Latest News

Self Monitor: Apakah Anda Bunglon Yang Sering Berganti Warna, Atau Zebra Yang Tidak Pernah Merubah Pola Garis Tubuhnya?



Apabila melihat dan mempelajari mengenai kepribadian, salah satu hal yang penting menurut Ronald E Rigio adalah Self Monitor. Seperti namanya, self monitor merupakan kemampuan seseorang untuk memantau dan memonitor dirinya sendiri, dalam konteks adaptasi dengan lingkungan sosial. Self monitor membantu seseorang beradaptasi dengan lingkungannya, dan secara tidak langsung memunculkan dua kepribadian seseorang saat berbaur atau beradaptasi dengan lingkungannya.

Dalam artikel yang dilansir oleh psychologytoday.com, Rigio membagi dua macam kepribadian seseorang dalam berhubungan atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. Rigio menggambarkan kepribadian tersebut, sebagai bunglon dan juga zebra.

Bunglon, Kepribadian Yang Fleksibel dan Mudah Beradaptasi
Bunglon merupakan hewan yang memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa. Mereka mampu untuk merubah warna tubuhnya sesuai dengan latar belakang, atau yang dikenal dengan istilah mimikri. Kemampuan ini juga sebenarnya dimiliki oleh mereka yang memiliki self monitor yang tinggi. Orang dengan self monitor yang tinggi, akan lebih mudah “hadir” dan ada dalam berbagai situasi.

Hal ini yang membuat seseorang yang memiliki self monitor yang tinggi dapat menjadi “social chameleon”, dimana mereka akan sangat mah berbaur dan menjadi satu dengan lingkungannya. Mereka memiliki presentation skill yang baik, dan mampu menjadi diri mereka sendiri dengan mudah ketika berhubungan dengan lingkungan/situasi sosial yang baru.

Zebra, Kepribadian Dengan Self Monitor Yang Rendah
Kebalikan dari sang bunglon, orang dengan self monitor yang rendah diibaratkan memiliki kepribadian seperti zebra. Zebra adalah hewan yang memiliki kulit yang tidak dapat berubah. Garis-garis kulit pada zebra, yaitu hitam akan tetap berwarna dan berbentuk seperti itu, apapun situasinya.

Orang dengan self monitor yang rendah diibaratkan seperti zebra, yang tidak fleksibel, dan sulit untuk beradaptasi. Mereka adalah orang yang konsisten, apapun situasinya akan bergantung pada kepribadian dan komitmen mereka. Bisa dibilang rigid, kaku, konsisten, dan pastinya akan sulit beradaptasi dengan lingkungan sosial, apalagi lingkungan sosial yang benar-benar baru.

Di sisi lain, mereka yang memiliki self monitor yang rendah, yang memiliki kepribadian seperti zebra adalah orang yang apa adanya. Mereka akan mengatakan apa yang ingin mereka katakan, dan melakukan apa yang mereka anggap benar / sesuai dengan pola pikir dan pemahaman mereka.

Berdasarkan dua macam kepribadian, berdasarkan faktor self monitor tersebut, saat ini apakah anda sudah bisa memahami, anda adalah seorang social chameleon yang fleksibel dan mampu beradaptasi di berbagai situasi, atau seorang zebra yang kaku, rigid dan cenderung berpegang teguh pada pendirian anda dan sulit beradaptasi dengan situasi yang benar-benar baru?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.