Latest News

Metode Ampuh Menangkal Pengaruh Buruk Televisi Bagi Anak

Ilustrasi Anak Sedang Belajar
Para pegiat literasi telah mengungkapkan bahwa, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan pengaruh buruk dari televisi yang dikaitkan dengan sekolah. Menurut Agus M Irkham, bahwa hal ini diperlukan untuk menerapkannya pada anak, karena anak tak hidup di dalam rumah saja, namun juga berinteraksi bersama teman-temannya.

Guna menghilangkan pengaruh tersebut, Agus menerangkan, kepada para orang tua siswa dapat berinisiatif untuk membentuk sebuah forum silaturrahmi. "dan meminta pihak sekolah dalam menyelenggarakan pertemuan secara rutin," kata agus seperti pada yang dikutib di laman sahabatkeluarga. Salah satu tema pembahasannya bisa berkaitan dengan televisi dan juga kategori berbahayanya.

Selanjutnya, para guru dapat mengaitkan tugas sekolah dengan acara di televisi. Ia pun mencontohkan sepekan sekali para siswa dapat diminta untuk menceritakan kembali acara yang sudah ditontonnya dalam bentuk tulisan. Dari situlah, guru akan dapat menjelaskan kaitannya dengan mata pelajaran. Karena hal tersebut, ia pun menegaskan, televisi akan mampu menjadi media alternatif pembelajaran para siswa. "Akan tetapi jangan juga untuk melupakan pengarahan dalam memberikan tugas. Orang tua pun dapat berpartisipasi untuk mengarahkan anak dalam mengerjakan tugasnya.

Para orang tua siswa - melalui sebuah forum silaturrahmi secara berkala, perlu berhibah sejumlah buku-buku ke sekolah. Buku tersebut haruslah dapat dibaca setiap pagi selama 15 menit dikala sebelum mata pelajaran pertama di mulai. Para siswa pun juga diperbolehkan untuk meminjam agar dapat di baca di rumah. "Cara ini  sekaligus menjadi solusi terbatasnya koleksi buku di perpustakaan sekolah, serta mampu menciptakan alternatif kegiatan dan juga bahan obrolan saat di sekolah maupun di rumah," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.