Latest News

Permasalahan Ini Muncul Ketika Kamu Remaja



Masa remaja merupakan fase transisi yang pasti dilewati oleh setiap anak sebelum beranjak dewasa nantinya. Inilah yang menyebabkan masa remaja dianggap sebagai waktu dimana  seorang individu melakukan pencarian jati diri. Tentunya proses pencarian jati diri ini juga tidak jarang justru memunculkan permasalahan bagi remaja itu sendiri.

 Meskipun demikian, seorang remaja sudah selayaknya bisa mengatasi masalah yang berhubungan dengan karakteristik diri mereka sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan, bahwa seorang remaja justru mengalami penurunan kondisi yang dilihat dari segi psikis, fisiologis hingga kehidupan sosial mereka. Berikut ini pembahasan mengenai permasalahan yang muncul ketika seorang individu beranjak remaja :

1.      Kesulitan dalam Beradaptasi 

Seorang remaja tentunya tidak dengan mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru. Dengan beragam pertimbangan, sebaiknya remaja tidak terlalu sering melakukan perpindahan tempat tinggal. Hal ini karena tidak semua remaja mempunyai kecerdasan sosial terutama dalam hal beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun ada pula kondisi yang menyebabkan seorang remaja harus dibawa kedalam lingkungan baru supaya tingkat kepekaan terhadap sekitar semakin meningkat. Salah satunya yakni ketika seorang remaja mulai sering menyendiri. 

2.      Menarik Diri dari Lingkungan Sekitar

Terutama bagi remaja yang mengalami gejala kecanduan game dan tidak tertarik untuk berkomunikasi serta melakukan interaksi dengan dunia luar. Melakukan pengawasan terhadap perkembangan anak yang sedang beranjak dewasa sebaiknya juga jangan terlalu terkesan mengekang, hal ini justru akan semakin membuat seorang anak memberontak serta melanggar apa yang seharusnya ditaati. Cara terbaik yakni orang tua memposisikan diri sebagai sahabat mampu mengerti keadaannya. 

3.      Mencari Jati Diri, Bukan Hanya Identitas Diri

Pada umumnya masa remaja merupakan fase pencarian jati diri yang apabila dalam proses tersebut tidak mendapatkan arahan serta bimbingan yang benar, maka bukan tidak mungkin seorang remaja akan terjerumus pada lingkungan pergaulan yang tidak baik. Perlu kita ketahui bahwa setiap individu akan mulai mencari siapa dirinya dan menentukan tujuan hidupnya. Bahkan sudah menjadi hal yang umum bagi diri remaja untuk memperdalam karakteristik yang dimiliki. Jadi setiap individu tentunya tidak sekedar mengenal dirinya sebatas pada identitas diri namun.

4.      Emosi yang Tidak Stabil

Ketika seorang anak memasuki usia remaja, emosi yang dimiliki cenderung kurang stabil. Bahkan pada kebanyakan kasus, para remaja merasa kesulitan untuk mengendalikan rasa marah didepan umum. Apabila seseorang yang telah menginjak usia dewasa melakukan segala sesuatunya dengan beragam pertimbangan, namun seorang remaja serta merta melakukan segala sesuatu yang memang ingin mereka lakukan. Pada masa inilah kenakalan remaja rawan terjadi dalam suatu lingkungan. Setiap remaja tentunya pernah merasakan kekosongan dari segi perasaan serta kebimbangan pada pandangan hidup yang sedang dijalani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.