Latest News

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh


Bulan Ramadhan adalah satu bulan dalam setahun dimana dalam bulan tersebut umat muslim diwajibkan berpuasa. Pada bulan ini setiap muslim diharuskan menahan segala hawa nafsunya, salah satunya adalah makan dan minum. Mereka hanya diperbolehkan makan pada waktu sebelum subuh dan harus menahannya hingga maghrib tiba.

Bulan penuh berkah ini sebenarnya bukanlah bulan yang menyiksa karena harus makan diwaktu tertentu saja.Namun bulan puasa mengajarkan kita untuk mendisiplinkan diri dan lebih mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa. Apalagi dengan janji Allah SWT untuk memberikan pahala yang berlipat pada setiap hambanya yang berbuat baik pada bulan suci ini. Berpuasa sendiri menurut penelitian ilmuan modern adalah hal yang sangat disarankan. Kegiatan ini akan banyak memberikan manfaat untuk tubuh, seperti:

Memberikan Waktu Istirahat Untuk Organ Dalam Tubuh

Ketika berpuasa, organ dalam tubuh tidak serta merta berhenti total untuk bekerja. Hanya saja saat tubuh tidak makan dan minum maka pekerjaan yang dilakukan organ dalam tubuh Anda akan sangat minimal. Kesempatan inilah yang kemudian dapat membuat membuat cairan dalam tubuh menjadi seimbang.

Detoksifikasi

Racun dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Pada waktu proses pencernaan, racun umumnya bercampur ke dalam lemak dan disimpan oleh tubuh. Saat berpuasa, cadangan lemak akan dipergunakan dan racun akan terlepas. Pada saat inilah organ tubuh penetralisir racun akan bekerja dengan maksimal.

Meningkatkan Kemampuan Tubuh Untuk Mengatasi Peradangan

Orang yang menderita penyakit peradangan dan alergi (psioriasis maupun radang sendi) umumnya disarankan oleh dokter untuk berpuasa. Karena sebenarnya tubuh mempunyai kemampuan tersendiri untuk meredakan penyakit tersebut saat melakukan puasa.

Menurunkan Kadar Gula Darah

Pemecahan glukosa yang lebih cepat saat berpuasa akan berakibat pada peningkatan energi. Saat glukosa terpecah, insulin yang terproduksi akan menjadi lebih sedikit sehingga pankreas dapat beristirahat. Hasil insulin yang rendah secara otomatis akan menurunkan kadar gula dalam darah.

Mempercepat Proses Pemecahan Lemak

Karena tidak ada pasokan makanan dalam tubuh untuk beberapa saat, tubuh akan menggunakan mekanisme lainnya untuk mendapatkan energi. Secara otomatis, cadangan lemak yang tersimpan dalam tubuh akan dipergunakan. Proses pemecahannya berjalan lebih cepat dari pada hari biasanya.

Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah dapat dikurangi dengan berpuasa. Saat glukosa dipecah dan cadangan lemak dipergunakan untuk menghasilkan energi, mekanisme ini akan membuat hormon adrenalin menjadi menurun. Hasilnya tekanan darah akan kembali ke tingkat normal.

Meningkatkan Sistem Imun

Dengan berpuasa maka Anda akan mengkonsumsi makanan dengan teratur. Banyak dari Anda yang akan mengkonsumsi makanan sehat saat berpuasa. Hal ini akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh Anda. Maka dari itu setelah selesai melaksanakan puasa, ada baiknya untuk tetap menjaga pola makan sehat.

Mengurangi Kebiasaan Buruk

Punya kebiasaan buruk? Anda bisa mulai menghilangkannya dengan berpuasa. Karena jam makan diatur maka Anda tidak akan bisa mengkonsumsi (misalnya: rokok) pada siang hari. Pengurangan jumlah rokok yang dihisap tentu saja sangat bermanfaat untuk organ-organ yang Anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.