Latest News

Cara Menjadi Penulis Lepas Online


Apakah Anda senang menulis? Apakah Anda senang berkutat dengan sesuatu yang berbau dengan jurnalis? Mungkin Anda bingung dengan apa yang ingin dilakukan dengan tulisan itu. Ketika teman-teman mengatakan bahwa tulisanmu bagus, pastinya akan menjadikan kita semangat dalam membuat tulisan-tulisan lainnya. Namun untuk melakukan kegiatan tulis-menulis tersebut, jika diberi penghargaan berupa penghasilan, tentu akan semakin menambah semangat bukan?

Dari setumpuk tulisan yang sudah dibuat selama beberapa waktu melalui kerja keras, tentu ada yang layak untuk diterbitkan di media-media masa maupun online. Banyak iklan loker (lowongan kerja) sebagai penulis di media online. Mungkin jika kamu menanyakan apasih maksud penulis online? Ya penulis online adalah penulis yang dilakukan kegiatan menulisnya tak dibatasi oleh waktu dan tempat. Yang penting Anda dapat mengirimkan tulisan ataupun mempostingnya di media.

Apabila mengirim tulisan ini biasanya dilakukan lewat media surel. Jika Anda masih pemula sebaiknya jangan langsung mengirimkan ke media cetak berskala nasional. Anda bisa mencobanya lewat media online. Dari menulis inilah peluang bisnis online pun terbuka lebar. Selain itu dengan mencari penghasilan lewat media online melalui tulisan, berarti Anda telah mensukseskan salah satu industri kreatif yaitu teknopreneur.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis online menjadi penulis lepas ini, yaitu:

Menemukan Gaya Tulisanmu

Mungkin Anda adalah siswa yang terkenal dengan tulisan mengkritik mengenai birokrasi sekolah ataupun siswa yang terkenal dengan puisi-puisi roman. Akan ada kalanya jika Anda merasa jenuh dengan semua kebiasaan itu kan? Semua akan terasa biasa, dan itu adalah pertanda Anda merasakan kejenuhan dalam menulis.

Kamu perlu untuk menemukan lagi gairah dalam menulis. Jangan sampai perasaan bosan membelenggu dalam kegiatan menulis. Carilah moodbooster yang dapat mengembalikan semangat menulis. Seorang penulis lepas online harus memiliki mood yang baik selalu untuk kelancarannya dalam menulis.
Anda dapat mengembalikan mood menulis dengan beristirahat sejenak dengan mengaji, ataupun beribadah seperti sholat dan lain sebagainya.

Minta Pendapat Teman dan Juga Keluarga

Ketika Anda menuliskan sebuah artikel, maka coba tanyakan pendapat pendapat dari keluarga dan juga teman. Namun ingatlah segala kritik yang Anda dapatkan jangan mengendurkan semangat Anda. Jadikan pendapat teman dan juga keluarga ini sebagai sebuah motivasi untuk memperbaiki gaya tulisan Anda.

Jangan Mudah Terbawa dengan Komentar Mereka

Ketika Anda telah mempublikasikan tulisanmu, maka kamu akan menerima banyak komentar. Baik itu saran ataupun kritikan, atau bahkan justru hinaan. Terkadang ada yang memeberikan pujian, hingga membuat kepalamu besar, karena di sisi lain akan ada pula yang mengkritik dengan hinaan yang menciutkan diri.

Ingatlah bahwa tak semua orang mampu untuk menjadi seorang penulis lepas online. Tetapi semua orang mampu untu menjadi penulis. Hanya sebuah kegigihan yang dapat membawamu menjadi seorang penulis hebat yang dapat diterima online maupun offline.

Sumber gambar: csmsmagazine.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.