Latest News

Kenali Lebih Detail Kepribadian Anda Melalui Test Psikologi


Untuk mengetahui kondisi psikologi dan kepribadian seseorang, kita bisa melihatnya melalui serangkaian test psikologi. Selain untuk mengetahui jenis kepribadian, tentunya test psikologi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui tingkat intelegensi seseorang serta kemampuan analog verbal yang dimiliki oleh setiap individu.

Dengan adanya ilmu psikologi, tentunya tingkah laku serta fungsi mental setiap orang dapat dilihat serta dikenali dengan sudut pandang ilmiah. Hal ini membuktikan bahwa psikologi merupakan salah satu ilmu terapan dalam dunia kesehatan yang membantu setiap individu mengetahui serta mengenali jenis kepribadian masing – masing secara lebih detail. Lalu bagaimana bisa ilmu psikologi mengetahui secara detail mengenai perilaku manusia? Pada dasarnya perilaku serta mental manusia dipengaruhi oleh proses fisiologis serta neurobiologi yang sangat bisa dipelajari dari segi ilmiah oleh para pakar psikologi.

Jenis Test Psikologi yang Perlu Anda Tahu

Serangkaian test psikologi tentunya dilakukan sesuai dengan tujuan awal dan fungsinya dalam mengenali seluk beluk mental setiap individu. Mengapa anda perlu mengetahui jenis test psikologi padahal anda sendiri bukanlah seorang psikolog? Tentunya dengan mengetahui jenis test psikologi maka anda dapat mengetahui fungsi dari test tersebut sehingga nantinya anda dapat memilih jenis test psikologi sesuai dengan kebutuhan anda. Tentunya sangat tidak lucu bukan jika anda mengikuti serangkaian test psikologi untuk mengetahui kondisi mental sebagai bahan pertimbangan dalam dunia kerja. Bukankah seharusnya jenis test psikologi yang anda pilih adalah untuk mengetahui tingkat kedisiplinan dan segala hal mengenai attitude setiap individu. Berikut penjabaran jenis test psikologi yang perlu anda tahu :

1. Test Pauli

Pada jenis test ini anda tentunya dapat mengetahui presentase dari prestasi kerja yang mencangkup sikap atau attitude seperti ketekunan, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru, kemampuan bertahan dalam tekanan bahkan tingkat konsistensi setiap individu juga dapat dilihat melalui test ini. Pada umumnya jenis tes psikologi ini diterapkan pada satu orang bahkan kelompok yang akan ditempatkan pada posisi pekerjaan yang baru nantinya.

2. Draw A Man Test

Pada test psikologi ini, kit akan lebih familiar dengan singkatan DAM atau Draw A Man Test. Sama halnya dengan namanya, ketika mengukuti test ini maka anda akan mendapat perintah untuk membuat sebuah gambar manusia. Selain itu, setiap gambar biasanya harus dilengkapi dengan deskripsi mengenai aktivitas, jenis kelamin bahkan usia dari gambar yang dibuat sebelumnya.

Untuk letak deskripsi tersebut biasanya para psikolog membebaskan anda di sisi manapun anda akan menuliskannya. Tujuan dari test psikologi dengan menggambar manusia ini yakni untuk mengetahui tingkat kestabilan emosi, etos kerja, tanggung jawab serta tingkat kepercayaan diri. Besar ataupun kecilnya gambar manusia ini nantinya akan menggambarkan tingkat kepercayaan diri anda serta penempatan letak gambar diatas kertas yang bisa menunjukan karakteristik anda.

3. Culture Fair Intelegent Test

Pada jenis test psikologi ini akan menentukan kemampuan mental secara umum dari setiap individu. Melalui serangkaian alur yang akan dilakukan ketika mengikuti test ini, maka anda harus menjawab setiap pertanyaan dengan jawaban yang sama sekali tidak dibuat – buat karena nantinya hasil test ini akan menjawab semua kekurangan yang ada pada diri anda serta cara penyelesaiannya. Selain itu, penjabaran potensi yang ada dalam diri individu juga terlihat secara jelas bahkan pada umumnya para psikolog akan membuat sebuah strategi untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh peserta test tersebut.

4. Tes Kemampuan Dasar

Tes psikologi ini lebih popular dengan istilah yang diambil dari singkatan nama test ini yakni TKD. Tujuan dari dilakukannya test ini yakni untuk mengetahui tingkat kemampuan dasar setiap indiividu. Pada umumnya jenis test ini diterapkan bagi para pegawai baru maupun seseorang yang akan bergabung dalam suatu instansi guna mengetahui tingkat kemampuan ataupun pengetahuan dasar seseorang.

Sebagai tambahan, apapun jenis test psikologi yang anda ikuti, tetaplah memberikan respon yang sebenarnya tanpa membuat suatu kebohongan sekecil apapun karena setiap jawaban secara lisan maupun tulisan orang yang berbohong bisa dilihat oleh para pakar psikolog. Selain itu, kebohongan ketika mengikuti test psikologi juga akan merugikan anda sendiri.

Salam, Semoga Bermanfaat …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.