakukan hubungan dengan orang lain. Anak dengan autisme dapat memiliki kesulitan belajar dan hanya terfokus pada rutinitas yang kaku dan benda-benda tertentu, namun tidak menunjukkan minat dalam hal-hal baru. Anak-anak autis seringkali memiliki tingkah laku tertentu, seperti mengepakkan tangan dan respon kaget yang berlebihan.

Gangguan Perilaku

Akademi Psikiatri Anak dan Remaja Amerika menyebutkan bahwa gangguan perilaku merupakan penyakit mental di mana anak memiliki kesulitan berperilaku sesuai dengan cara yang diharapkan. Dia mungkin memilih untuk kabur dari rumah, mencuri, membakar, merusak properti, atau membahayakan hewan, saudara atau teman sebaya.

Gangguan Kecemasan

Anak-anak dapat mengalami berbagai gangguan kecemasan, termasuk gangguan kecemasan umum, gangguan panik dan gangguan obsesif-kompulsif. Gangguan ini ditandai oleh ketakutan yang berlebihan dan kegelisahan yang berlangsung selama satu bulan atau lebih dan mempengaruhi kualitas kehidupan anak.

Penyalahgunaan Narkotika dan Obat-Obatan Terlarang

Zat yang sering disalahgunakan oleh anak-anak diantaranya alkohol, ganja dan obat resep, hingga bensin, cat, lem dan pelarut untuk merasakan sensasi melayang atau "teler." Beberapa anak secara psikologis atau fisik menjadi kecanduan zat dan memerlukan pengobatan untuk pemulihan.

Gangguan Makan

Beberapa anak menjadi korban gangguan makan, termasuk anoreksia nervosa dan bulimia. Gejala yang sering ditemukian adalah kekurangan berat badan, merasakan timbunan lemak meski badannya sudah kurus, obsesif menghitung kalori, dan memiliki banyak alasan untuk tidak makan.

Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Seorang anak dicurigai ADHD ketika memiliki kesulitan untuk fokus, memperhatikan, duduk diam, berdiri dalam barisan, atau menunggu giliran untuk berbicara.

Gangguan Belajar

Beberapa anak mengalami kesulitan belajar pada tingkat yang sama seperti rekan-rekan mereka. Bagi beberapa anak, membaca lebih mudah bagi mereka, sementara anak-anak lain perlu lebih banyak rangsanganvisual. Perlu dilakukan pengujian untuk menentukan gangguan secara spesifik dan mengembangkan rencana pembelajaran khusus.

Skizofrenia

Penyakit psikotik ini bisa menyerang anak-anak selama tahun-tahun sekolah akhir mereka. Gejala awal yang ditunjukan termasuk menarik diri dari teman-teman, mengembangkan pola bicara yang tidak biasa, seakan tidak memiliki emosi, bertindak aneh, dan mudah curiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.