Latest News

10 Profesi Yang Akan Membawamu Menuju Surga



Mencari nafkah adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang. Dengan mencari nafkah, kita mampu untuk berdikari dan mandiri dalam menjalani kehidupan yang keras ini. Namun sebenarnya jika ditela’ah secara lebih dalam, bahwa dengan mencari nafkah juga dapat menjadi jembatan kita menuju ke syurganya.

Tulisan kali ini bukan bermaksud untuk mengesampingkan atau meremehkan hingga menjustifikasi profesi lain namun pada tulisan kali ini, penulis hanya berniat untuk mengulas profesi lebih llanjut. Semua profesi selama tidak melanggar dan bertentangan dengan nilai-nilai agama, akan membawa kita menuju ke syurga. Namun dalam pembahasan kali ini, saya akan sedikit mengulas beberapa profesi yang jika kita ikhlas dalam menjalaninya akan bernilai ibadah, dan akan membawa kita menuju ke syurganya kelak. 

10 Profesi Yang Akan Membawa Ke Dalam Surga

1. Hakim


Seorang hakim kerap diambang sebuah dilema yang amat mendalam. Hal tersebut karena profesi hakim, akan menentukan nasib seseorang ke depan. Keputusan yang diambil, jika tidak cermat akan berdampak pada kelangsungan nasib orang kedepannya. Bayangkan saja, jika seorang hakim salah dalam memvonis mati orang yang sebenarnya tidak bersalah.

Posisi hakim juga menjadi posisi yang sangat menggiurkan, dengan beragam godaan di dalamnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa, dalam menghadapi sebuah perkara hukum, hakim berpotensi untuk di tawari sejumlah uang dengan jumlah yang tidak sedikit oleh orang yang sedang berperkara.

2. Peksos


Peksos atau yang memiliki kepanjangan dari Pekerja Sosial adalah profesi yang biasanya berada dalam payung kementrian sosial. Atau ia juga bisa saja bekerja di sebuah lembaga atau organisasi non-benfit yang dimiliki oleh sebuah yayasan. Misalnya saja lembaga anak terlantar, panti rehabilitasi, panti lansia, penampungan glandangan dan lain sebagainya.

Bekerja menjadi seorang peksos memiliki tantangan tersendiri. Selain tantangan yang berat, menjadi pekerja sosial juga tak bisa di bilang bergaji tinggi. Namun dengan kesungguhan dan keikhlasan dalam bekerja sembari memberikan manfaat bagi sesame, tentu pahala yang akan kita dapatkan kelak.

3. Guru


Seorang guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Meskipun di gaji, namun menjadi guru tak serta merta mengasyikan. Ia dituntut untuk menghadapi siswa-siswa yang beraneka ragam watak dan karakternya. Guru juga di serahi sebuah beban ganda, disatu sisi ia memiliki kewajiban dalam hal pendidikan, disatu sisi ia juga diserahi tanggung jawab untuk mendidik moral anak didiknya. Dengan harapan agar sang anak didik mampu menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa kelak.

Diluar PNS (Pegawai Negeri Sipil) mungkin sering kita mendengar bahwa, gaji guru tidaklah besar. Bahkan banyak sindiran yang mengatakan bahwa, Gaji guru yang bergelar Sarjana, masih kalah dengan gaji buruh yang hanya lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas). Tetap semangat dan jangan menyerah wahai guru, entah guru ngaji, guru sekolah, atau apapun itu, karena jasamu akan selalu bermanfaat demi Agama, nusa dan bangsa.

4. Perawat




Menjadi perawat, jika di tekuni dan diikhlasi juga akan membawa anda ke dalam surge. Bagaimana tidak, meskipun gaji para perawat terkadang tak sesuai dengan standar, atau kalah di bandingkan dengan gaji seorang dokter, namun ia memiliki peran yang vital dalam menyelamatkan kehidupan para pasien. 

