Latest News

18 Jenis Phobia Yang Unik Di Dunia Saat Ini

Fobia merupakan sebuah gangguan rasa ketakutan yang mana ketakutan tersebut bersifat berlebihan terhadap sebuah fenomena. Fobia itu pun dapat dikatakan sebagai sebuah penghambat di dalam kehidupan seseorang yang mengalaminya/ menderitanya. Bagi sebagian daripada seseorang pengidap phobia sangat sulit untuk dimengerti.

Berikut ini adalah 18 Jenis dari Phobia yang sangat unik di diuna yang dapat anda ketahui

1.       Takut melahirkan
Tokophobia atau phobia melahirkan, jelaslah bukan hanya kecemasan menjelang melahirkan biasa. Phobia ini menyebabkan seseorang memiliki kecemasan yang luar biasa dan tidak wajar ketika akan melahirkan. Mungkin saja hal ini disebabkan karena pengalaman traumatis ketika melahirkan sebelumnya, atau mungkin benar-benar cemas dan takut menghadapi kelahiran pertama. 

2.       Philemaphobia, phobia ciuman
Nah, ciuman merupakan salah satu hal yang bisa menunjukkan rasa cinta, sayang, dan juga rasa saling menghargai. Namun demikian, ada orang yang mengalami phobia unik ini, yaitu takut berciuman. Hal ini bisa saja disebabkan karena banyak hal, seperti pengalaman traumatis, atau mungkin karena OCD, dimana mereka takut ada kuman yang masuk melalui proses ciuman tersebut. 

3.       Fobia dengan stiker
Stiker adalah kertas lengket yang biasanya digunakan sebagai suvenir, hiasan, atau dekor. Namun, ada juga loh orang yang mengalami fobia terhadap stiker. Pittakonophobia adalah istilah untuk orang yang mengalami fobia terhadap stiker. Unik bukan? Stiker yang tujuan awalnya hanya sebagai dekorasi, hiasan atau suvenir, malah menjadi hal yang sangat menakutkan bagi orang yang mengalami fobia stiker ini. 

4.       Takut kuman
Kuman memang merupakan salah satu hal yang wajar untuk dihindari. Namun ada orang yang sangat takut dan fobia terhadap kuman, sampai-sampai harus melakukan ritual membersihkan, tidak mau bersentuhan, dan sebagainya, mirip seperti gangguan OCD. Germophobia adalah istilah populer untuk fobia terhadap kuman ini. 

5.       Phagophobia, takut akan makanan
Manusia adalah makhluk hidup, yang pastinya membutuhkan makanan untuk menjaga daya tahan tubuh dan kelangsungan hidup. Namun ternyata, ada juga orang yang mengalami fobia terhadap makanan loh, alias phagophobia. 

6.       Takut untuk menjadi dewasa
Banyak orang yang masih berusia remaja mungkin mengalami hal ini. Kecemasan menghadapi masa depan mungkin adalah suatu hal yang wajar di kalangan remaja, atau paling tidak, bisa juga terjadi pada masa dewasa awal. Namun, kecemasan ini biasanya bisa menghilang, seiring dengan berjalannya waktu. Tapi ternyata, ada juga yang takut secara berlebihan dengan hal ini, yang dinamakan gerascophobia. 

7.       Omphalophobia, takut dengan pusar
Pusar, merupakan salah satu bagian tubuh manusia. Namun, ternyata ada juga orang yang merasakan takut dan kecemasan berlebihan dengan bagian tubuh yang satu ini. Takut atau fobia dengan pusar ini dikenal dengan istilah omphalophobia. 

8.       Takut tidur
Takut tidur bukan merupakan bagian dari insomnia. Takut tidur atau fobia tidur merupakan kondisi kecemasan seseorang dimana seseorang mungkin akan merasa takut akan terjadi hal-hal buruk sewaktu mereka tidur. Fobia tidur ini dikenal juga dengan istilah somniphobia. 

9.       Phobia dengan jenggot
Saat ini, tren fashion dengan menggunakan jenggot sedang cukup populer. Meski begitu, ternyata ada juga orang yang phobia dan takut secara berlebihan dengan jenggot. Pogonophobia adalah istilah yang menggambarkan fobia atau rasa takut yang berlebihan terhadap jengot. 

