Latest News

Dampak Memuji Anak dan Bagaimana Caranya Terbaik Melakukannya


Memuji anak adalah salah atu hal yang seyogyanya dilakukan oleh para orang tua terhadap anaknya dalam merespon kegiatan ataupun pencapaian positif yang telah dilakukan. Hal tersebut adalah bagian dari sebuah penghargaan, kasih sayang dan juga penyokong tumbuh kembang anak. 


Hal tersebut penting dilakukan karena anak tidak hanya membutuhkan kebutuhan fisiknya saja, namun juga kebutuhan psikologis. Dan memuji adalah bagian dari menghadirkan pemenuhan kebutuhan psikologis itu sendiri.


Dan tentunya dalam memuji juga dibutuhkan cara yang tepat. Hindari pujian kosong yang tidak memiliki esensi. Contoh dari pujian kosong seperti hanya mengatakan "bagus", "good job", "kamu keren", tanpa adanya alasan yang dilakukan anak.


Dampak Memuji Anak dan Bagaimana Caranya Terbaik Melakukannya


Alasan yang menyertai dalam memuji anak ini penting agar anak tau, serta mengajarkan anak bagaimana sebuah perilaku positif dapat berdampak positif juga terhadap dirinya. Seperti dilansir dalam Psychology Today, dimana dalam artikelnya menekankan bahwa orang tua wajib memberitahu alasan mengapa si kecil melakukan pekerjaannya dengan baik dibandingkan hanya memberikan sebuah ungkapan universal.


Anak juga perlu diberi tahu ucapan secara spesifik terkait apa yang telah ia lakukan dengan baik, sehingga anak dapat meniru perilaku tersebut di kemudian hari. Dengan memberikan ungkapan pujian disertai alasan spesifik, anak dapat mengetahui bahwasanya perbuatan yang telah dilakukan adalah sesuatu hal yang baik untuk di lakukan.


Penelitian yang telah dilakukan oleh Universitas Columba Claudia Mueller dan juga Carol Dweck, bahkan menemukan bahwasanya anak yang dipuji memiliki tingkat kecerdasan lebih baik, dibandingkan dengan upaya mereka, menjadi terlalu fokus terhadap hasil. 


Hal ini pun mengindikasikan, bahwa pujian mampu memberikan dampak baik pada perkembangan si kecil. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika memuji anak tidak hanya memberikan pujian kosong tanpa adanya alasan di balik itu.


Cara Memuji anak dengan baik


Adapun pakar perkembangan anak Laura Markham, Ph.D menuliskan bagaimana cara memuji anak dengan baik. Sebagai contoh, para orang tua sebaiknya memberikan sebuah pujian berupa "Lihat, adikmu sangat senang bermain dengan kamu", daripada hanya memberikan pujian seperti "berbagi adalah sesuatu hal baik"


Pujian diatas adalah sebuah bimbingan terhadap anak, agar di lain waktu anak akan memahami bahwasanya berbagi mainan, menemani adik bermain ataupun hanya sekedar menjaga adik adalah sesuatu yang baik. 


Selain daripada mengungkapkan pada anak bahwa ia baik, kita juga penting untuk memberitahukan jika anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai. Namun harus dilakukan dengan cara yang tidak berlebihan. Dalam memberikan sebuah pujian, juga dapat disertakan dengan contoh baik, agar anak dapat memvisualisasikan hingga ia memhami.


Itulah beberapa hal sebuah alasan mengapa penting sekali dalam memberikan pujian terhadap anak. Tetap semangat dalam pengasuhan terhadap buah hati anda.


No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.