Latest News

Wow, 82 di Orang Indonesia Melakukan Bunuh Diri Setiap Harinya



Barangkali kita sering merasakan sebel dan juga geregetan pada saat melihat ataupun membaca berita mengenai kasus bunuh diri. Terlebih lagi kasus bunuh diri tersebut disebabkan oleh masalah-masalah sepele seperti di bully, hingga putus cinta dengan pacar.

Barangkali juga kita sering menganggap hal itu adalah hal enteng ketika ada seseorang yang seringkali mengatakan, “aku mau mati saja kalau diputusi begini” atau beberapa kalimat lain yang semacamnya. Nyatanya hal-hal seperti itu bukanlah hal yang main-main loh.

Fakta yang terjadi berdasarkan data yang dihimpun oleh WHO, sebanyak 800 ribu orang telah melakukan bunuh diri di setiap tahunnya. Dan hal ini adalah penyebab kematian terbesar ke 2 di dunia dalam rentang usia 15 sampai dengan 29 tahun. Banyak sekali penyebab yang menyebabkan perilaku ini terjadi. Misalnya saja depresi yang dialami, kekerasan, hingga beragam permasalahan latar belakang sosial hingga budaya.

Di Indonesia sendiri tercatat sekitar 82 orang melakukan bunuh diri setiap harinya. Data ini seperti dilansir dalam WHO yang mengatakan bahwa pada tahun 2005, terjadi sebanyak 30 ribu kasus bunuh diri di indonesia. Artinya terdapat sekitar 82 orang yang melakukan bunuh diri setiap harinya.

Sedangkan kelompok usia yang melakukan hal tersebut adalah berkisar antara usia muda 15 tahun sampai dengan usia 24 tahun. Kejadian ini pun, hanya yang tercatat sedangkan hal-hal yang belum tercatat dikarenakan keluarga Almarhum yang malu untuk diketahui orang umum sangatlah banyak sekali.

Kasus bunuh diri di Indonesia saat ini hampir mendekati presentasi angka bunuh diri di jepang. Jika tidak segera ditangani tentu akan menjadi hal yang merugikan dan berpotensi menjadi trend setter mengatasi masalah dengan cara bunuh diri di kalangan para remaja.

Terlebih lagi bagi mereka yang tengah menghadapi krisis kasih sayang kedua orang tuanya. Mereka dapat melampiaskan kasih sayang kepada orang yang tidak tepat. Dan pada saat mereka merasakan akibat dari kasih sayang yang tidak tepat, mereka akan melakukan penyelesaian dengan cara bunuh diri. Semoga kita dapat menghindari dan mencegahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.