10.   Takut dengan bunga
Bunga adalah salah satu lambang cinta, lambang perdamaian, dan juga simbol kecantikan. Bunga juga seringkali dipelihara karena kecantikannya. Di sisi lain, ada orang yang mengalami ketakutan berlebihan terhadap bunga. Anthophobia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fobia terhadap bunga. 

11.   Nomophobia / takut kehilangan ponsel
Ponsel sudah merupakan salah satu hal yang paling dekat dengan manusia. Hal ini membuat banyak orang menjadi sangat tergantung dengan yang namanya ponsel. Namun demikian, ada orang yang merasa luar biasa cemas dan takut berlebihan akan kehilangan ponselnya. Hal ini dikenal dengan istilah Nomophobia. 

12.   Takut dengan ponsel
Apabila sebelumnya seseorang takut kehilangan ponsel, maka ada pula orang yang merasa takut dengan ponsel. Ya, telephobia merupakan suatu istilah yang menggambarkan seseorang yang takut dengan ponsel. Mereka akan sangat menghindari ponsel, tidak mau memegang ponsel, bahkan akan merasa sangat cemas ketika harus melakukan aktivitas yang berkaitan dengan ponsel. 

13.   Gelotophobia, takut tertawa
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Tertawa dapat membuat sehat. Namun, siapa sangka ada orang yang mengalami phobia terhadap aktivitas yang menyenangkan ini. Orang dengan Gelotophobia merupakan mereka yang takut untuk tertawa, bahkan akan menghindari tawa orang lain yang membuat dirinya merasa terancam dan sangat cema. 

14.   Takut dengan agama
Bedakan dengan Atheis atau komunis, orang dengan ketakutan terhadap agama biasanya memiliki dasar ketakutan yang tidak jelas. Mereka akan menghindari agama apapun itu, kegiatan keagamaan, dan tidak mau terlibat dengan hal-hal yang berbau agama karena merasa takut dan cemas tanpa alasan yang jelas. Istilah lain dari fobia agama ini adalah theologiphobia. 

15.   Takut kancing baju
Kancing baju merupakan salah satu elemen penting dalam baju, seperti kemeja, polo, blouse, dan lain sebagainya. Namun, di sisi lain, ternyata ada loh orang yang mengalami ketakutan alias fobia terhadap kancing baju. Mereka akan menghindari segala jenis pakaian yang menggunakan kancing, dan biasanya akan merasa sangat cemas dan takut apabila bertemu orang lain yang mengenakan baju berkancing. Koumpoinophobia adalah istilah populer dari phobia terhadap kancing baju. 

 16.   Fobia dengan koran
Sebagai sumber informasi penting, maka koran adalah salah satu media yang cukup diandalkan banyak orang. Namun demikian, tetap saja ada orang yang mengalami phobia terhadap koran. Mereka takut melihat koran, dan pastinya tidak akan pernah mau membaca koran sama sekali. Istilah ini dikenal dengan nama chleophobia. 

17.   Takut angin
Rasanya pasti sangat menyegarkan apabila bisa merasakan angin semilir yang sejuk dan menenangkan. Tapi, tunggu dulu. Orang dengan ancraophobia pastinya tidak akan merasa nyaman, dan akan merasa sangat cemas apabila menghadapi angin. 

18.   Takut difoto
Foto seringkali dianggap sebagai hal yang menyenangkan, karena akan mengabadikan momen yang menarik sepanjang hidup. Nah, tapi ada juga orang yang mengalami rasa takut, alias fobia untuk difoto. Ipovlopsychhobia adalah istilah untuk mereka yang mengalami fobia difoto. Mereka biasanya merasa tidak percaya diri ketika difoto, sehingga akan sangat menghindari momen berfoto dimanapun, kapanpun. 

Nah itulah 18 jenis phobia unik yang ada di dunia saat ini. Memahami jenis phobia berarti kita juga turut menghindari hal tersebut. Jika anda mengalami 18 jenis phobia di atas akan lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan pihak professional terdekat. Menghindari phobia layaknya lebih baik daripada mengobati. Untuk itulah selalu menjaga kesehatan mental dengan menjalin hubungan yang sehat dengan orang-orang sekitar adalah langkah yang dapat dilakukan. Dan jangan lupa untuk selalu berbahagia dalam menjalani kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.