Latest News

Delapan Fakta Psikologis Mengejutkan tentang Cinta


Cinta adalah sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Dan, psikologi sebagai cabang ilmu, memiliki banyak fakta yang mengungkap tentang cinta. Mari simak apa saja agar memahaminya lebih baik.

FAKTA PERTAMA : Ketika dua orang yang saling mencintai melihat mata pasangannya, maka denyut jantung mereka melakukan sinkronisasi dengan satu sama lain. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan yang sedang jatuh cinta begitu terikat bahwa setelah tiga menit dari melihat mata masing-masing, detak jantung mereka akan selaras dengan satu sama lain.

FAKTA KEDUA : Jatuh cinta dikenal memiliki efek neurologis yang sama seperti kokain. Jatuh cinta, seperti dosis kokain, akan memberikan otak Anda perasaan yang sama dan sensasi euforia. Jatuh cinta menghasilkan beberapa bahan kimia dalam tubuh yang akan merangsang sekitar 12 area otak manusia.

FAKTA KETIGA : Jika Anda menyukai pelukan, maka Anda akan senang mengetahui pelukan dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit alami. Ketika dua orang berpelukan, otak mereka melepaskan oksitosin. Oksitosin membantu mengurangi sakit kepala dan mengurangi rasa sakit hingga 4 jam. Jadi jika Anda merasa lelah, stres, atau sakit - pelukan merupakan alternatif untuk setiap obat penghilang rasa sakit.

FAKTA KEEMPAT : Melihat foto orang yang dicintai dapat membantu mengurangi rasa sakit. Telah terbukti bahwa kehadiran orang yang dicintai dapat membantu orang sakit atau perbaikan pasien, tapi begitu foto mereka. Dalam penelitian yang dilakukan di antara orang-orang yang mengalami sakit, peserta yang ditunjukkan foto orang yang mereka cintai dan permainan. Bagi mereka yang ditunjukkan foto, rasa sakit mereka berkurang secara signifikan lebih dari peserta yang melakukan permainan.

FAKTA KELIMA : Individu yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama akan suatu hal memiliki daya tarik satu sama lain. Banyak peneliti sosial menunjukkan bahwa ada pola dalam cara orang memilih pasangan mereka. Hal ini ditunjukkan melalui Hipotesa Matching, yang menunjukkan bahwa orang lebih tertarik kepada orang lain yang memiliki tingkat daya tarik yang sama dengan mereka.

FAKTA KEENAM : Pasangan atau mitra yang mirip satu sama lain tidak bisa bertahan dalam hubungan romantis. Meskipun pasangannya, pasangan yang terlalu mirip atau terlalu berbeda tidak mungkin berlangsung lama. Menurut peneliti, selalu membutuhkan dasar yang kuat untuk mencari persamaan, serta hal-hal yang baik agar individu dapat belajar dari satu sama lain.

FAKTA KETUJUH : Patah hati adalah nyata. Penelitian telah menunjukkan bahwa peristiwa intens atau traumatis, seperti perpisahan, perceraian, jarak fisik, atau kehilangan orang yang dicintai dapat berkontribusi pada nyeri fisik yang nyata di dalam hati seseorang. Ini adalah kondisi yang sebenarnya dikenal sebagai Sindrom Patah Hati. Sindrom ini terjadi ketika terdapat pemicu emosional yang mendalam dan menyebabkan penderitaan di dalam otak dan secara signifikan melemahkan hati seseorang. Akhirnya peristiwa ini menyebabkan gejala seperti nyeri dada atau sesak napas. Hal ini cenderung mempengaruhi perempuan lebih dari laki-laki, dan dapat dengan mudah didiagnosa sebagai serangan jantung.

FAKTA KEDELAPAN : Individu yang sedang jatuh cinta memiliki kesamaan kimia sejalan dengan orang yang memiliki gangguan obsesif-kompulsif. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan yang berada di tahap awal cinta memiliki tingkat lebih rendah dari serotonin, yang berhubungan dengan kebahagiaan dan kesejahteraan, dan tingkat yang lebih tinggi dari korisol, yang berhubungan dengan stres. Tingkat ini sangat mirip dengan orang yang menderita gangguan obsesif-kompulsif. Itulah mengapa kita merasa, bertindak, atau menampilkan diri dengan cara yang berbeda dari karakter asli ketika kita jatuh cinta dengan seseorang.

No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.