Latest News

Hal yang perlu Anda Ketahui Mengenai ParaPsikologi



Pernahkah anda mendengar tentang parapsikologi? Parapsikologi merupakan bagian atau cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari mengenai hal – hal mengenai pikiran dan juga kejadian – kejadian yang dianggap sebagai kejadian gaib. Misalnya seperti indera ke – 6, prekognisi atau meralaml, serta segala sesuatu yang berhubungan dengan interaksi antara pikiran dan juga materi. Parapsikologi masih banyak dianggap sebagai aliran yang berhubungan dengan hal – hal gaib. Padahal sebenarnya kejadian yang kita anggap gaib itu bisa dijelaskan secara ilmiah, terutama dari segi psikologi, karena psikologi adalah ilmu mengenai kejiwaan manusia, dan di dalamnya termasuk mengenai pikiran – pikiran manusia.

Saat ini, parapsikologi memang cenderung tersegmentasi dan sedikit peminatnya dibandingkan dengan kajian ilmu psikologi lainnya. Namun dalam perkembangannya sekarang, kajian parapsikologi mulai banyak diterima, setelah muncul mahzab baru dalam psikologi, yaitu Psikologi Transpersonal. Psikologi Transpersonal ini merupakan salah satu bagian ilmu psikologi yang berdekatan dengan kegiatan dan juga kajian – kajian dari parapsikologi.

Apa saja yang dipelajari di dalam parapsikologi?

Ada banyak hal yang bisa kita pelajari di dalam parapsikologi. Dan yang pasti hal – hal yang dipelajari di dalam parapsikologi ini seringkali dianggap sebagai hal yang gaib. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dipelajari di dalam parapsikologi :

1. Mengenai telepati, merupakan proses transfer pikiran dan perasaan antar individu tanpa menggunakan panca indera
2. Prekognisi, merupakan pengertian atau istilah lain berupa peramalan, dimana individu mengalami persepsi penerimaan informasi mengenai masa depan
3. Psikokinesis, merupakan kemampuan pikiran untuk mempengaruhi ruang dan juga waktu
4. Near Death Experience, merupakan pengalaman – pengalaman yang dialami individu mengenai kematian, menjelang kematian, ataupn pengalamn ketika terjadi kondisi mati suri
5. Reinkarnasi, mengenai kelahiran kembali kesadaran atau consciousness dari tubuh yang sudah mati secara fisik ke dalam tubuh yang baru
6. Apparitional, merupakan pengalaman yang berhubungan dengan hantu – hantu, yang berkaitan denan tubuh yang sudah mati.

Penelitian awal ParaPsikologi

Kejadian dan juga pembelajaran dalam ilmu parapsikologi banyak diperdebatkan, karena banyak yang menganggak parapsikologi adalah takhayul, gaib, dan juga cerita saja tanpa adanya bukti ilmiah. Namun demikian, nyatanya, studi megnenai parapsikologi ini sudah ada sejak tahun 1880-an. Pada era tersebut, SPR (Society for Psychical Research) banyak mengorganisiri individu yang terarik dengan hal – hal yang berbau “mistis” dan “gaib” ini dan mempelajari fenomena – fenomena paranormal seperti ini. Parapsikologi banyak berkembang penelitiannya di wilayah Eropa, seperti Inggris.

PErnah menonton film horror The Conjuring, The Exorcist, Poltergeist, Paranormal Activity, Annabelle, dan semacamnya? Fenomena gaib, hantu, dan juga paranormal yang diangkat pada film tersebut adalah salah satu ruang lingkup penelitian dari parapsikologi, dimana terdapat energy – energy dan kekuatan yang tidak dapat kasat mata terlihat mampu mempengaruhi hidup manusia secara nyata.

Atau anda pasti sudah pernah menonton atau membaca cerita mengenai X-Men, dimana terdapat tokoh professor Xavier yang memiliki kekuatan telepati (Psychic) yang mampu masuk ke dalam pikiran orang, mempengaruhi, dan menggerakkan benda dengan kekuatan pikiran? Atau mungkin pernah anda bertemu dengan seorang anak indigo, yangmemiliki indera ke-6, yang mampu melihat masa depan, dan merasakann kehadiran sosok yang tidak kasat mata di sekitar anda? semua contoh tersebut adalah fenomena – fenomena yang masuk ke dalam ruang lingkup penelitian dari parapsikologi.

Di Indonesia sendiri, terdapat asosiasi parapsikolog, dan terdapat pula literature mengenai penelitian parapsikologi di Indonesia. Namun demikian, kebanyakan penelitian tersebut tidak menggunakan pendekatan parapsikologi, namun banyak menggunakan pendekatan Psikoanalisa, Psikologi Transpersonal, ataupun pendekatan agama dan kepercayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.