Latest News

Penyebab Terjadinya Perselingkuhan Dalam Rumah Tangga



Perselingkuhan adalah bukti bahwa suatu hubungan sudah memiliki keretakan. Kadang kejadiannya memang tidak terduga, namun benar adanya. Perselingkuhan terjadi dalam rumah tangga akan memberikan banyak efek negatif baik dalam hubungan pribadi maupun dalam hubungan keluarga. Akan lebih bermasalah lagi apabila dalam rumah tangga tersebut sudah dikaruniai buah hati, karena akan berimabas pada perkembangan psikologis anak nantinya.

Dalam berumah tangga, menghadapi sebuah problem sudah menjadi kebiasaan. Karena problemlah yang membuat sebuh hubungan menjadi lebih kuat. Lalu bagaimana dengan terjadinya perselingkuhan dalam rumah tangga? Jawabannya adalah bagaimana seseorang akan menyikapi kejadian tersebut. Ada sebagain orang yang memilih memaafkan pasangannya dan tak sedikit pula yang memilih untuk perceraian. Perlu untuk diketahui, penyebab terjadinya perselingukuhan dalam rumah tangga adalah sebagai berikut.

1.      Adanya kedekatan emosional pasangan dengan orang lain
Beberapa fakta mengatakan bahwa penyebab seseorang memilih perselingkuhan bukan karena teman dekatnya lebih seksi atau semacamnya, melainkan karena sudah adanya kedekatan emosional. Kedekatan emosional ini harusnya terjalin antara pasangan suami istri, bukan suami dengan wanita lain ataupun istri denga lelaki lain. Hal ini akan mengakibatkan kecanggungan dan kurang bahkan tidak adanya kesinambungan. Sehingga ketika dua pasangan ini bertemu, ekspresinya biasa saja seolah-olah tidak terjadi apa-apa sebelumnya ditempat kerja.

2.      Kurang Menghargai Keberadaan Pasangan
Apabila kita sudah tidak menghargai keberadaan pasangan maka hati-hati saja hal itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya perselingkuhan dalam keluarga. Sadar atau tidak, menghargai keberadaan pasangan adalah salah satu kunci utama untuk bisa membangun emosional. Lelaki biasanya membutuhkan sebuah pengakuan, maka dari itu hal ini menjadi salah satu poin penting dalam hubungan rumah tangga.

3.      Sendiri dan Kurangnya Perhatian
Perselingkuhan dalam rumah tangga biasanya diawali dengan perasaan bahwa dia sendiri serta kurangnya perhatian dari pasangannya. Hingga pada puncak kepecemasan dia tidak lagi dianggap ada atau merasa diabaikan oleh pasangannya sendiri. Hal demikian akhirnya memunculkan mainset bahwa perhatian akan didapatkan diluar rumah, sehingga perselingkuhan menjadi salah satu jalan yang dipilih. Perasaan ingin diakui dan diperhatikan adalah hal yang manusiawi, maka sebagai pasangannya tentulah kita harus memahami apa yang dibutuhkan oleh pasangan. Berikan perhatia itu, walaupun hanya perhatian secara sederhana untuk menghindari terjadinya perselingkuhan dalam rumah tangga.

4.      Kurangnya Keterbukaan Antar Pasangan
Perselingkuhan dalam rumah tangga bisa juga disebabkan karena kurangnya keterbukaan antar pasangan. Misalnya saja, masih belum mengerti satu sama lain sehingga keegoisan masih mendominasi hati kedua pasangan tersebut. Bukan hanya keterbukaan saja yang perlu tetapi juga berkomunikasi menjadi poin penting juga. Karena jika sudah bisa berkomunikasi dengan baik antar pasangan, sudah tentu tidak akan sulit terbangun keterbukaan antar pasangan. Sehingga apabila dihadapkan dengan suatu masalah, pasangan tidak akan membangun emosional dengan orag lain di luar rumah.

Sekian sedikit pembahasan mengenai apa saja penyebab terjadinya perselingkuhan dalam keluarga. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.