Latest News

Rahasia Agar Air Asi Melimpah Untuk Ibu Yang Menyusui



Saat ini pemerintah sedang sangat gencar mengkampanyekan ASI eksklusif untuk para buah hati. Pemerintah menginginkan generasi penerus bangsa yang tidak lain adalah buah hati Anda tumbuh menjadi generasi yang sehat dan mampu membuat perubahan yang baik bagi bangsa dan negara. Bahkan, belakangan mulai muncul komunitas-komunitas yang peduli dengan ASI. Mereka seringkali mengadakan seminar untuk para ibu dan mengadakan konsultasi dengan dokter-dokter. Tidak luput juga mereka mengajak para Ayah untuk ikut peduli dengan pemberian ASI pada buah hati.

Namun, tidak semua wanita mampu memberikan ASI pada buah hatinya. Tidak jarang mereka hanya mampu memproduksi ASI dengan jumlah yang kurang akhirnya seringkali mereka merasa putus asa dan mencari pendonor ASI untuk buah hatinya. Lalu, bagaimana untuk solusi bagi para ibu yang memiliki jumlah ASI yang tidak cukup banyak? Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan jumlah produksi ASI.

1.              Air Putih
Mulailah mengkonsumi air putih yang cukup banyak untuk membantu Anda memproduksi ASI yang melimpah. Air putih akan menghindarkan tubuh Anda dari kekurangan cairan atau biasa disebut dengan dehidrasi. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, otomatis jumlah ASI yang Anda produksi akan turun sebab tubuh tidak memiliki cairan untuk mengolah nutrisi yang Anda miliki.

2.              Konsumsi Sayuran
Bagi Anda yang kurang begitu suka dengan sayuran, kali ini Anda harus mengalahkan diri Anda sendiri dengan rutin mengkonsumsi sayuran sebab tanpa sayuran tubuh Anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk memproduksi ASI untuk buah hati Anda. Sayuran yang Anda konsumsi haruslah sayuran yang segar dan dalam kondisi bagus agar nutrisi, vitamin, maupun mineral yang ada di dalam sayuran juga masih dalam kondisi yang bagus.

3.              Bawang Putih
Cobalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang putih. Enzim dalam bawang putih akan membantu Anda untuk memproduksi ASI lebih banyak. Pilihlah bawang putih yang memiliki ukuran cukup besar untuk memasak makanan yang akan Anda konsumsi.

4.              Susu
Anda juga bisa mengkonsumsi susu ketika dalam masa-masa menyusui buah hati Anda. Susu akan memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh Anda. Sangat penting diingat dan dicatat bahwa tubuh Anda memerlukan nutrisi jauh lebih banyak ketika dalam masa-masa menyusui sebab Anda juga harus membagi nutrisi tubuh Anda dengan buah hati Anda. Dengan kata lain, Anda harus meningkatkan jumlah nutrisi yang Anda miliki. Minumlah dua atau tiga gelas susu sehari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu memperlancar produksi ASI Anda.

Selain Anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman di atas perlu Iiingat bahwa kedekatan Anda sebagai seorang Ibu akan sangat menentukan proses menyusui buah hati Anda. Jangan pernah lelah untuk merangsang buah hati Anda untuk minum ASI dan mintalah dukungan dari pasangan Anda seperti memintanya untuk memberikan pijatan kecil pada punggung Anda ketika sedang menyusui. Hal tersebut dipercaya akan membantu Anda lebih rileks dan tenang sehingga ASI yang keluar pun akan banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Psikologi dan Fenomena Sekitar Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Gambar tema oleh Goldmund. Diberdayakan oleh Blogger.