Latest News

Fakta Psikologi agar kamu Lebih kenali diri sendiri



Siapakah yang paling mengenali dirimu sendiri ? Ayah ? Ibu ? Saudara kandungmu seperti kakak dan adikmu ? Atau teman-teman dekatmu, sahabatmu, teman kecilmu ? Seperti apa mereka memahamimu ? Apakah mereka tahu semua permasalahanmu ? Diantara orang-orang yang penulis  sebutkan, jawaban manakah yang paling menguatkanmu ? Perlu kamu tahu, orang yang paling mengerti dirimu adalah kamu sendiri.

Benar, mungkin orang tualah yang paling tahu keadaanmu. Tahu mana yang kamu butuhkan dan inginkan. Tetapi kamu sendirilah yang paling paham mengenai apa yang benar-benar kamu inginkan. Orang lain, seperti sahabat dan teman mungkin bisa membantumu. Bisa menemanimu kemana pun. Tetapi teman-teman dan sahabatmu tidak bisa selamanya bersamamu. Mereka punya waktu sendiri untuk dirinya. Dan penulis yakin, kamu tidak akan lama bersamanya.

Mulai sekarang, kenali diri sendiri. Seperti apakah fakta psikologis mengenai dirimu. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam diri. Serta melengkapi kekurangan sendiri. Lantas seperti apakah fakta psikologis yang bisa membantumu untuk mengenali diri sendiri ? Simak ulasan berikut :

1.       Jika anda wanita, cenderung menyukai pria yang memiliki suara serak

Kebanyakan wanita memang menyukai laki – laki yang bisa mengayomi dan melindungi dirinya. Oleh sebab itu, ia menyukai pria yang memiliki suara serak. Kenapa ? Sebab pria dengan suara serak ini memiliki kharismatik yang maskulin dan percaya diri. Bahkan pria ini juga cenderung agresif pada pasangannya.

2.       Semakin banyak masalah, anda semakin bijaksana

Apa yang kamu lakukan jika orang lain memiliki masalah ? Sebisanya pasti ingin membantunya agar segera selesai menguraikan benang kusut tersebut. Coba anda perhatikan, apakah nasihat yang anda berikan padanya cukup berpengaruh dengan kehidupannya ? Jika benar, maka anda adalah orang yang benar – benar bijaksana dan bisa diandalkan. Yakinlah, kebijaksanaan yang muncul dalam diri merupakan manifestasi masalah yang semakin mendewasakan anda.

3.       Semakin anda cerdas, semakin buruk tulisannya

Bukalah buku catatan anda. Bagaimana tulisannya ? Jika buruk, penulis ingin memberikan ucapan selamat bahwa anda adalah orang yang cerdas. Kebanyakan mereka memiliki tulisan berantakan. Karena pikirannya cukup cepat. Caranya berpikir juga cepat. Kemampuan kognitif ini tidak sebanding dengan ketrampilan motoriknya. Inilah mengapa mereka memiliki tulisan buruk.

4.       Cara komunikasi berpengaruh pada suasana hati

Ketrampilan komunikasi bukanlah bakat yang sia-sia. Justru semakin anda pandai komunikasi, anda semakin bisa memahami diri sendiri dan orang lain. Sebab, orang yang memiliki ketrampilan komunikasi baik bisa mempengaruhi emosinya. Jika anda komunikasi dengan baik dan ramah, maka suasana hati dan emosi juga cenderung stabil. Berbeda dengan orang yang marah.

5.       Orang yang mudah merasa bersalah adalah orang yang penuh empati

Kebanyakan orang merasa dirinya benar dan mau menang sendiri. Berbeda dengan orang yang empati dan simpati pada orang lain. Justru ia banyak memikirkan orang lain. Bahkan sangat peka. Ia bisa berusaha untuk mengerti pikiran dan perasaan orang lain. Kemudian memposisikan dirinya sebagai orang tersebut.

6.       Kenapa wanita lebih sensitif dari pada pria

Ketika anda disakiti oleh orang lain, maka sakitnya akan sangat terasa. Berbeda dengan laki-laki yang disakiti oleh orang lain. Mereka mungkin tidak terlalu menganggap serius dan melupakannya. Kenapa ? Perlu anda tahu, bahwa wanita memiliki reseptor rasa sakit 2 kali lebih besar dari pada laki-laki. Oleh sebab itu, ia cenderung lebih sensitif daripada laki-laki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.