Tips Mengajarkan Anak Kecil Hafal Al-Qur’an - Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar

Latest News

Tips Mengajarkan Anak Kecil Hafal Al-Qur’an

 

Memiliki anak yang pintar tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Namun kepintaran saja tidak cukup, karena hal tersebut belumlah tentu menjadikan anak kita dapat berbakti pada kedua orang tuanya. Banyak sekali kesalahan orang tua yang dilakukan dalam pola pengasuhan.

 

Salah satunya adalah mengejar berbagai macam les, dan setumpuk pelajaran demi menjadikan anaknya pintar. Namun sebagian dari mereka akhirnya harus kecewa, manakala anak yang sejatinya diimpikan menjadi pintar hingga menjadi penyejuk hati, justru tidak memiliki etika dalam memperlakukan orang tua dan orang-orang disekitarnya. Itu semua disebabkan karena anak hanya diajarkan mengenai keduniawian semata, tanpa mengajarkan akhlak dan budi luhur agamanya.

 

Salah satu mendidik anak untuk memahami budi luhur akhlak serta agamanya adalah mengajarkan si kecil hafal Al-Qur’an. Dengan mengajarkan anak nilai-nilai Al-Qur’an, maka harapannya sang anak selain dapat menjadi seorang hafal Al-Qur’an juga menjadi anak yang memiliki nilai-nilai luhur, budi pekerti baik, dan tentunya akhlak yang islami.

 

Menurut pakar parenting islam ada beberapa tips mengajarkan anak kecil hafal A-Qur’an, sehingga sang anak dapat menyerap dengan cepat. Berikut ini adalah tips mengajarkan anak kecil hafal Al-Qur’an sesuai dengan pakar parenting.

 

1. Menggunakan Video

 


Anak yang berusia antara 3 sampai dengan 7 tahun memiliki fokus pada hal-hal yang menarik pandangannya atau visual. Tentunya dalam mengajarkan anak agar bisa mempelajari nilai-nilai al-qur’an hingga ia dapat menghafalkannya, dibutuhkan bantuan dari video edukatif.

 

Dengan video sang anak akan lebih mudah untuk fokus dalam mempelajari Al-Qur’an. Guna menarik perhatian si kecil sang bunda dapat menyajikan beberapa kontent video interaktif yang berisi dengan lantunan ayat-ayat Al-Qur’an dengan karakter favoritnya.

 

2. Memperdengarkan Murotal



Langkah selanjutnya setelah memperkuat visualnya dengan berbagai konten Al-Qur’an, bunda dapat menambahkan dengan memperdengarkan murotal pada anak. Usia anak 3-6 tahun adalah usia yang sangat cepat untuk membuat anak mengulang-ulang apa yang dikatakan oleh orang lain.

 

Kekuatan rekaman dari sang anak begitu pesat, sehingga dengan senantiasa memperdengarkan anak akan cepat terbiasa dan akrab dengan bacaan Al-Qur’an. Dengan membiasakan sang anak untuk mendengar Al-Qur’an, akan membuat sang anak dapat dengan mudah untuk menghafalkannya.

 

3. Mengulang Hafalan Sebelum Tidur

 


Selain membacakan cerita, bunda juga harus selalu memastikan untuk mengulang hafalan sebelum tidur. Namun ada catatan bahwasanya sang anak jangan dipaksa, agar sang anak tidak merasakan itu sebagai sebuah hukuman. Buat sang anak merasa nyaman sehingga ia dengan senang hati menghafal ulang.

 

Anda dapat melakukannya dengan sebuah permainan. Ingat anak kecil akan selalu senang jika apa yang dilakukan adalah apa yang mengasyikan. Terlebih anak juga memiliki sifat naluriah, senang jika dilibatkan dalam sebuah hal.

 

4. Poster Edukatif Al-Qur’an

 

Poster Edukatif Al-Qur'an






 

Lengkapi pula dengan penggunaan poster edukatif Al-Qur’an, agar apa yang dilakukan makin kaya macamnya dan tentunya kreatifitas. Penggunaan poster edukatif dapat menunjang minat anak pada Al’Qur’an.

 


 

Anak kecil adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga hal-hal monoton akan cepat membuatnya bosan. Oleh sebab itu penggunaan poster edukatif Al-Qur’an adalah salah satu cara yang sangat efektif, dalam mengajarkan anak untuk dapat menghafal Al-Qur’an dan memahami nilai-nilainya.

 

Salah satu poster edukatif yan dapat anda gunakan adalah poster edukatif islami ini. Poster edukatif ini adalah poster, yang didisain untuk memudahkan anak usia 3-9 tahun untuk cepat dalam menghafal dan memahami ketauladanan dalam Al’Qur’an.

 

Poster ini dilengkapi dengan stiker timbul, sehingga anak dapat mencocokan bentuk. Poster edukatif al-Qur’an ini dapat di coret dan dihapus karena permukaannya yang representative dengan penggunaan spidol, dan pensil.

 

Poster ini bisa anda dapatkan dengan melakukan pemesanan lewat Link Berikut Ini -

--> 🤳▶️ https://bit.ly/3mXrIxc


--> 🤳▶️ https://bit.ly/3mXrIxc


 




 Khusus untuk anda yang melakukan pemesanan selama bulan September cukup membayar Rp 110,00.

Selain itu anda juga akan mendapatkan extra bonus E-Book lengkap mengenai kisah, dongeng, dan juga Asmaul Husna.

 

Waktu terbatas, dan akan segera kita tutup karena kesediaan barang terbatas.

 

Oh iya Anda juga dapat bonus Konsultasi parenting gratis di Dunia Parenting Indonesia --> https://bit.ly/35BbQdk

 

Segera ya selamat mendidik anak dengan generasi cinta Qur'an ya bunda :) 

No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.