Latest News

2 Sisi Perfeksionis Dalam Diri



Perfeksionis. Sebuah kata yang kedengarannya menarik. Yah walaupun menariknya dari kasat mata, karena jika engkau menghadapi orang yang beginian, terkadang membuatmu mengelus dada, menghelakan nafas sejenak, dan bersabar.

Lalu sebenarnya apasih itu perfeksionis. Perfeksionis sendiri dalam bahasa sehari-hari adalah suatu kebutuhan untuk melakukan dan menginginkan keadaan yang sempurna. Dalam pandangan psikologi dan pengertian asli perfeksionis itu sendiri adalah hampir merembet pada sebuah gangguan implusif.

Menurut seorang psikolog dan juga terapis Jennifer Kromberg, perfeksionis adalah sebuah dorongan yang terus menerus muncul di dalam diri seseorang untuk memiliki sesuatu yang berjalan dengan sempurna, misalkan saja dalam kehidupan sehari hari atau dalam kegiatan akademik.

Jadi, Jika ke-perfeksionisan seseorang tersebut melangkah pada hal yang sudah mengganggu kehidupan sehari-harinya maka hal tersebut telah nampak dan dianjurkan untuk segera datang ke psikolog atau psikiater terdekat.

Lalu Apa Saja Sih Karakteristik Orang Yang Perfeksionis Itu?
Orang yang perfeksionis juga memiliki karakter yang mengidentikan dirinya sebagai seseorang yang memiliki sikap perfeksionis. Jika anda memiliki 3 dari 5 sifat ini, maka segera untuk introspeksi diri lagi, apakah anda seorang yang perfeksionis atau tidak.

1.       Anda orang yang cendrung kompetitif di segala hal
2.       Kebanggaan anda yang dirasa hanyalah sementara, karena anda harus mengejar hal lain agar sempurna dan memunculkan kebanggaan lain. Hal ini tidak bisa ditawar atau diundur lagi
3.       Anda memiliki keyakinan bahwa, jika hasil sempurna yang anda kerjakan, maka ia juga akan menghasilkan sebuah kedamaian dan juga ketenangan dalam diri. (ciri orang yang lebih melihat sebuah hasil di bandingkan proses)
4.       Jikalau anda tak melakukan segala sesuatu dengan sempurna, maka itu artinya adalah anda gagal melakukannya. (ciri orang yang biasanya berpikir hitam-putih; atau salah benar)
5.       Anda sangat meyakini bahwasanya orang yang akan menghargai dan juga mengagumi anda hanya apabila anda dapat berhasil mencapai sebuah hasi tertinggi atau sempurna dalam segala sesuatu.

Kira-kira Orang Yang Perfeksionis, Baik Atau Buruk?
Segala hal memiliki dua sisi positif dan negative. Namun perlu ditelaah lagi, orang yang cendrung prfeksionis ini biasanya memiliki harapan yang tinggi terhadap seseorang, dimana jika orang tersebut tidak sesuai dengan harapan ia akan merasakan patah hati terhadap orang tersebut.

Orang yang berhubungan dengan dirinya pun akan merasakan ketertekanan yang luar biasa. Oleh sebab itu terkadang orang yang perfeksionis dalam lingkungan sosialnya cendrung memiliki sedikit teman saja.

Namun sisi baiknya adalah pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang perfeksionis dapat terselesaikan dengan baik. Namun lebih daripada sifat baik ini, orang perfeksionis hanya dianggap dan ditemani dalam hal pekerjaan, bukan dalam taraf sosial.

Refrence: 
https://www.psychologytoday.com/blog/inside-out/201311/4-difficulties-being-perfectionist

https://www.theodysseyonline.com/open-letter-perfectionist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.