Latest News

Sudah Saatnya Berdamai Dengan Masa Lalu


Setiap orang tentunya mempunyai masa lalu bukan? Terlepas dari masa lalu yang menyenangkan maupun menyedihkan. Apapun jenis kenangan masa lalu seseorang, pada umumnya juga akan berdampak pada masa depan seseorang tersebut. Terlebih apabila masa lalu tersebut berupa sebuah kegagalan yang sangat menyakitkan. Tentunya setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menyingkapi kenangan masa lalu yang tidak menyenangkan.

Terus meratapi kegagalan dimasa lalu justru akan membuat seseorang semakin terpuruk, sehingga masa depan cerah tidak akan tercapai. Lalu bagaimana supaya kita bisa melepaskan diri dari belenggu masa lalu yang menyakitkan? Jawaban paling benar yakni dengan berdamai dengan masa lalu. Tentunya untuk berdamai dengan sesuatu yang menyakitkan bukanlah hal yang mudah. Beberapa hal berikut ini akan membantumu merasa damai dengan masa lalumu :

1.      Bersyukurlah Karena Tuhan Masih Memberimu Kesempatan Memperbaiki Semuanya

Seburuk apapun masa lalu menurut versi yang kita bangun sendiri, tetaplah bersyukur karena Tuhan masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki semuanya dimasa ini. Dengan kesempatan ini tentunya kita bisa mengupayakan segala usaha untuk masa depan. Menyalahkan diri sendiri atas kesalahan atau kegagalan dimasa lalu tidak akan merubah apapun justru hal ini hanya akan membuatmu terjerembab pada kenangan – kenangan pahit yang tak kunjung reda. Rasa syukur secara tidak langsung akan memberikan ketenangan tersendiri dan menjadikanmu dengan lapang dada menerima segala kenangan masa lalu.

2.      Saatnya Evaluasi dan Perbaiki yang Kamu Sesali Sebelumnya

Mengingat masa lalu  bahkan meratapi adalah sebuah bentuk penyesalan yang wajar dimiliki oleh setiap orang. Namun penyesalan yang terus – menerus dan menghambat aktivitas dimasa mendatang adalah salah satu ciri – ciri kamu perlu berdamai dengan masa lalu. Menyingkapi seburuk apapun kenangan dimasa lalu dengan langkah positif merupakan piihan bijak bagi orang yang selalu ingin menjadi lebih baik dari masa ke masa. Cara pertama yang bisa kamu terapkan yakni dengan mengevaluasi segala kesalahan lalu berusahalah memperbaikinya sekarang. Sehingga nantinya kamu tidak akan terjerembab pada kesalahan yang sama dimasa lalu.

3.      Kesalahan Dimasa Lalu Tidak Seharusnya Mengakar Pada Masa Depan

Setiap orang tentunya pernah melakukan sebuah kesalahan dalam hidupnya. Tidak hanya kamu yang merasa bersalah setelah sempat sadar bahwa kamu memang salah. Namun semua alasan itu tidak berhak membuatmu tersungkur pada tanah yang kamu pijak sekarang karena takut melangkah lalu melalukan kesalahan yang sama. Sudah saatnya menghapus stigma negatif yang menghalangi langkah menuju masa depan. Masa lalumu jangan biarkan terus mengakar kebencian didalam hatimu karena yang lalu biarkan saja berlalu sedangkan harimu sekarang adalah perwujudan dari harapan dimasa mendatang yang lebih baik.

4.      Menentukan Kembali Prinsip Hidup

Dengan mempunyai sebuah prinsip tentunya seseorang akan lebih jeli dalam bersikap. Oleh karena itu, tentukanlah prinsip hidupmu sekarang juga supaya usahamu akan lebih terukur dengan melihat seberapa tekun kamu tidak melanggar prinsip – prinsip yang dipegang. Terlebih apabila kesalahan dimasa lalu terjadi karena kamu melanggar prinsip hidup yang kamu buat sendiri. Kembali menentukan prinsip hidup adalah salah satu bentuk usaha yang wajib kamu terapkan setelah kamu bisa merelakan masa lalu itu pergi. Sesuaikan juga prinsip hidup dengan nilai – nilai yang ada disekitar, sehingga setiap hari akan selalu ada yang mengingatkanmu pada hal – hal yang harusnya dilakukan dan tidak boleh dilakukan.
Semoga Bermanfaat …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.