Strategi Menciptakan Suasana Kerja Yang Nyaman - Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar

Latest News

Strategi Menciptakan Suasana Kerja Yang Nyaman



Lingkungan kerja yang terasa nyaman selalu memiliki faktor semangat dan saling kolaborasi antar stekholder yang harmoni. Apakah itu suasana kerja dalam bentuk perusahaan rintisan (startup) maupun perusahaan mapan yang telah besar.

Guna menciptakan suasana kerja memang tak mudah, akan tetapi hal tersebut sangat mungkin diciptakan. Salah satu sosok yang paling berpengaruh dalam terbentuknya suasana kerja yang nyaman adalah pemimpin di perusahaan tersebut. Terkadang seorang karyawan yang memilih untuk hengkang dari sebuah perusahaan bukan karena gaji yang diterima mereka sedikit, melainkan banyak dari para karyawan yang justru meninggalkan perusahaan disebabkan oleh para manajer mereka.

Seorang pemimpin yang hebat untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman selalu memiliki sikap dan juga perilaku yang bisa disebut dengan radical condor.

Apa Itu Radical Condor?
Radical condor merupakan salah satu istilah yang diungkapkan oleh Kim Malone Scott, seorang penulis yang juga merupakan salah satu konsultan ternama yang memiliki pengalaman sebagai eksekutif di Apple dan google. Secara harfiah, radical kondor merupakan “keterusterangan yang radikal”. Sikap terus terang ini artinya adalah, berbicara secara terbuka sesuai dengan kenyataan yang ada, dan juga merupakan sikap yang penting di dalam lingkungan kerja.

Sayangnya, tak semua orang dapat menerima sikap yang cendrung terus terang ini. Bahkan banyak sekali orang yang menganggap bahwa berterus terang justru membuat orang merasa tersinggung, merasa ia sedang direndahkan, atau bahkan kehilangan rasa kepercayaan diri. Eitsss, tunggu dulu berterus terang disini maksudnya adalah berterus terang dengan cara yang baik dan tepat.

Berterus terang sangat di butuhkan, karena apabila kita tak menyampaikan segala sesuatu dengan terus terang, justru akan menciptakan lingkungan kerja yang toxic dan penuh dengan tekanan.

Guna menghasilkan sikap yang terus terang namun positif, ada salah satu faktor yang tidak boleh anda lupakan, yaitu rasa kepedulian terhadap sesame. Kombinasi antara tingkat keterusterangan dan juga tingkat kepedulianmu ini dapat menentukan sikap apa yang ada di dalam dirimu sendiri. Terdapat 4 variasi yang memungkinkan terjadi.

1. Tidak peduli dan terus tarang maka ia akan menghasilkan kebohongan yang sifatnya manipulative
2. Rasa peduli namun tak terus terang, maka ia akan menghasilkan empati yang cendrung merusak
3. Sikap terus terang namun tak peduli, maka ia akan menghasilkan serangan yang menyebalkan
4. Terus terang yang dilakukan dengan rasa kepedulian, maka ia akan menghasilkan keterusterangan radikal (radical condor)

Radical condor adalah hasil dari gabungan sikap terus terang dan juga rasa peduli terhadap sesama, dalam hal ini adalah rekan kerja ataupun bawahanmu. Kamu mencoba untuk berterus terang, namun kamu melakukan hal tersebut guna membuat dirinya menjadi lebih baik. Nah ini dia kunci seorang pemimpin yang berhasil menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Lantas Bagaimanakah Cara Melakukannya?
Melakukan kritik terhadap karyawan ketika sang karyawan melakukan kesalahan merupakan pekerjaan sekaligus sebuah tanggung jawab moralmu sebagai seorang pemimpin dalam perusahaan. Memberikan kritik saja tak cukup, yang harus dilakukan adalah sebuah bimbingan. Radical condor inilah yang merupakan metode untuk memberikan bimbingan tersebut.

Sebenarnya rdical condor ini terlihat sama saja dengan memberikan kritik pada umumnya. Akan tetapi ia terkesan membangun di bandingkan dengan kritik biasa. Radical condor memiliki prinsip-prinsip yang rendah hati, membantu, segera, sembunyi-sembunyi, terang-terangan, dan tidak menyerang pribadi seseorang.

Rendah Hati: Janganlah anda berbicara dengan nada yang sombong dan merndahkan orang lain saat memberikan bimbingan.

Membantu: Saat memberikan kritik, anda tak sekedar menyampaikan kesalahan-kesalahan seorang kariyawan, namun anda juga membantu untuk memberikan solusi perbaikan. Dengan begitu, selain ia mengetahui kesalahan yang di buatnya, ia juga memahami bagaimana problem solving yang harus dilakukannya.

Segera (immediate): jangan terlalu lama memendam kritik yang hendak anda sampaikan terhadap karyawan yang melakukan kesalahan. Karena semakin lama di pendam/ ditunda, justru akan membuatnya tidak berkembang. Selain itu dengan memendam kritik atau menunda justru akan membuat perusahaan semakin merugi karena kesalahan yang di perbuat.

Sembunyi-sembunyi dan terang-terangan. Saat memberikan kritik hendaknya dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau melakukannya tidak di depan umum. Namun saat ia menunjukkan prestasi dan kontribusi, berilah ia pujian secara terang-terangan di depan umum. Dengan begitu ia merasa memiliki kebanggaan dan dihargai oleh atasan dan orang lain.

Tidak Menyerang Pribadi. Saat anda hendak memberikan kritik, usahakan untuk tidak menyerang pribadi. Namun kritiklah prilaku dirinya yang menyebabkan munculnya kesalahan.

Radical condor akan sukses menciptakan suasana kerja yang nyaman jika hal ini berhasil dilakukan oleh seluruh orang di dalam perusahaan. Saat anda dapat melakukan radical condor, cobalah untuk menularkan kepada rekan-rekan yang lain. Dengan begitu maka suasana kerja akan menjadi nyaman dan menguntungkan.

Refrence

Techinasia
Rirst Round



Sharing-mu personal Branding-mu, sebuah panduan lengkap dalam membongkar rahasia sukses personal branding di media sosial. buku ini juga membuka stigma baru dalam perilaku generasi millenial di media sosial. Tak ketinggalan, buku karangan co-founder Psikologi Indonesia dan blog Psikoma.com ini menyajikan trik cepat membaca kepribadian lewat media sosial. Dapatkan bukunya di toko buku Gramedia terdekat atau menghubungi via WA di Link -> http://bit.ly/2u9t2ot

No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.