Latest News

Suka Duka Mahasiswa Jurusan Psikologi Di Indonesia



Setiap jurusan dalam perkuliahan pastilah memiliki ceritanya sendiri baik itu suka maupun duka. Jurusan psikologi juga demikian, selalu memiliki banyak cerita baik yang suka maupun dukanya terutama untuk mahasiswa jurusan psikologi yang ada di Indonesia. Akan tetapi, jangan terlalu dipikirkan jika kamu adakah salah satu diantara sekian ribu mahasiswa yang masuk dalam jurusan psikologi, cukup jalani saja apa adanya.

Beikut ini adalah beberapa suka duka mahasiswa jurusan psikologi di Indonesia, berdasarkan beberapa sumber yang kemudian disimpulkan dalam satu artikel ini.

1.      Menjadi mahasiswa psikologi mengajarkanmu banyak hal tentang hidup
Salah satu suka ketika menjadi mahasiswa jurusan psikologi adalah banyaknya hal yang kamu dapatkan dalam dunia pendidikan maupun dalam penerapannya. Kamu tidak hanya belajar dari pengalamanmu sendiri atau sekedar diambil dari sumber penelitian orang melainkan kebanyakan adalah dari hasil riset atau survei ketika kamu sudah menginjak masa pengerjaan skripsi atau magang atau semacamnya. Kamu bisa menemukan bagaimana cara mengatasi  masalah yang sama dengan seseorang yang sempat berkonsultasi denganmu.

2. Menjadi Mahasiswa Psikologi Memberikan kemampuan menganalisis permasalahan individualisme
Kesukaan menjadi seorang mahasiswa psikologi memberikan kemampuan untuk menganalisis permasalhan individualisme yang dihadapi. Selain dituntut untuk mempunyai kemampuan menganalisis permasalahan orang lain, seorang mahasiswa psikologi juga akan memiliki kemampuan untuk menganalisis permasalahan apa yang sedang dihadapi. Hal ini menjadi kebiasaan, karena memang ketika diberikan tugas pada masa perkuliahan jenis tugasnya berupa analisa kepribadian, responden, film, tokoh sejarah hingga diri sendiri.

3.      Menjadi Lulusan jurusan psikologi membuka peluang berkarir besar
Beruntung jika kamu menjadi seorang mahasiswa psikologi, karena ketika sudah lulus nanti kamu akan mendapatkan banyak peluang untuk berkarir. Ada beberapa profesi yang petensial untuk seorang lulusan jurusan psikologi diantaranya psikologi klinis, olahraga, forensik, kesehatan, industri organisasi dan psikologi manusia. Beberapa pilihan karir ini bisa kamu jadikan sebuah refrensi untuk kamu jadikan pilihan nantinya.

4.      Menjadi Mahasiswa Psikologi akan dikira menjadi seorang peramal
Tidak sedikit mahasiswa jurusan psikologi dikira memiliki kemampuan untuk meramal. Dan akhirnya banyak yang dimintai bantuan untuk meramal, padahal yang diajarkan hanyalah bagaimana cara dan tatacara untuk menganalisis sebuah permasalahan.

5.      Untuk menjadi psikolog haruslah menempuh S2 dahulu
Dukanya menjadi mahasiswa jurusan psikologi adalah ketika ingin menjadi seorang psikolog haruslah menempuh S2 terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan peraturan terbaru yang telah ditetapkan oleh pemerintah, akhirnya menjadi beban tersendiri untuk mahasiswa lulusan jurusan psikologi di indonesia.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai apa-apa saja suka dan duka seorang mahasiswa jurusan psikologi yang berkuliah di Indonesia. Semoga bermanfaat dan memberikan isnpirasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.