5 Tips Untuk Menenangkan Diri Saat Emosi dan Dilanda Putus Asa - Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar

Latest News

5 Tips Untuk Menenangkan Diri Saat Emosi dan Dilanda Putus Asa

Setiap manusia tentu saja pernah merasakan kondisi yang emosi dan nyaris putus asa dalam hidupnya. Dalam kondisi seperti itu kita berada dalam kondisi yang sangat membutuhkan bantuan untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah kita hadapi ini. Namun terkadang di saat itu pulalah kita merasa tidak ada gunanya jika harus meminta bantuan terhadap orang lain.

Namun pemikiran tersebut juga tidaklah membuahkan manfaat apapun terkecuali semakin jadilah rasa sakit di dalam diri. Saat kondisi tersebut menghampiri kita, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menenangkan diri terlebih dahulu.

Secar psikologis dan juga fisiologis, menenangkan diri dapat menjadi hal yang ampuh untuk membalikkan keadaan yang lebih baik. Memang meskipun menenangkan diri ini tidak mudah untuk dilakukan. Namun percayalah dengan memulai mengatasi lewat penenangan diri maka akan ada hasil dhasyat yang akan anda rasakan.

Seperti dilansir dalam Love panky, menenangkan diri dapat dilakuakan dengan 5 tips untuk dilakukan diantaranya adalah sebagai berkut.

1. Mengatur pernapasan anda
Secara alami manusia memiiki 2 jenis respons sistem pada sarafnya, yaitu adalah simpatis dan juga parasimpatis. Syaraf parasimpatis merupakan sistem dalam syaraf yang bekerja didalam mode tenang dan juga tidak responsive. Akan tetapi begitu anda masuk ke dalam system saraf simpatis, maka anda akan dapat bereaksi secara berbeda, sebab di dalamnya akan dipengaruhi oleh kerja dari adrenalin.

Anda tak dapat bertindak di luar kendali anda karena tengah mengikut emosi.

Lewat teknik pernapasan, hal ini akan memindahkan kondisi tubuh anda dari mode yang awalnya simpatis ke ranah parasimpatis, sehingga di dalam otak anda akan lebih banyak untuk bekerja ketimbang hati anda.

Semuanya dapat didudukkan dengan logika. Anda pun dapat menarik dan juga menghembuskan nafas anda minimal sebanyak 10 kali saat berada di dalam kondisi yang putus asa. Ini pun juga dapat membuat anda untuk menenangkan diri. Baik itu secara fisik ataupun emosi.

2. Traveling
Traveling tak mesti ke tempat yang mahal. Pergilah ketempat-tempat yang membuat anda nyaman, dan dapat membuat anda lega tanpa memikirkan permasalahan yang tengah terjadi. Nikmati sejenak traveling anda. Dengan begitu anda dapat melihat semua permasalahan yang sedang di hadapi dengan sudut pandang yang jelas dan membuat emosi anda stabil.

Diketahui pula dengan mengunjungi tempat-tempat indah juga dapat menjadi salah satu media penurun tingkat emosi loh.

3. Melepaskan emosi
Saat emosi yang anda rasakan seolah-olah tengah menapai puncak cobalah untuk menyalurkan dengan tepat. Daripada anda menahan emosi yang anda rasakan atau bahkan melampiaskan dengan cara menyakiti orang lain tentunya hal tersebut sangat tidak di benarkan.

Anda dapat melepaskan emosi anda dengan cara curhat kepada rekan yang anda percayai, atau menyalurkan emosi tersebut dalam bentuk olahraga dan juga ibadah.

4. Menulis
Menulis adalah salah satu bentuk pengalihan yang dapat dicoba. Menulis juga dapat menjadi media yang ampuh untuk mengeluarkan unek-unek yang anda rasakan tanpa anda bisa lakukan kepada orang yang dimaksud. Tulislah unek-unek anda dalam secarik kertas, apapun itu isi unek-unek anda. Sampai dengan anda puas dan terlampiaskan, lalu bakar kertas tersebut.

5. Memikirkan Konsekuensi
Seseorang terkadang kehilangan kendali saat ia sedang marah, stress, dan juga putus asa. Sebelum melampiaskan dengan cara yang tidak tepat, cobalah untuk memikirkan konsekuensi dari apa yang anda lakukan tersebut. Dengan begitu kita dapat lebih merenungkan segala sesuatu dengan kepala jernih.

Itulah 5 tips yang semoga dapat membuat hidup anda lebih baik dan penuh makna. Salam.



No comments:

Post a Comment

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.