Latest News

Mencegah Perilaku Sucidal Thought (Bunuh Diri)


Sucidal though atau yang lebih dikenal dengan istilah keinginan bunuh diri adalah sebuah pikiran tentang bagaimana sebuah perilaku bunuh diri dapat terjadi. Hal ini termasuk seperti rencana ataupun pertimbangan yang dilakukan hingga pada akhirnya perilaku bunuh diri berlangsung.

Sebagian dari orang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri secara tak sadar, atau sebagian yang lainnya memilih hati-hati untuk bunuh diri memiliki harapan agar perilakunya tersebut dapat terlaksana dengan baik (berhasil). Untuk lebih mengetahui secara lanjut tentang pemikiran bunuh diri ini, kita dapat mencoba membahas lewat ulasan berikut ini;

Gejala Dari Bunuh Diri (Sucidal Thought)
Sucidal thought memiliki sejumlah tanda dan juga gejala yaitu;
1.       Timbul perasaan terjebak dan juga putus asa
2.       Mengalami kecemasan yang sangat tinggi dan juga memiliki mood yang berubah – ubah, hingga depresi
3.       Terjadinnya sebuah perubahan dalam rutinitasnya dan juga pola tidur.
4.       Intensitas mengkonsumsi obat ataupun alcohol sangat tinggi bahkan berlebih, yang mana disertai dengan beberapa perilaku beresiko, seperti mengemudi di luar wajar atau melakukan beberapa hal yang membahayakan lainnya
5.       Mengalami serangan panic dan depresi
6.       Mengalami sebuah gangguan dalam berkonsentrasi hingga mengisolasi diri
7.       Seringkali melakukan beberapa gerakan yang mengindikasikan kecemasan seperti halnya mondar-mandir di ruangan sekitar, meremas tangan, mengucapkan ungkapan selamat tinggal, membicarakan kemungkinan bunuh diri, dan mengungkapkan penyesalan-penyesalan dalam hidupnya secara tak wajar.

Penyebab Bunuh Diri
Penyebab bunuh diri sendiri bermacam-macam. Yang paling umum dan sering terjadi adalah dikarenakan kekecewaan yang mendalam, tak mampu lagi mengatasi situasi tertentu, memiliki permasalahan ekonomi, kematian dari orang-orang yang di kasihinya, hingga menyerah untuk berjuang saat menderita penyakit.


Selain akibat dari permasalahan di atas, beberapa para ahli percaya bahwa bunuh diri ini juga memiliki kaitan dengan faktor genetic, yaitu seseorang yang berpotensi melakukan bunuh diri disebabkan memiliki riwayat keluarga yang pernah melakukan bunuh diri.

Akan tetapi memang situasi yang paling umum bunuh diri disebabkan oleh adanya kesedihan, pelecehan seksual, penolakan, penyesalan, keuangan, pengangguran, dan perpisahan.

Penceggahan Bunuh Diri
Penceahan bunuh diri dapat dilakukan dengan menghindari alcohol dan juga obat-obatan terlarang, mencoba tetap terhubung atau bersosialisasi dengan dunia luar terlebih teman dan sahabat, mendekatkan diri kepada sang pencipta, dan yang terakhir adalah selalu bersyukur atas nikmat yang telah di berikan oleh sang pencipta terhadap diri anda.

Setiap orang memanglah memiliki suatu permasalahn dalam hidup. Akan tetapi, setiap permasalahan memiliki sebuah solusi apabila kita berani untuk menghadapinya, bukan lari dari kenyataan untuk menghindarinya. Yuk mari berpikir positif dan tetap selalu semangat dalam menjalani hidup. Karena kehidupan anda terlalu berharga untuk di sia-siakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.