Latest News

Beragam Kesalahan Dalam Penulisan Curiculum Vitae


Setelah kita mengirimkan sebuah CV atau resume diri ke beragam lowongan pekerjaan, namun belum satupun yang memanggil? Padahal anda telah yakin, bahwa CV yang telah anda tuliskan sangatlah bagus. Kemungkinan ada suatu kesalahan di dalam CV anda yang anda sendiri tak menyadarinya.

Bisa jadi kesalahan tersebut menyebabkan HRD, recruiters ataupun pihak yang berada di kantor tempat anda apply lamaran nggak memanggil anda. Berikut ini adalah beragam kesalahan dalam penulisan curiculum vitae tersebut.

Kesalahan 1

Terlalu banyak informasi

Memang CV merupakan salah satu cara untuk memberitahukan “cerita kehidupan” anda. Akan tetapi janganlah memasukan beragam hal ke dalamnya. Misalnya saja, introduction anda terlalu panjang. Atau, beberapa pengalaman anda misalnya melukis dimasukkan ke dalam CV untuk melamar sebagai pengembang. Ingatlah, seringnya para recruter hanya menghabiskan sekitar waktu 6 detik dalam melihat sebuah CV.

Tips: Masukkan saja beberapa informasi yang menurutmu sesuai dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Buatlah sesingkat mungkin. Simpan saja cerita panjang anda saat interview nantinya dan rangkun terlebih dahulu dalam CV dengan menggunakan Bullet point.

Kesalahan 2

Typo

Jangan anda malas untuk membaca ulang CV yang telah selesai anda buat. Typo ataupun “kesalahan pengetikan” akan membuat anda terlihat tidak profesional. Namun padahal kesalahan tersebut sangatlah fatal akibatnya, hingga anda bisa saja tidak diterima. Kesalahan tersebut banyak sekali terjadi saat i9ni. Menurut sebuah survei dari CareerBuilder, sekitar 58% resume atau CV memiliki typo. Dengan tool proof-reading di dalam software bermacam-macam, seharusnya typo ini tidak ada lagi terjadi.

Tip: coba minta orang membaca CV anda terlebih dahulu. Terutama mereka yang anda anggap sudah memiliki pengalaman yang lebih. Selain itu mendapatkan fresh eyes, kamu pun juga akan diberikannya masukan untuk menulis CV dengan baik.

Kesalahan 3

Font

Kemungkinan anda akan terlihat kreatif dengan sebuah layout dan penggunaan sebuah fot yang fancy. Padahal, kunci dari penulisan CV yang baik adalahh dapat terlihat dengan jelas ketika di baca. Salah satu font yang seharusnya anda hindari adalah Comic Sans yang dapat membuat CV anda terlihat seperti undangan ulang tahun kekanak-kanakan. Hindari pula untuk menggunakan Papyrus, Brush Script, dan Courier, selain itu akan terlihat jadul mereka pun akan membuat mata pembaca CV berlinang air mata, saking noraknya.

Tip: Back to basic. Gunakanlah font standar layaknya Garamond, Times New Roman, Verdana, Thoma, Arial, dan Hevatica. Agar anda terlihat lebih profesional lagi, pastikan ukurannya pun mudah untuk di baca dengan font 12 pt untuk isinya. Anda pun dapat menggunakan Bold ataupun italic untuk judul maupun penekanan sesuatu. Terakhir kali, pastikanlah kekonsistenan dalam penggunaan huruf awal hingga akhir ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.