Latest News

Bersiap-siap Gaji Rektor Universitas Bakalan Menembus Rp 100 Juta per Bulan



Kabar terkini untuk dunia pendidikan Indonesia. Biaya kuliah di peruruan tinggi negeri semakin tak ada bedanya dengan perguruan tinggi swasta yangn berada di Indonesia. terlebih lagi peralihan status yang sekarang beberapa Universitas Negeri memiliki badan hukum tersendiri. Perguruan Tinggi Negeri dengan Badan Hukum atau disingkat dengan PTN-BH adalah sebuah terobosan bagi Universitas untuk melakukan kemandirian dalam hal-hal pengelolaan dana.

Tak sedikit calon mahasiswa yang diberatkan, karena mahalnya biaya perkuliahan saat ini. untuk kisaran harga sendiri berdasarkan pantauan lautanpsikologi sendiri, perguruan tinggi negeri di pulau Kalimantan tepatnya di Universitas Mulawarman sendiri biaya jurusan sosial bisa mencapai 3 juta per semester untuk yang golongan tinggi, sedangkan termurah adalah 500ribu. Walaupun memang biaya termurah 500 ribu ini sangat, amat tipis kemungkinan mahasiswa yang bisa mendapatkan hak biaya murah ini.

Mahalnya biaya perkuliahan ini ternyata juga berdampak pada gaji para pejabat Universitas itu sendiri. Seperti dilansir dalam Sindonews, menteri Menristek Dikti (riset, Teknologi dan Pendidikan tinggi) M Nasir mengizinkan dan memberikan keleluasaan super penuh terhadap PTN-BH untuk berekreasi untuk melakukan penggalangan dana terhadap masyarakat.

Bahkan M Nasir sendiri memberikan keleluasaan PTN-BH untuk menggaji para rector mencapai Rp 100 Juta rupiah per bulan. Hal ini disampaikan terhadap sindo (5/2/17) di hari pendidikan nasional lalu di gedung riset areal Institut Teknologi Sepuluh November ITS Surabaya.

Rektor yang mau digaji Rp 100 Juta(per bulan) silahkan saja, 15 juta (per bulan) silahkan saja. Yang penting publikasi di jurnal internasional bisa tercapai. Ke depannya, target dari publikasi jurnal internasional ini akan ditargetkan, dari sebelumnya 1000 judul per tahunnya menjadi 1.250 dan juga 1.500 per tahunnya,” imbuh Nasir.

Ia pun mengingatkan, untu kedepannya perkuliahan tak melulu memerlukan gedung, ruangan kelas dan juga berbatas dalam satu negara saja. Dengan kuliah melalui jaringan ataupun online membuat perkuliahan menjadi seperti paperless.

Melihat kenyataan tersebut bisa jadi kabar membahagiakan, namun juga dapat menjadi kabar yang memprihatinkan. Di tengah ekonomi sulit, hingga paket data telkomsel yang mahal tersebut berpotensi beberapa perguruan tinggi negeri latah menaikkan ongkos biaya pendidikan saat ini. Hasilnya tentu saja dapat dibaca, bagi orang-orang yang tidak mampu dan memiliki kemampuan mencerna pelajaran yang biasa-biasa saja sulit untuk berkuliah apalagi mendapatkan beasiswa akibat keterbatasan biaya.

Kita lihat kelanjutan dari kabar selanjutnya, akankah pendidikan di indonesia semakin digdaya ditengah huru-hara akibat biaya yang semakin mahalnya. Bagi orang yang kaya tentunya tak menjadi masalah luar biasa, namun bagi sebagian masyarakat yang tergolong tidak mampu tentu hal tersebut hanya akan menjadi sembilu. Sebuah nasib pendidikan di negeri ini.

Refrence: https://nasional.sindonews.com/read/1201922/144/menristekdikti-restui-gaji-rektor-rp100-juta-per-bulan-1493735293

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.