Tak cukup sampai dengan membantu dalam pengobatan dan perawatan, namun fungsi dari perawat lebih luas daripada itu saja. Selain membantu dalam proses pengobatan, sang perawat juga layaknya orang tua yang wajib membantu para pasiennya. Bahkan jika sang pasien membutuhkan bantuannya untuk membersihkan “kotoran” dari pasien itu sendiri, sang perawatlah yang akan turun tangan.

5. Pemimpin


Dimanapun seorang pemimpin adalah panutan. Meskipun para pemimpin sebenarnya memiliki fasilitas yang lebih baik seperti gaji, jaminan, dan tunjangan, namun tak menutup kemungkinan pemimpin mendapatkan tekanan yang teramat berat. Selain keprofesionalannya sebagai seorang pemimpin, ia juga wajib memberikan contoh keteladanan dan membimbing bawahannya agar menjadi seseorang yang terus menerus meningkat kemampuannya.

Apapun tempat dan ladang tempat bekerjanya, baik itu bidang politik, sosial, kesehatan, ataupun korporasi, menjadi pemimpin jika dilandasi dengan niat ibadah, tentu ia akan menjadi seorang pemimpin yang akan bermanfaat bagi apa yang ia pimpin.

6. Dokter

Seorang dokter juga akan menjadi profesi yang mulia, saat pekerjaan yang dikerjakannya dilaluinya dengan sabar. Merawat dan menyelamatkan nyawa seseorang adalah hal yang tidak semua orang mampu untuk melakukannya.

7. Motivator

Menjadi motivator membutuhkan latihan speaking dan mempengaruhi orang lain. Bukan hal mudah untuk menjadi motivator, anda dituntut untuk dapat berbicara di depan umum. Selain tuntutan tersebut anda pun harus dapat mempengaruhi para audience yang mendengar anda.

Untuk itulah, menjadi motivator memiliki peluang dalam menyebarkan kebaikan. Anda juga memiliki andil dalam memberikan semangat orang yang tengah dilanda kebingungan dalam menentukan nasib ke depannya.

8. Relawan


Tak bisa di pungkiri yang namanya relawan adalah orang yang bekerja di lembaga non provit yang mana ia siap untuk digaji ataupun tidak. Menjadi relawan adalah pekerjaan yang teramat sulit, bagi mereka yang masih berorientasi terhadap materi. Untuk itulah, dengan menjadi relawan, berarti potensi anda untuk membantu orang yang tidak seberuntung anda sangatlah besar.

9. Content Writer


Content writer adalah profesi yang popular di zaman digital saat ini. Lahirnya website ataupun blog yang menjamur, turut berpengaruh pada permintaan terhadap ketersediaan tulisan content di blog. Oleh sebab itu hadirlah beragam jasa content writer. Menjadi content writer bukan merupakan pekerjaan yang mampu mendatangkan keuntungan yang besar, terkecuali anda memengang atau menyuplai ke puluhan atau bahkan ratusan blog.

Kejujuran dari seorang content writer sangat di uji. Karena banyak saat ini content writer yang, hanya memberikan tulisan copypaste, sehingga merugikan sang pemilik blog/website. Dengan kecerdkan dan keikhlasan di situ terdapat ladang menyebarkan kebaikan dengan ilmu yang dimilikinya. Selalu menyebarkan kebaikan lewat dunia maya menjadi salah satu hal yang akan bernilai ibadah di sisinya.

10. Psikolog

Seringkali kita mendengar, bahwa seorang psikolog berkonotasi dengan pekerjaan yang berhubungan dengan penanganan orang-orang “bermasalah”. Padahal profesi psikolog memiliki cakupan yang beragam. Baik itu penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus, orang yang tengah mengalami stress/depresi, hingga mengarahkan potensi seseorang.

Dengan menjalani perofesi sebagai seorang psikolog, anda berkesempatan untuk menyembuhkkan dan juga mengarahkan para sudara yang tengah membutuhkan pencerahan dalam menangani permasalahan hidupnya. Ia juga menjadi seorang pendengar yang baik, dan tepat bagi anda yang membutuhkan solusi dan nasehat bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.