Latest News

4 Fakta Psikologis Tentang Persahabatan


Sahabat lebih penting daripada pacar. Siapa pun yang memiliki sahabat pasti pernah mendengar kaimat ini.Dan ternyata, para psikolog dan peneliti telah menemukan fakta mengejutkan mengenai persahabatan. Untuk mengetahuinya, simak 4 fakta tentang persahabatan berikut ini.

1. LAWAN JENIS TIDAK MUNGKIN BERSAHABAT

Pikirkan Anda memiliki teman lawan jenis. Setelah membaca ini, Anda akan berpikir lagi. Sebuah studi di Universitas Wisconsin menunjukkan bahwa persahabatan antara laki-laki dan perempuan adalah fenomena yang cukup mencuat baru-baru ini. Namun, kenyataannnya berdasarkan penelitian, teman berlainan jenis tidak mungkin menghindari ketegangan saat dirayu yang lainnya.

Sebuah penelitian kecil telah mengeksplorasi bagaimana pria dan wanita mengatasi persahabatan dengan lawan jenis. Para ilmuwan mempelajari 88 pasangan yang memiliki teman lawan jenis dan menyimpulkan bahwa pria lebih secara fisik dan seksual tertarik kepada teman-teman perempuan mereka, dan cenderung melebih-lebihkan dari bagaimana teman-teman wanitanya melihat mereka.

2. MEMILIKI TEMAN MEMICU EMPATI

Kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain adalah karakteristik manusia, tapi manusia yang memiliki teman-teman memiliki lebih dari sekedar empati. Sebuah kelompok di Universitas Virginia mempelajari scan otak dari 22 orang yang berbeda yang menerima sengatan listrik kecil untuk baik sendiri, teman, atau orang asing.

Para ilmuwan menemukan bahwa aktivitas otak seseorang yang dalam keadaan bahaya menunjukkan keadaan yang sama ketika temannya dalam keadaan bahaya. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang dekat dengan kita menjadi bagian dari diri kita, dan itu bukan hanya metafora atau puisi. Kesimpulannya, kita merasa terancam ketika melihat seorang teman berada di bawah ancaman. Perasaan itu meningkat ketika kita melihat seseorang yang telah lama bersama-sama dengan kita.

3. MANUSIA DAPAT MERASA CEMBURU DAN MEMBERIKAN APA YANG DIDAPATKAN

Jika seseorang menganggap Anda teman terbaik mereka, Anda mungkin merasakan hal yang sama, kan? Sekelompok psikolog dari Universitas Pennsylvania telah mempelajari peringkat persahabatan yang ditawarkan oleh senuah jaringan sosial dan telah menyimpulkan bahwa teman-teman lain yang menghargai kita lebih dianggap berharga.

Menurut P. De Scioli, koordinator penelitian tersebut, bagaimana teman-teman kita menghargai kita dan hubungan kita, secara langsung mempengaruhi persahabatan itu sendiri. Dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa dalam hubungan timbal balik atau persahabatan, manusia hanya peduli tentang apa yang dihasilkan dari hubungan itu. Sedangkan mempertahankan persahabatan merupakan cara mendapat perlindungan dan keuntungan, terutama dalam masa konflik.

4. TEMAN KERJA MEMBUAT ANDA LEBIH PRODUKTIF

Persahabatan dan pekerjaan dapat berjalan beriringan. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki teman membantu Anda merasa lebih bahagia, kreatif, produktif dan kompetitif di kantor. Di negara-negara seperti India dan Indonesia, beberapa mengatakan bahwa teman-teman kerja mereka memahami mereka lebih baik dari teman-dan lainnya mereka bahkan pasangan mereka.

Itulah 4 Fakta Psikologis Tentang Persahabatan yang dapat kita ketahui. Bersahabat tak harus menunggu orang mengutarakan keinginannya untuk mendekat, namun bersahabat dapat dilakukan dengan siapa saja dan kapan saja. Dengan bersahabat kita akan merasakan banyak sekali keuntungan baik itu dari segi materil maupun moril. Dan pada akhirnya kesehatan mental dan psikologislah yang akan kita rasakan kebermanfaatannya bagi diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.