Latest News

Anda Seorang Pimpinan? Kalau Begitu Anda harus Memiliki Tiga Keterampilan Ini!


Setiap organisasi ataupun divisi, pastilah memilki apa yang kenal sebagai pimpinan. Pimpinan atau leader, atau juga kita kenal sebagai boss, manajer, supervisor, CEO, dan istilah – istilah lainnya merupakan individu, atau karyawan yang membawahi suatu bidang atau divisi di dalam dunia perkantoran. Kebanyakan pimpinan memiliki peran yagn sangat penting dalam membimbing dan juga mengatur anak buahnya atau bawahannya, sehingga divisi yang mereka pegang mampu memberikan kontribusi yang besar terhadap organisasi. Pimpinan bisa bertugas sebagai pemimpin, motivator, teman kerja, serta pembimbing.

Keterampilan yang harus dimiliki oleh pemimpin

Ada seorang tokoh Psikologi Industri dan Organisasi yang cukup berperan, yang mendefinisikan mengenai kepemimpinan. Robbins mengatakan bahwa seorang pemimpin haruslah memiliki apa yang disebut dengan keterampilan manajerial. Keterampilan manajerial ini sangat dibutuhkan oleh pemimpin untuk membantu mengembangkan dan memberikan hasil terbaik bagi organisasi. Nah, inilah ketiga keterampilan manajerial yagn harus dimiliki oleh para pemimpin :

1. Ketermpilan Konseptual

Keterampilan konseptual merupakan kemampuan mental individu untuk menganalisis dan mendiagnosa situasi rumit. Individu diharapkan mampu untuk membuat konsep, gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebut kemudian dapat dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan. Dengan adanya keterampilan konseptual ini, maka para pemimpin mampu untuk mencitakan sebuah rencana kerja yang akan dilakukan oleh divisi atau organisasi yang dipimpin olehnya.
Keterampilan konseptual ini juga mencakup kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin dalam melakukan :

a. Analisis rencana dan kegiatan
b. Menafsirkan dan memahami konsep – konsep
c. Kemampuan dalam memecahkan masalah / problem solving, terutama masalah keorganisasian.

2. Keterampilan Teknikal

Keterampilan berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah keterampilan teknikal. Keterampilan teknikal merupakan keterampilan yang mencakup keahlian seorang pimpinan dalam melakukan suatu proses atau aktivitas spesifik, yang menggunakan prosedur dan teknis – teknis tertentu. hal ini berhubungan dengan bagaiaman seorang pimpinan mampu memahami mekanisme – mekanisme yang menjadi tanggung jawabnya di dalam organisasi.

Misalnya, seorang manajer lapangan, maka sudah pasti sang manajer lapangan ini mampu dan wajib memahami keterampilan teknikal yang berhubungan dengan lapangan, seperti keselamatan kerja, prosedur – prosedur pelaksanaan lapangan, aturan yang berlaku, dan tanggung jawab langsung terhadap bawahan atau anak buah.

3. Keterampilan Personal

Keterampilan terakhir yang juga wajib dimiliki oleh seorang pemimpin adalah keterampilan personal. Keterampilan personal ini mencakup kemampuan untuk bekerja sama, memahami, dan memotivasi orang lain, baik secara perorangan maupun kelompok. Pimpinan diharuskan mampu untuk saling berkomunikasi dengan baik antar sesama pimpinan, dan juga dengan anak buah. Keterampilan ini sangat erat kaitannya dengan keterampilan berkomunikasi .

Dengan munculnya keterampilan personal ini, maka komunikasi dan juga sistem di dalam organisasi akan berjalan dengan efektif. Pimpinan akan dengan mudah memberikan tugas dan mendelegasikan. Selain itu, bawahan pun akan lebih mudah memahami tugas – tugas mereka di dalam organisasi. Hal ini akan sangat membantu kekompakan, dan juga kesatuan dari suatu organisasi ataupun satu divisi.

Nah, itu adalah tiga keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan. Bagaimana? Apakah anda sudah menjadi seorang pimpinan yang baik, yang memiliki ketiga keterampilan tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.